x

Iklan

Syarifudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 April 2019

Selasa, 21 Desember 2021 09:53 WIB

Bila Ingin Kaya, Kenapa Harus Kuliah?

Banyak orang kuliah agar bisa sukses dan kaya. Katanya kuliah untuk mencari kerja. Semua itu salah. Jadi untuk apa kuliah?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kata banyak orang, kuliah itu untuk meraih gelar. Atau mungkin agar disebut sebagai orang pintar. Bahasa kerennya jadi lebih berpendidikan. Agar hidup bisa sukses dan berhasil. Biar gampang dapat kerja, lalu status sosial dan martabat hidupnya meningkat? Punya pangkat, jabatan, dan harta. Sukses di mata siapa, entahlah?

 

Maka wajar, siapa pun berani bayar mahal untuk kuliah, baik di level S1, S2 atau S3. Tidak masalah pontang-panting, pinjam duit sana-sini. Asal bisa kuliah dan akhirnya punya gelar. Bila ingin kaya, kenapa harus kuliah? Bila ingin sukses memangnya harus kuliah? Begitulah nyatanya.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Tapi ada dua hal yang tidak diantisipasi orang kuliah. Satu, orang kuliah sama sekali TIDAK TAHU apa yang akan terjadi pada sistem dunia kerja di masa mendatang, apa masih butuh orang kuliahan sementara zamannya udah berubah total. Dan kedua, soal campur tangan Tuhan YME, akan seperti apa dan bagaimana orang kuliah nantinya?

 

Saya pun bersyukur diberi kesempatan untuk kuliah S3 Manajemen Pendidikan di Pascasarjana Unpak Bogor. Tanpa biaya, karena dibiayai oleh Unindra, kampus tempat saya mengajar. Kuliah tatap muka-nya sudah kelar sejak 2020 lalu. Dan kini sedang menulis disertasi tentang TATA KEKOLA TAMAN BACAAN. Insya Allah, tahun 2022 nanti, saya akan tuntaskan dan kelarkan.

 

Lalu, bila sudah jadi doktor bidang pendidikan khususnya taman bacaan. Saya mau apa? Inilah yang saya sebut tujuan kuliah. Kuliah buat saya adalah 1) agar saya mampu bertahan hidup di berbagai dinamika dan realitas kehidupan, 2) untuk memperbaiki diri karena saya hanya manusia biasa yang punya kekurangan dalam segala hal, dan 3) agar lebih bermanfaat untuk orang lain sambil gemar menebar kebaikan sesuai dengan ilmu dan kompetensi yang saya miliki.

 

Jadi kuliah untuk apa? Sejatinya, kuliah bukan untuk bisa kerja atau meraih sukses. Bukan pula agar bisa kaya atau dianggap berhasil dalam hidup. Bila ada hari ini, orang yang kuliah atau berpendidikan tinggi tapi gemar menyalahkan orang lain dalah naif. Tidak da guna kuliah bila akhirnya yang untuk mengalahkan orang lain. Untuk apa sukses tapi tanpa manfaat.

 

Maka kuliah-lah dan silakan untuk jadi apa saja yang dimau?

Tapi ketahuilah, kuliah itu untuk bertahan hidup, untuk memperbaiki diri, dan lebih bermanfaat untuk orang lain. Karena sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk manusia lainnya. Dan tidak ada artinya kuliah (ILMU) bila tanpa adab (AKHLAK). Salam literasi #TamanBacaan #PegiatLiterasi #TBMLenteraPustaka

Ikuti tulisan menarik Syarifudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan