Jaman Dulu vs Jaman Sekarang dari Kacamata Anak 90 an - Analisis - www.indonesiana.id
x

anak anak bermain layang-layang

Rein Robert

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 November 2021

Kamis, 16 Desember 2021 09:19 WIB

  • Analisis
  • Topik Utama
  • Jaman Dulu vs Jaman Sekarang dari Kacamata Anak 90 an

    Ini cuma sekedar curahan hati dari seseorang yang merindukan indahnya jaman dulu

    Dibaca : 435 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Seperti yang kita tau , saat ini banyak sekali perubahan yang terjadi. Seperti yang kita tau juga, banyak perbedaan antara jaman dulu dan jaman sekarang yang kita jumpai dan kita rasakan. Mulai dari makanan, permainan, suasana dan masih banyak yang lain. Mode pergaulan pun sudah berubah.

    Kalau jaman dulu, yang namanya bermain pasti bersama-sama, entah bermain apapun itu. Yah, walaupun ada juga yang individual. Tapi di jaman sekarang, hampir semuanya serba individual dan serba teknologi. Apalagi di era digital sekarang ini. Ditambah lagi dengan kehadiran gadget yang bernama smartphone atau ponsel pintar, atau yang biasa disebut HP android. Anak-anak sekarang mainannya hp aja. Mulai dari anak-anak yang masih kecil sampai yang sudah tua seperti kita sudah bermain di hp android yang tinggal pencet layar dan main geser. 

    Bila dibandingkan jaman dulu, jauh banget bedanya. Dulu, anak-anak mainannya hampir selalu diluar rumah, entah main kelereng, sembunyian, boneka bepean atau masak-masak dan lainnya. Mungkin yang di kampung, mainnya ke sawah , kejar layangan dan semacamnya dan kalau di kota mungkin sedikit lebih modern. Era dulu, biarpun anak-anak mengenal hp, paling-paling ya hp jadul macam Nokia atau Siemens. Apalagi kalau punya hp sekelas Nokia N-Gage buat nge-game , pasti di anggap kaya atau sultan mungkin. Era dulu juga kalau punya gembot aja sudah senang. Atau lebih diatas lagi , gamewatch waktu jaman sekolah. Yang pernah main itu pas di sekolah di paklek mainan yang mangkal di depan gerbang pasti tau lah.

    Dulu, mau sendirian atau lagi ngumpul, ada yang diomongin atau dilakuin sama-sama. Kalau sekarang, mau sendiri atau ngumpul , yah sibuk sama hp aja. 

    Hp android jaman sekarang kemampuannya pun hampir setara komputer dan tentu saja melebihi TV dan informasi apapun yang kita cari, lebih dulu ada di internet daripada di TV. Dulu , kita bisa merasakan kebahagiaan dan kesenangan tanpa gadget dengan main bareng atau nonton TV bareng apalagi nonton kartun kesukaan. Sangat berbeda dengan sekarang dimana kita merasakan kebahagiaan yang berbeda dan sendiri-sendiri. Hal-hal yang dulu sering dijumpai dan dilakukan sekarang sudah jarang banget . Mungkin masih banyak lagi perbedaan antara jaman dulu dan sekarang cuma tidak mungkin untuk dijabarkan semua.

    Jaman dulu juga , terutama era 90 sampai 2000 an , dari pagi sampai siang begitu banyak film kartun yang bikin anak-anak betah nonton TV dirumah apalagi hari Minggu. Hari Minggu seperti hari libur yang tidak boleh dilewatkan karena begitu banyak kartun kesukaan yang bisa dinikmati bahkan kita terkadang bingung mau nonton siaran yang mana dan kartun apa. Dan setelah selesai nonton TV biasanya anak-anak langsung bermain bersama teman-teman diluar rumah. Itu salah satu hal yang sekarang hampir tidak pernah ada lagi. 

    Tapi bagaimana pun jaman sekarang tidak bisa di salahkan juga. Anak-anak sekarang jadi condong ke hp karena tidak adanya hiburan yang menarik di TV selain berita dan kebanyakan tayangan hancur yang bisa hampir seharian. Mungkin juga anak-anak sekarang lebih suka sinetron atau drama Korea karena memang tidak ada lagi yang ditayangkan TV selain itu. 

    Tapi ya itulah kenyataan kehidupan sekarang ini yang terasa banget perbedaannya.

    Intinya masing-masing era ada keunggulannya dan bukan bermaksud membedakan.

     

     

     

     

    #SalamGen90dan2000

    Ikuti tulisan menarik Rein Robert lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.