x

ilustr: Online Psychology Degree Guide

Iklan

DEYANINTA EKABRIELA PERMATA

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Januari 2022

Kamis, 27 Januari 2022 08:13 WIB

Bagaimana Caranya Menjadi Pribadi yang Bertanggung Jawab?

“Hidupmu adalah tanggung jawab dirimu sendiri”, seringkali ungkapan ini menjadi prinsip sebagian orang bahwa segala apapun yang mereka lakukan di dalam hidup akan menjadi tanggung jawab bagi diri mereka sendiri. Menurut George Bernard Shaw mengenai tanggung jawab yaitu setiap orang yang sanggup mempraktekkan semua pengetahuan dan tenaganya dalam sebuah tindakan yang efektif, dan berguna jika seseorang wajib menanggung segala akibat yang dilakukannya. Baik dapat memberikan keuntungan bagi dirinya maupun malah merugikan dirinya. Lantas, bagaimana sih caranya agar kita menjadi pribadi yang bertanggung jawab? Disusun oleh: Andi Annisa Amalia Dian Putri Deyaninta Ekabriela Permata Indah Masitoh Riandy Ahmad Attoriq Christian Frans Mukuan KELAS INOVASI

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tanggung jawab ialah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Untuk itu, tanggung jawab suatu hal yang sangat penting di dalam kehidupan sehari-hari kita, serta tanggung jawab juga menyangkut orang lain maupun diri kita sendiri.

Apakah bertanggung jawab hanya saat kita melakukan kesalahan saja? Tentu saja tidak, sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari kita bertanggung jawab saat selesai makan kita harus mencuci piring, kita juga bertanggung jawab atas pekerjaan rumah yang diberikan guru misalnya. Tentu saja kita bertanggung jawab bukan hanya saat kita melakukan kesalahan tetapi bertanggung jawab itu banyak ruang lingkupnya. Oh ya, tanggung jawab juga memiliki beberapa bentuk loh. Macam-macam tanggung jawab diantaranya adalah tanggung jawab terhadap diri sendiri, tanggung jawab terhadap masyarakat. Selain itu, kita juga bisa melihat contoh tanggung jawab terhadap keluarga atau contoh tanggung jawab terhadap bangsa dan negara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nah, yang pertama bertangggung jawab atas diri sendiri, yaitu menentukan kesadaran setiap orang untuk memenuhi kewajibannya sendiri. Yang kedua, ada bertanggung jawab terhadap keluarga, misalnya saja sebagai kepala rumah tangga tentu sudah menjadi kewajiban untuk menafkahi keluarganya. Yang ketiga, ada bertanggung jawab terhadap masyarakat, misalnya saja tanggung jawab membayar iuran sampah demi menjaga lingkungan yang nyaman dan bersih. Yang keempat, tanggung jawab terhadap negara/bangsa, bertanggung jawab atas perkataan, tindakan, perbuatan yang dilakukan dan sebagai masyarakat yang taat hukum semestinya kita dapat menjaga lingkungan yang aman dan tertib. Yang kelima, kita bertanggung jawab terhadap tuhan, apa yang telah kita perbuat kita dapat berani menerima resikonya.

Nah, sebelum kita melatih diri kita untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab, ada 12 aspek tanggung jawab menurut Joshepshon, Peter dan Dowd yang harus kita pahami dulu, nih! Simak berikut ini:

  1. Berani Menanggung Konsekuensi

Berani menghadapai akibat buruk jika individu tidak menyelesaikan tugasnya dengan baik dan melakukan perbuatan yang memiliki resiko negatif bagi dirinya sendiri.

  1. Kontrol Diri

Mampu mengendalikan pikiran dan tindakan dari luar maupun dalam sehingga dapat bertindak dengan benar.

  1. Menentukan Tujuan Dan Perencanaan

Individu mampu menentukan tujuan dan membuat perencanaan apa yang baik dan harus dilakukan bagi dirinya.

  1. Memiliki Sikap Mandiri

Mampu berinisiatif, mengatasi hambatan, melakukan sesuatu dengan tepat, berani mengambil keputusan tanpa meminta bantuan dari orang lain.

  1. Memiliki Sikap Positif

Sikap positif seperti antusias, jujur, murah hati, semangat, dan mau berusaha.

  1. Melakukan kewajiban

Individu mengetahui apa yang harus dilakukan dan melakukannya dengan baik walaupun banyak resiko yang harus dihadapi.

