x

Iklan

Iwan Riswanto

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 September 2021

Selasa, 7 September 2021 10:39 WIB

KKN 15 Unej: Terapkan Media Online Untuk Pemasaran Jawak Kucur

Mahasiswa KKN 15 BTV III Unej Manfaatkan Digital Marketing Untuk Dongkrak Penjualan UMKM Jawak Kucur

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

BONDOWOSO - Mahasiwa Program Studi Sistem Informasi Universitas Jember Yang Tergabung Dalam KKN Tematik Program Pemberdayaan Wirausaha Masyakat Melakukan Pemberdayaan Wirausahaa di Desa Pakuwesi, Kecamatan Curahdami, Bondowoso, Jawa Timur

 

Kegiatan KKN kali ini dapat dibilang tergolong singkat yaitu hanya 30 hari, dimulai tanggal 11 Agustus sampai 11 September 2021, dalam waktu yang singkat tersebut. Mahasiswa Unej ini telah menyiapkan program-program yang bisa diterapkan di wilayah tersebut.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu hal yang dapat diangkat untuk Pemberdayaan Wirausaha ini adalah UMKM Jawak Kucur yang dapat dikembangkan lebih maksimal. Kelompok Wanita Tani yang mengolah UMKM Jawak Kucur ini cukup antusias dengan program permberdayaan Wirausaha tersebut.

 

Ibu Muliyati selaku Pemilik UMKM Jawak Kucur juga sangat menerima kehadiran Mahasiwa Unej ini. Ibu Mul juga mengajari adik-adik mahasiwa unej cara pengolahan Produk Jawak Kucur dari awal hingga proses pengemasan. Produk yang diajarkarn antara lain Instan Beras Kencur, Instan Temu Lawak, Instan Kunyit, dan Permen Jahe.

 

Menurut Iwan, produk olahan dari UMKM Jawak Kucur ini memiliki potensi yang sangat besar, namun ada beberapa saat pengolahan yang kurang maksimal. Ibu Mul juga bercerita jika dia kurang puas dengan label yang dimiliki Produk Jawak Kucur saat ini. Selain itu iwan juga membuat inovasi website Jawak Kucur agar produk ini dapat dikenal lebih luas lagi.

 

Dalam melaksanakan KKN selama satu bulan ini, Iwan telah mengedukasi Kelompok Wanita Tani untuk lebih mengenal tentang media online, dan bagaimana cara mengolah produk agar lebih menarik dan dapat menarik minat konsumen. UMKM Jawak Kucur ini pun memiliki platform di Shopee. Para kelompok dapat menjualkan produknya secara online, yang sebelumnya mereka memanfaatkan pemasaran melalui mulut ke mulut.

 

Dosen Pembimbing Lapangan KKN, Ir. Sundahri, PGDip.Agr.Sc., M.P. Sangat mendukung program yang dikembangkan oleh mahasiswanya tersebut. Beliau juga berpesan kepada mahasiswanya, meskipun waktu pada KKN kali ini tergolong singkat. Mahasiswanya harus bisa memberikan usaha yang maksimal untuk masyarakat desa.

Ikuti tulisan menarik Iwan Riswanto lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu