Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman) adalah hal eksternal yang mempengaruhi bisnis atau hal-hal yang terjadi di luar perusahaan Anda pada pasar yang lebih besar. Anda dapat memanfaatkan peluang dan melindungi dari ancaman, tetapi Anda tidak dapat mengubahnya.
Pengambilan keputusan merupakan proses pemecahan masalah dengan menentukan pilihan dari beberapa alternatif untuk menetapkan suatu tindakan dimasa depan. Pengambilan keputusan merupakan sikap yang hati-hati dalam bertindak untuk menentukan sebuah pilihan dari beberapa alternatif.
Pengertian dari Entrepreneur ?
Entrepreneur (Pengusaha) adalah seseorang yang melakukan proses menciptakan sesuatu yang baru agar bisa bernilai tambah dalam ekonomi. Di sini, entrepreneur artinya tak harus berarti bisa menemukan sesuatu hal yang baru. Namun bisa diartikan sebagai seseorang yang bisa memecahkan masalah, dalam hal ini masalah terkait bisnis.
Beberapa prinsip yang dimiliki seorang Entepreneur !
KREATIFITAS:
* kemampuan " mengembangkan IDE dan cara -cara baru " dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang .
INOVASI :
* Kemampuan " menerapkan kreatifitas " dalam rangka memecahkan masalah dan menemukan peluang .
- Sesuatu yang BARU dan BERBEDA merupakan nilai tambah ( value added) yang menjadi sumber berkeunggulan untuk di jadikan PELUANG.
Apa saja yang terdapat di dalam Jiwa entepreuneur ?
1. penuh percaya diri
- penuh keyakinan
- optimis berkomitmen
- berdisiplin
- bertanggung jawab
2. Memiliki motif berprestasi
- orientasi futuristik
3. Memiliki inisiatif
- Aktif
- Cekatan dalam bertindak
4. Memiliki jiwa kepemimimpinan
- Berani tampil beda
- Dapat dipercaya
- Tangguh dalam bertindak
5. Berani mengambil RESIKO
- Penuh perhitungan
- Menyukai tantangan
Apa saja penyebab terjadi nya sebuah Ancaman ?
1. Perkembangan teknologi yang cepat di bidang ini berada diluar kemampuan kami sehingga dapat menyebabkan kami terlambat dalam mengadopsinya.
2. Perubahan strategi pesaing dapat mengancam posisi kami di bidang ini.
3. Kurang nya minat perbankan dalam membiayai pendanaan untuk industri yang kami tekuni saat ini.
Lalu apa yang harus dilakukan pemimpin dalam mengatasi sebuah ancaman dalam konflik sebagai berikut ?
1. Hindari menyudutkan satu belah pihak.
Menjadi seorang pemimpin dalam sebuah organisasi haruslah adil dan tidak memihak siapapun.
2. Menjadi mediator yang bijaksana
Dalam mengatasi sebuah masalah, sebagai pemimpin anda akan di tempatkan sebagai seorang mediator yang dapat menengahi konflik yang terjadi diantara karyawan. Tugas seorang mediator adalah mendengarkan permasalahan yang terjadi dari dua belah pihak, lalu memperoses informasi tersebut dan menyimpulkan secara objektif.
3. Mengambil keputusan bersama
setelah anda mengetahui akar permasalahan yang terjadi, maka saatnya untuk berkomunikasi bersama dengan para pelaku konflik, guna mencegah terjadi nya miskomunikasi dan juga mengambil jalan keluar yang tepat bersama-sama.
4. Melakukan evaluasi
Buatlah sebuah rencana untuk mencegah konflik yang serupa terjadi dimasa depan. Dengan demikian, organisasi yang dibangun dapat berkembang dengan baik dan stabil.
#UniversitasTrilogi #Teknososiopreuneur #InsanUnggulInovasi #Akuntansi
Ikuti tulisan menarik Akbar Maulana Ramadhan lainnya di sini.