Bumdes Desa Sugihwaras, Sidoarjo, Luncurkan Toko Online e-BES - Peristiwa - www.indonesiana.id
x

Toko Online

Khairani P H

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 September 2021

Rabu, 8 September 2021 11:32 WIB

  • Peristiwa
  • Topik Utama
  • Bumdes Desa Sugihwaras, Sidoarjo, Luncurkan Toko Online e-BES


    Dibaca : 285 kali

    Desa Sugihwaras merupakan salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo. Keseharian masyarakat di Desa Sugihwaras cukup beragam mulai dari bertani, karyawan swasta, PNS, pengrajin hingga sebagai pedagang.

    Berdasar informasi dari website desa diketahui jumlah masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang ada sekitar 245 jiwa. Para pedagang ini dapat dengan mudah ditemukan di sepanjang jalan raya desa. Usaha yang dijalankan oleh masyarakat cukup beragam, antara lain, toko sembako, usaha laundy, warung makanan, warung kopi, toko kebutuhan rumah tangga.

    Berdasar informasi yang dihimpun dari ketua RT.02 serta pengurus BUMDES, di Sugihwaras juga ada pusat home industry yang cukup terkenal, yaitu usaha roti yang bertempat di RT.02. Di RT.02 ini cukup banyak masyarakatnya yang berjualan roti, sehingga dikenal pula dengan kampung roti. Ada pula usaha helm yang cukup terkenal berada di RT.01. Produksi helm tersebut bahkan sudah terjual hingga luar Pulau Jawa.  

    BUMDes Sukses Bersama merupakan Badan Usaha Milik Desa Sugihwaras. BUMDes Sukses Bersama sangat bermanfaat bagi masyarakat. Usaha yang dijalankan BUMDes Sukses Bersama, antara lain, berupa kolam pemancingan yang ada di Desa Sugihwaras, penyewaan tenda jualan bagi pelaku UMKM di desa Sugihwaras. Yang terakhir bekerja sama dengan Pos Indonesia melayani pembayaran tagihan seperti pembayaran pln, pajak kendaraan, PBB, WiFi, dan lain sebagainya. Selain itu juga melayani pengiriman paket.

    Melihat potensi masyarakat desa di bidang kewirausahaan akhirnya desa melalui BUMDES Sukses Bersama pun berinisiatif untuk membantu dalam pemasarannya. Akhirnya pada bulan September 2020 diluncurkan sebuah aplikasi toko online yang bernama Electronic Bumdes Sugihwaras (e-BES). Aplikasi ini serupa dengan toko online lainnya yaitu sebagai wadah berjualan online bagi usaha-usaha yang dijalankan masyarakat.

    Layanan tambahan yang ditawarkan adalah dapat melakukan pembayaran tagihan secara online. Pembuatan aplikasi ini selain untuk membantu masyarakat juga untuk menyesuaikan dengan program digitalisasi desa yang dirancang oleh Mendes PDTT. Diharapkan dengan hadirnya aplikasi ini dapat mengangkat produk lokal yang ada di Desa Sugihwaras agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, terutama unggul di desa sendiri.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.