Pariwisata Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat - Travel - www.indonesiana.id
x

Cacing nyale? Putri Mandalika? Pernah dengar, kan? Iya, itu legenda rakyat Lombok, Nusa Tenggara Barat. Cerita rakyat yang, sekalipun belum ditemukan tulisan lontarnya, tapi dikenal dan dipercaya masyarakat Lombok. Pulau Lombok sendiri merupakan sebuah pulau yang keindahan alamnya sekarang ini mulai dikenal dunia.

awramadha salsa bunova

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Oktober 2021

Kamis, 21 Oktober 2021 14:57 WIB

  • Travel
  • Topik Utama
  • Pariwisata Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat

    Dengan kembali dilanjutkannya proyek Sirkuit Mandalika di Lombok tengah ini, diharapkan juga menopang agar sektor pariwisata Lombok kembali membaik dan bahkan meningkat dari sebelumnya. Seperti yang diketahui Sirkuit Mandalika sudah mulai mendekati tahap akhir pembangunan dipastikan siap menggelar balapan pertamanya. Bahkan motor-motor peserta sudah mulai berdatangan.

    Dibaca : 434 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Pariwisata di Indonesia merupakan sektor ekonomi penting di Indonesia. Terutama di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mayoritas masyarakat lombok merupakan tenaga yang bekerja di sektor pariwisata. Lombok yang sering dikatakan sebagai Bali ke dua, juga tidak kalah cantik di bandingkan Bali. 

    Kekayaan alam yang indah, mendukung Lombok memiliki banyak sekali peminat baik domestik maupun internasional untuk sekedar menikmati keindahan pulau Lombok ini. Keindahan pantai seperti pantai Kuta, Tanjung Aan merupakan destinasi favorit di Lombok. Tidak lupa juga dengan Gunung Rinjani yang juga sebagai Ikon pulau Lombok. Bagi para traveller, rasanya tidak afdhol jika ke Lombok tetapi belum merasakan mendaki gunung Rinjani ini.

        Pandemi Covid-19 sejak 2019 lalu banyak berdampak bagi masyarakat, khususnya pada masyarakat yang kerja di sektor pariwisata. Semenjak tahun 2019, hampir 75% masyarakat kehilangan pekerjaannya, baik yang bekerja sebagai tour guide, staff hotel, dan sebagainya.

        Semenjak diberlakukannya PSBB di seluruh Indonesia, wilayah pariwisata di Lombok seperti di Senggigi mengalami penurunan pendapatan yang signifikan. Bahkan Senggigi dapat dilihat seperti kota mati tanpa adanya aktivitas masyarakat. Banyak hotel kecil yang tutup akibat tidak ada pemasukkan dan pengurangan staff hampir di seluruh hotel di sekitar Senggigi.

        Banyak masyarakat yang banting stir demi mencukupi kehidupan sehari-harinya, entah dengan menjual makanan, berjualan online, menjadi ojek online, dan lain-lainnya. Di masa pandemi saat ini, mencari penghasilan juga bukanlah hal yang mudah, dengan dibatasinya jam kerja, dan tidak bebasnya masyarakat berpergian sangat mempengaruhi penghasilan masyarakat ini.

        Setelah setahun berjalan, sektor pariwisata ini kian membaik, beberapa hotel sudah menerima tamu baik domestik maupun international. Banyak staff hotel yang juga dipanggil untuk kembali bekerja. Restoran pun mulai ramai dikunjungi oleh pengunjung. 

        Dengan kembali dilanjutkannya proyek Sirkuit Mandalika di Lombok tengah ini, diharapkan juga menopang agar sektor pariwisata Lombok kembali membaik dan bahkan meningkat dari sebelumnya. Seperti yang diketahui Sirkuit Mandalika sudah mulai mendekati tahap akhir pembangunan dipastikan siap menggelar balapan pertamanya. Bahkan motor-motor peserta sudah mulai berdatangan.

    Sirkuit Mandalika rencananya akan debut sebagai lintasan balap Internasional pada ajang Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2021. Balapan ini akan berlangsung pada 12-14 November 2021 mendatang.
        
    Seminggu setelah IATC, lintasan balap tersebut akan digunakan untuk ajang World Superbike (WSBK). Penutup musim WSBK 2021 tersebut akan berlangsung pada 19-21 November 2021 mendatang.

    Ikuti tulisan menarik awramadha salsa bunova lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.