Tulisan di Indonesiana.id akan Dimonetisasi, Tahap I Penulis Mendapat 80 Persen - Pilihan Editor - www.indonesiana.id
x

Laman Indonesiana

Indonesiana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

4 hari lalu

  • Pilihan Editor
  • Topik Utama
  • Tulisan di Indonesiana.id akan Dimonetisasi, Tahap I Penulis Mendapat 80 Persen

    Karya-karya tulis yang dimuat di Indonesiana.id akan segera dimonetisasi dengan fitur paywall dan tipjar. Peluncuran mengenai hal ini akan dilaksanakan pada akhir Oktober 2021. Namun, saat ini beberapa tulisan sudah diberi tanda paywall sebagai uji coba.

    Dibaca : 1.288 kali

    Dukung penulis indonesiana

    Karya-karya tulis yang dimuat di Indonesiana.id akan segera dimonetisasi dengan fitur paywall dan tipjar. Peluncuran mengenai hal ini akan dilaksanakan pada akhir Oktober 2021. Namun, saat ini beberapa tulisan sudah diberi tanda paywall sebagai uji coba.

    “Menulis di Indonesiana.id bukan sekadar menyebarkan gagasan. Penulis juga bisa memperoleh penghasilan jika konten yang dibuatnya menuai apresiasi dari pembaca,” kata Anton Septian, Redaktur Eksekutif Tempo.co yang juga membawahi Indonesiana.id

    Ada dua cara bagi pembaca untuk memberikan insentif kepada penulis, yakni melalui pembayaran per artikel dan donasi. Rincian ketentuan soal ini dijelaskan sebagai berikut:

    Ketentuan umum:
    1.    Akun penulis wajib tervalidasi.
    2.    Penulis memiliki rekening bank.

    Pembayaran per artikel:
    1.    Konten Indonesiana.id terbagi dua jenis, yakni konten berbayar dan konten gratis. Konten berbayar ditandai dengan label pembayaran per artikel dan bisa dibaca apabila pembaca membayar. Konten gratis bisa langsung diakses tanpa perlu membayar.
    2.    Label pembayaran per artikel disematkan oleh editor Indonesiana.id setelah dikurasi terlebih dahulu. Kewenangan untuk memberikan label pembayaran per artikel sepenuhnya di tangan editor Indonesiana.id. 
    3.    Pada saat mengunggah konten, penulis memiliki pilihan apakah ingin kontennya diberi label pembayaran per artikel atau tidak.

    Pembagian penghasilan dari pembayaran per artikel:
    1.    Selama tiga bulan pertama, penulis mendapatkan bagian 80 persen dari saldo. Adapun 20 persen lainnya dibagikan ke FewCents, mitra Indonesiana.id yang mengelola monetisasi konten tersebut. Semakin banyak pembaca yang membayar untuk membaca suatu konten, semakin besar saldo.
    2.    Selanjutnya setelah tiga bulan pertama tersebut, penulis mendapatkan bagian 50 persen dari saldo. Sisanya, 20 persen untuk FewCents dan 30 persen untuk Indonesiana.id.
    3.    Saldo dapat dicairkan setiap bulan sekali ke rekening penulis secara otomatis.

    Donasi:
    1.    Label donasi disematkan pada setiap artikel yang tayang di Indonesiana.id.
    2.    Pembaca memberikan donasi kepada penulis pilihannya dengan besaran donasi sesuai opsi yang ditampilkan.

    Pembagian penghasilan dari donasi:
    1.    Selama tiga bulan pertama, penulis mendapatkan bagian 80 persen dari saldo. Setelah itu penulis akan mendapat 50 persen.
    2.    Saldo donasi dapat dicairkan setiap bulan sekali ke rekening penulis secara otomatis

    Kepada Tempo.co, Anton Septian mengatakan bagi tulisan yang tidak dilabeli sebagai artikel berbayar penulis tetap berpeluang mendapat penghasilan dari kontennya melalui donasi dari pembaca. Di luar penghasilan yang didapatkan, kata Anton,  penulis juga akan mendapat eksposur. Sebab, perseroan akan membuat event yang membuat Indonesiana semakin popular. Di samping itu, Indonesiana juga baru melakukan reorganisasi kanal untuk memperluas basis penulis.

    Saat ini, uji coba flag donasi sudah dimulai. Adapun fitur artikel berbayar direncanakan mulai bisa dinikmati penulis dalam waktu dekat. Nantinya, Indonesiana juga akan meluncurkan secara resmi fitur tersebut pada 28 Oktober 2021. "Ini ikhtiar kami menuju transformasi total produk digital Tempo, membuat Tempo.co dan Indonesiana lebih berkualitas," kata Pemimpin Redaksi Tempo.co Anton Aprianto.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.