Mengenal Material Meja Makan yang Pas untuk Hunian - Urban - www.indonesiana.id
x

Zalva Nafila

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 20 September 2021

Senin, 4 Oktober 2021 13:54 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Mengenal Material Meja Makan yang Pas untuk Hunian


    Dibaca : 649 kali

    Dukung penulis indonesiana

    Meja makan merupakan elemen ruang makan yang paling penting. Meja makan terbuat dari berbagai jenis material, seperti kaca, kayu, keramik, dan sebagainya. Setiap material meja mekan memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

     Selain itu, memilih material meja makan juga harus berdasarkan konsep hunian dan selera. Hal ini ditujukan agar bisa merasakan fungsi serta menikmati estetika meja makan dengan maksimal. Untuk menciptakan ruang makan yang lebih nyaman dan cantik, berikut jenis-jenis material meja makan dan spesifikasinya :

     

    Kayu

    Kayu adalah material yang sering digunakan untuk meja makan, salah satunya adalah kayu jati. Pembuatan meja kayu sendiri juga tidak terlalu mahal dan cukup cepat. Selain itu, karakteristik dari kayu juga kokoh dan dapat menopang beban yang cukup besar. Meja dengan material kayu juga dapat menyesuaikan dengan berbagai tema hunian seperti minimalis, industrial, vintage, dan lain lain.

    Namun, perawatan untuk meja kayu juga tidak mudah. Hindari menempatkan wadah yang panas langsung ke meja. Biasakan untuk menggunakan tatakan piring agar menghindari kerusakan pada tekstur kayu. Selain itu, jangan biarkan meja basah dalam waktu yang lama. Hal ini dapat membuat meja cepat lapuk dan rusak.

     

    Kaca

    Selain kayu, kaca juga banyak digunakan sebagai material meja makan, terutama bagian permukaan. Material ini tidak bewarna atau transparan sehingga sangat cocok untuk rumah dengan konsep modern minimalis. Kaca juga cocok untuk ruang makan yang kecil, karena dapat memberi kesan ruangan yang lebih luas.

    Meja berbahan kaca juga memiliki kekurangan. Pemakaiannya juga perlu hati-hati agar tidak mudah pecah. Kemudian, pemakaian kaca juga harus ekstra hati-hati jika ada anak-anak di rumah. Pembuatan kaca dengan ujung yang sedikit melengkung sangat direkomendasikan.

     

    Marmer

    Material marmer belakangan ini sangat diminati untuk menambah kesan elegan di hunian. Marmer memiliki beraneka ragam warna, jadi cocok untuk berbagai tema hunian dari tradisional hingga modern. Meskipun harganya cukup mahal, tapi material ini kokoh dan tahan lama.

    Marmer cukup sensitif terhadap bahan atau zat khusus seperti Cola, kopi, alkohol atau beberapa bahan pembersih, jadi berhati-hatilah jika bahan tersebut tumpah. Kemudian, bahan ini juga mudah tergores, karena terbuat dari granit khusus. Sehingga jelas bahan ini akan lebih mudah tergores.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.