x

Ilustrasi kamar anak. Pixabay.com

Iklan

Devinta Cornelia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 September 2021

Senin, 27 September 2021 10:47 WIB

Manfaat Warna Lampu untuk Kamar Tidur

Menurut dunia kesehatan, tidur menggunakan warna lampu yang terang bisa merusak kesehatan misalnya depresi, obesitas dan kanker. Berikut ada beberapa manfaat warna lampu yang wajib di perhatikan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Beberapa orang memilih lampu tidur minimilais agar kamar tidur lebih nyaman. Warna lampu memberikan rasa yang tenang ketika beristirahat di kamar tidur. Menurut dunia kesehatan, tidur menggunakan warna lampu yang terang bisa merusak kesehatan misalnya depresi, obesitas dan kanker. Berikut ada beberapa manfaat warna lampu yang wajib di perhatikan: 

Warna Biru

Menurut penelitian tidur dengan menggunakan lampu berwarna biru cenderung lebih santai dan tenang sehingga seorang akan lebih cepat terlelap dalam waktu yang singkat. Dengan menggunakan lampu berwarna biru, Anda bisa menghindari resiko penyakit yang dapat menyerang kesehatan kapan saja. Berikut ada manfaat lain dari lampu berwarna biru:

  • Memperbaiki kualitas tidur

Tidur menggunakan cahaya biru bisa membuat Anda tidur lebih lama di banding tidur dengan menggunakan warna lampu lain. Travelodge tahun 2013 menyatakan bahwa warna biru bisa memberikan ketenangan bagi seorang yang ingin tidur. Kenyamanan yang bisa memperlambat denyut jantung Anda bahkan mengurangi tekanan darah akibatnya kualitas tidur Anda akan menjadi lebih baik.

  • Menghindari obesitas
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Penelitian mengungkapkan bahwa tidur memakai cahaya yang terperinci bisa memengaruhi pola makan. Pola makan yang tidak teratur membuat berat badan meningkat. Oleh karena itu, pemakaian lampu tidur menggunakan warna biru sangat dianjurkan buat menjaga syarat berat badan Anda

  • Mengurangi resiko terkena kanker

Menurut penelitian bahwa semakin lama seseorang berada pada ruangan yang terlalu terang maka akan beresiko tinggi mengalami kanker payudara ataupun prostat.

  • Menjadi obat penenang

Selain bisa mempengaruhi kualitas tidur, lampu tidur berwarna biru bisa menjadi obat penenang yang ringan tanpa ada efek samping. Warna biru juga dapat menenangkan saraf otak dan mata ketika tidur. Seiring menggunakan warna lampu biru kualitas tidur membaik maka Anda akan terhindar dari resiko depresi yang bisa mengganggu kesehatan Anda misalnya, seasonal affective disorder (SAD).

Warna Ungu

Menurut penelitian warna ungu adalah warna yang dapat meningkatkan seseorang menganalisa sesuatu menjadi lebih baik, membuat seorang merenung hal positif sebelum memutuskan untuk tidur. Warna ungu dapat menghilangkan perasaan depresi pada orang yang sedang mengalami tekanan mental akibat stress.

Warna Kuning

Menurut penelitian warna kuning (warm light) dibuat sedekat mungkin dengan warna alami seperti sinar matahari baik pagi dan sore hari. Warna kuning kuat membuat suasana semakin bersemangat untuk beraktivitas, kreativitas pun meningkat. Warna kuning redup membuat suasana hangat, nyaman dan lebih intim.

Ikuti tulisan menarik Devinta Cornelia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB