x

Iklan

Susi Eliyana

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 25 September 2021

Selasa, 5 Oktober 2021 11:49 WIB

Tip Dapur Minimalis Aman dan Nyaman untuk Anak


Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dapur minimalis  yang aman dan nyaman untuk anak memang hal yang sedikit sulit di terapkan. Hal ini karena dapur merupakan tempat bekerja orang dewasa dan terdapat banyak benda-benda tajam yang dapat melukai si kecil.

Akibatnya tentu saja bisa mencederakan si kecil. Tetapi, bukan berarti si kecil tidak diperbolehkan untuk masuk ke ruangan dapur sama sekali lho bunda.. Banyak hal yang bisa diterapkan untuk membuat dapur yang aman. Yuk simak tips nya!

 

  1. Ruang Terbuka dan Luas
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dapur yang terbuka memiliki keuntungan tersendiri lho.. Suasana dapur bisa lebih sejuk, lega dan bisa memberikan kesan terbuka pada dapur bunda. Tentu saja akan membuat suasana hati menjadi nyaman. Selain itu, kesan terbuka bisa dimanfaatkan dengan cara memberikan rak gantung pada sudut – sudut tembok dapur bunda agar peralatan tidak banyak bertumpuk lantai.

 

Selain itu, bunda bisa meletakkan peralatan sesuai dengan kategorinya. Hal itu tentu saja bisa membuat dapur bunda terlihat lebih luas dan pastinya bunda memiliki banyak ruang bebas untuk anak bermain

 

  1. Perlu Pengaman Kompor

Kompor merupakan benda yang paling berbahaya di dapur. Cara yang paling sederhana untuk menjauhkan anak dari kompor yaitu membuat meja kompor lebih tinggi sehingga anak tidak bisa menjangkau. Selain itu, bunda bisa melepas pasang bagian knop kompor. Tetapi, beberapa orang mungkin tidak suka dengan ide ini karena merepotkan

 

  1. Menjaga Kebersihan Dapur

Menjaga kebersihan dapur adalah hal yang paling utama karena dapur merupakan tempat membuat atau mengolah bahan masakan. Selain itu, bunda harus menjaga kebersihan dapur bila bunda mempunyai anak kecil. Banyak kemungkinan anak akan memasukan segala hal yang kotor ke dalam mulutnya.

 

  1. Gunakan Fitur Ramah Anak

Salah satu sifat anak yang bunda harus ingat adalah keinginantuannya yang tinggi. Hal ini tentu saja berlaku bagi anak yang bermain di dapur. Anak kecil sering sekali ingin beraktivitas bersama keluarganya dan ingin ikut merasakan sibuknya orang – orang di dapur. Mulai dari mencuci piring, mencuci buah dan sayur bahkan ingin membantu bunda memegang spatula.

 

Ada beberapa fitur yang dapat bermanfaat misalnya, tangga kecil untuk anak yang ingin membantu ibunya mencuci piring. Tentu saja bunda harus memberikan tangga kecil yang tidak licin agar anak aman dan tidak menyebabkan kecelakaan.

 

Ikuti tulisan menarik Susi Eliyana lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Sengketa?

Oleh: sucahyo adi swasono

3 jam lalu

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB