x

Sumber: https://lpmpjatim.kemdikbud.go.id/

Iklan

Al Hafizh

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 November 2021

Jumat, 26 November 2021 20:45 WIB

Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran

Pengembangan teknologi pembelajaran merupakan suatu pengembangan dalam merdeka belajar di era digital. Bahkan dapat dikatakan peran pengembangan teknologi pembelajaran berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada era digital ini sangat tinggi. Hal tersebut dipercepat dengan adanya masa pandemic covid-19 yang memaksa semua memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Semoga pandemic cepat berlalu agar anak-anak bangsa tidak larut dalam masa pandemi dengan pembelajaran melalui daring.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam pengembangan teknologi dalam pembelajaran saat ini diperlukan guru yang memiliki ide kreatif dalam belajar. Apalagi saat ini teknologi sudah semakin berkembang dan semakin maju. Merdeka belajar yang tagline besar pada pidato menteri pendidikan,Nadiem Makarim, merupakan salah satu upaya menggebrak system pembelajaran di Indonesia. Merdeka belajar merupakan salah satu upaya kemerdekaan dalam berpikir dan berekspresi. Hal ini harus terjadi pada guru terlebih dahulu lalu ke peserta didik.

Pendidikan Merdeka Belajar merupakan respon terhadap kebutuhan system pendidikan era Revolusi Industri 4.0. kebutuhan utama yang dicapai dalam pendidikan atau lebih khusus dalam metode pembelajaran yaitu siswa atau peserta didik yaitu penugasan terhadap literasi baru. Litersi data,kedua literasi teknologi,dan literasi manusia. Dalam sistem Pendidikan Merdeka Belajar tetap mengutamakan juga pendidika karakter.

Pengembangan teknolgi pembelajaran merupakan aktor dalam e-learing pada proses pembelajaran. Pengembangan teknologi pembelajaran merupakan salah satu pihak yang cukup berperan dalam pembelajaran,dan merupakan katalisator bagi pembelajaran di era digital. Pembelajaran di era digital tidak lepas dari pemanfaatan teknologi atau yang biasa disebut e-learing. Apalagi dengan tujuan dari merdeka belajar yaitu menyiapkan peserta didik dalam mengahadapi perubagan social budaya,dan perkembangan teknologi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Kita tahu bahwa guru memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan Indonesia dan menjadi garda terdepan untuk membentuk masa depan karakter anak bangsa yang baik & kompeten dalam dunia pendidikan. Meskipun guru berperan penting dalam dunia pendidikan namun tidak semua beban besar harus ditanggung oleh guru dan mengatakan bahwa guru memiliki tanggung jawab untuk mengubah situasi. Dengan adanya program merdeka belajar,diharapkan guru tidak lagi menjadi seseorang yang selalu disalahkan dan tinggalkan untuk menyelesaikan masalah.

Selama ini guru dituntut untuk membentuk siswa yang sama dengan dipatok melalui nilai,program merdeka belajar membawa perubahan untuk murid maupun guru. Dalam merdeka belajar guru dituntut sebagai pendidik dalam membangun keahlian serta menunjukkan bakat mereka dalam mengajar di depan peserta didik. Dalam pemanfaatan teknologi pembelajaran diperlukan guru memahami IT akan tetapi,banyak guru yang kurang paham dalam penggunaan IT. Akan tetapi guru harus dituntut dalam menggunakan IT untuk media pembejaran kepada peserta didik. Tujuannya untuk meningkatkan motivasi guru dalam melaksanakan tugas sebagai pembelajaran dan untuk membangun paradigm pembelajaran yang menyenagkan dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Apalagi sekarang ujian SD sudah berbasis komputer,guru memang dituntut untuk mengajarkan anak-anak menggunakan media teknolgi dalam proses mengajar. Karena banyak anak-anak yang kurang paham menggunakan IT,misalkan komputer,dan perangkat lainnya. Di zaman masih pandemi sekarang ini guru banyak menggunakan perangkat teknologi dalam media pembelajaran,seperti Hp,Laptop,dan aplikasi media belajaran lainnya. Akan tetapi keterbatasan orangtua dalam memiliki Handphone (HP) android untuk anaknya dalam pembelajaran tidaklah mudah didapatkan. Di dalam pembelajaran menggunakan IT guru dituntut untuk kreatif dalam mereka memberikan materi pembelajaran kepada anak peserta didik.

Pengembangan teknologi pembelajaran merupakan suatu pengembangan dalam merdeka belajar di era digital. Bahkan dapat dikatakan peran pengembangan teknologi  pembelajaran berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi pada era digital ini sangat tinggi. Hal tersebut dipercepat dengan adanya masa pandemic covid-19 yang memaksa semua memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Semoga pandemic cepat berlalu agar anak-anak bangsa tidak larut dalam masa pandemi dengan pembelajaran melalui daring.

 

Ikuti tulisan menarik Al Hafizh lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler