x

Iklan

Respon Aktual Ilyas Imran

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Desember 2019

Senin, 11 Oktober 2021 06:14 WIB

Alur Sungai Ngia akan Ditangani BWSS Palu

Cegah dampak banjir, Bwss 3 Palu tinjau Alur sungai Ngia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi III Palu bersama jajarannya melakukan tinjauan lapangan untuk menyusun konsep perencanaan Sungai Ngia, Kota Palu pada Sabtu, 18 September 2021.

Dok respon aktual/Ilyas Imran

Beberapa titik lokasi yang menjadi tempat peninjauan adalah saluran irigasi yang berada di jalan tanggul yang sudah lama tidak dialiri air sungai, karena sudah dilakukan pengalihan arus sejak lama. Pengalihan saluran irigasi tersebut rencananya akan dikembalikan  ke fungsi awal, tetapi menunggu pembicaraan lebih lanjut untuk mempertimbangkan beberapa kondisi sehingga tidak merugikan masyarakat sekitar.  

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pejabat BWSS III Saat Peninjauan Alur Sungai Ngia. 18/9/2021 Dok BWSS III Palu

Selanjutnya, pada titik saluran yang merupakan aliran dari sungai Ngia dan dekat dengan pemukiman warga, ditemukan tumpukan lumpur akibat curah hujan yang tinggi. Bahkan lebih fatalnya akan sampai ke pemukiman warga jika  musim hujan terus menerus seperti yang pernah terjadi sebelumnya.

Di beberapa titik juga ditemukan pinggiran sungai yang amblas akibat aliran sungai yang menerjang sehingga dibutuhkan penanganan seperti pembangunan bronjong disepanjang tepi sungai agar mampu menahan tanah tidak longsor atau erosi.

Dari hasil peninjauan lapangan tersebut, ada beberapa penanganan yang akan diambil dan akan dibicarakan lebih lanjut terkait teknis di lapangan nanti sehingga beberapa kondisi bisa ditangani secara bersama-sama. Sumber BWSS III Palu

 

Ikuti tulisan menarik Respon Aktual Ilyas Imran lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB