Trik Dapat Properti Murah Dengan Cara Ikut Lelang Online - Urban - www.indonesiana.id
x

Ahmad Fikrulloh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 November 2021

Selasa, 16 November 2021 16:52 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Trik Dapat Properti Murah Dengan Cara Ikut Lelang Online

    Rumah lelang ialah properti sitaan bank dari beberapa nasabah yang masih belum bisa membayar kewajiban bayar utang.

    Dibaca : 250 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Kamu lagi mencari rumah tetapi susah memperoleh harga yang cocok untuk rumah baru dan rumah seken? Kemungkinan kini saatnya Kamu coba melirik rumah lelang. Harga dapat sampai 30% lebih murah dibanding harga pasar, lho!

    Rumah lelang ialah properti sitaan bank dari beberapa nasabah yang masih belum bisa membayar kewajiban bayar utang. Bila cermat, Kamu bisa mempunyai rumah vital berkualitas baik pada harga di bawah pasaran. Tertarik? Ini triknya beli rumah lelang!

    Maka properti lelang atau rumah lelang ini sebagai hasil sitaan dari beberapa nasabah bank yang masih belum dapat membayar kewajibannya bayar utang (misalkan KPR). Nach, arah bank melelang rumah ini untuk tutup ongkos yang telah dikocorkan ke nasabah itu. Karena itu umumnya harga telah tambah murah dibanding harga pasaran.

    Trik Dapat Properti Murah Dengan Cara Ikut Lelang Online

    Untuk lakukan lelang rumah, bank umumnya akan bekerja bersama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) maupun perusahaan swasta yang lain untuk pasarkan asset itu. Agar dapat turut lakukan penawaran ke rumah lelang sasaran kamu, turuti beberapa cara berikut ya!

    1. Mengumpulkan info sebanyak-banyaknya

    Umumnya, info tentang rumah lelang dapat disaksikan di website Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (lelang.go.id). Untuk mendapati property di posisi yang diharapkan, Kamu dapat memakai filter. Di info properti, kamu bisa juga menyaksikan bank apa yang mempunyai property itu.

    Disamping itu, Kamu dapat menyaksikan properti-properti lelang terbaik di Kami, lho! Kami bekerja bersama dengan bank untuk mengkurasi tiap properti di listing itu dengan ketat hingga Kamu tidak perlu cemas dengan keamanan transaksi bisnis lelang rumah di sini. Ditambahkan lagi, Kamu akan ditolong oleh konselor paling dipercaya untuk proses sourcing, mengajukan penawaran, sampai trik dan tip saat lelang.

    2. Pilih rumah

    Tingkatan ini tidak berbeda jauh dengan beli rumah baru atau seken. Kamu dapat pilih properti yang paling sesuai keperluan sekarang ini. Perbedaannya, Kamu agar lebih detil memerhatikan keadaan bangunan dan kelengkapan document rumah itu. Bila perlu, kerjakan survey langsung ke posisi untuk ketahui kondisi sebenarnya property yang Kamu harapkan. Bila perlu merenovasi, janganlah lupa masukkan prediksi ongkos perbaikan pada bujet yang perlu Kamu persiapkan.

    3. Mempersiapkan dana

    Ini tingkatan yang terpenting, Kamu! Berlainan dengan rumah baru dan rumah seken, jarang-jarang ada bank yang sediakan program KPR untuk pendanaan rumah lelang. Maka Kamu harus mempersiapkan kontan keras untuk beli rumah lelang itu. Disamping itu, kamu diharuskan bayar uang agunan sejumlah 20 sampai 50% dari harga rumah agar bisa mengikut lelang. Tidak boleh cemas, uang agunan ini akan dibalikkan bila Kamu tidak dipilih jadi juara lelang.

    Kecuali ongkos rumah, ada banyak pengeluaran kembali yang perlu dipersiapkan bila Kamu sukses jadi juara lelang, yakni ongkos pajak pendapatan, bea pencapaian hak atas tanah dan bangunan (BPHTB), ongkos balik nama, dan ongkos notaris.

    4. Pembayaran pelunasan pembayaran dan balik nama

    Sesudah dipastikan sebagai juara lelang, karena itu Kamu dapat tiba ke Kantor Servis Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) atau bank yang mempunyai property itu dan lakukan pembayaran pelunasan pembayaran. Sesudah lunas, Kamu akan diberi kuitansi pembayaran pelunasan pembayaran dan risalah lelang yang disebut informasi acara pelelangan yang dibikin oleh petinggi lelang.

    Kuitansi dan risalah lelang ini nanti akan ditukar jadi sertifikat asli, surat roya pertanda usainya credit dari bank untuk pembelian rumah, dan sertifikat pelibatan. Sesudah semua document komplet, Kamu bisa lanjut ke Bdan Pertanahan Nasional (BPN) untuk lakukan balik nama.

    Demikianlah langkah beli rumah lelang yang perlu Kamu lalui. Kelihatan repot? Tenang, kan ada Kami! Lewat Kami, Kamu akan ditolong dari awalnya sampai akhir oleh konselor properti yang paling dipercaya. Listing rumah lelang di Kami juga telah dikurasi dengan ketat oleh bank dan Kami sendiri. Membeli rumah lelang mimpi menjadi lebih cepat dan mudah!



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.