  1. Mencapai Hasil Yang Baik

Memiliki kesadaran untuk melakukan segala hal yang harus dilakukan dengan baik agar mencapai hasil yang baik.

  1. Bersikap Proaktif

Bertanggung jawab terhadap pilihan-pilihan yang sudah dipilih berdasarkan prinsip dan nilai yang berlaku di lingkungan sekitar.

  1. Tekun

Individu yang rajin dan semangat dalam melaksankan tugasnya tanpa meninggalkannya karena dipengaruhi oleh hal lain.

  1. Reflektif

Individu dapat menemukan nilai dari apa yang telah dia lakukan dalam kehidupannya melalui pengalaman-pengalaman atau peristiwa yang ada serta tidak mudah menyalahkan orang lain.

  1. Memberikan Teladan Yang Baik

Individu yang bertanggung jawab tentu tindakannya dapat mempengaruhi orang lain, oleh karena itu individu harus memberikan contoh tindakan yang positif bagi orang lain.

  1. Mempunyai Otonomi Moral

Individu mampu berpikir sendiri, menentukan keputusannya secara mendiri, rasional dan etis. Mampu membedakan dan menilai mana yang benar dan salah serta tidak membiarkan prinsip dan perilakukan dapat dikendalikan oleh orang lain.

Lalu, Bagaimana Cara Agar Menjadi Seseorang Yang Bertanggung Jawab?

Jika dirimu suka menyalahkan, itu berarti dirimu menyerahkan kekuatanmu untuk berubah menjadi lebih baik. Sikap tidak bertanggung jawab itu perlu kita hindari. Jika tidak, kita akan terus memandang karier kita sebagai suatu kegagalan yang patut untuk dihina atau tidak diapresiasi sama sekali. Konsekuensinya, kita tidak pernah merasa puas dengan apa yang sudah kita usahakan, yang ada hanya penyesalan dalam setiap tindakan yang dilakukan. 

Lantas, bagaimana caranya agar kita memiliki sikap bertanggung jawab atas kehidupan yang sedang kita jalani sekarang? Berikut ini adalah beberapa cara untuk jadi pribadi yang bertanggung jawab.

  1. Berusaha Menepati Segala Janjinya

Seseorang dapat dipercaya dan diandalkan, ketika dirinya mampu bertanggung jawab. Ketika dirinya telah berjanji, maka sudah sepatutnya untuk berusaha menepatinya. Alhasil, orang disekelilingmu dapat mempercayaimu.

  1. Bersikap Proaktif

Mulailah bersikap proaktif, jika kamu telah melakukan kesalahan di masa lalu, maka sudah sepatutnya dirimu untuk bisa bersikap aktif untuk mau merubah masa depan yang lebih baik. Maka dari itu, sikap proaktif diperlukan jika kamu ingin bisa menjadi sosok yang bertanggung jawab dan bijaksana.

  1. Bertanggung Jawab Dalam Segala Hal Secara Baik

Ketika kita melakukan suatu kesalahan, terimalah konsekuensinya. Jangan cari-cari alasan bahwa seseorang mempengaruhi tindakan kita atau seseorang telah menjebak kita sehingga kegagalan muncul begitu saja. Come on! Setiap orang memiliki kendali atas hidupnya sendiri. Jadi jika kita membuat suatu kesalahan, itu tandanya kita harus bertanggung jawab atas kesalahan tersebut.

  1. Buat Tujuan Yang Realistis

Membuat tujuan yang realistis penting untuk kita agar kita mengetahui keterbatasan yang ada pada diri kita. Berbagai hal yang bisa kamu capai maupun tidak, sadarilah hal itu dengan bersikap realistis. Kamu mengenal dirimu lebih baik daripada siapa pun sehingga akan menjadi penilai terbaik dari semua itu.

  1. Berusaha Mencintai Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri sangatlah penting agar kita menjadi pribadi yang dewasa dan bertanggung jawab. Hidup memang akan selalu naik dan turun. Ketika hari-hari terasa berat dan sepertinya berbagai rencana gak akan berjalan dengan lancar. Pada saat itu jangan lupa untuk tetap mencintai dirimu sendiri. Saat kamu merasa ragu dengan dirimu, cintailah dirimu dengan lebih. Jangan sampai hal ini membuatmu menyalahkan diri sendiri.

Nah, berikut tadi beberapa cara untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Bertanggung jawablah penuh atas perkataan dan tindakanmu, ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik DEYANINTA EKABRIELA PERMATA lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB