x

tanggung jawab mahasiswa universitas trilogi

Iklan

Amelia Dhamaryanti

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 Januari 2022

Kamis, 27 Januari 2022 12:17 WIB

Pentingnya Empati dalam Memahami Perasaan Orang Lain

Empati adalah kemampuan memahami dan turut merasakan perasaan orang lain. perwujudan kasih sayang sesama manusia. Dalam kamus besar bahasa Indonesia, Empati berarti perasaan dimana kita ikut merasakan dan memahami orang lain. Atau lebih gampangnya empati berarti mnempatkan diri solah – olah menjadi seperti orang lain. Untuk memenuhi empati memiliki peranan sangat penting dalam suatu Universitas. Insan Unggul Inovasi adalah nilai-nilai Universitas Trilogi yang terdiri dari Integritas, Kebersamaan, Kemandirian, Keunggulan, dan Inovasi berkelanjutan. Mempunyai rasa empati adalah keharusan seorang manusia karena disanalah terletak nilai kemanusiaan seseorang.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa itu Empati? Mengapa Empati sangat penting dalam kehidupan sosial?
empati adalah kemampuan untuk dapat menempatkan diri pada posisi orang lain, melihat sesuatu dari sudut pandang mereka, dan memahami emosi dari perasaan orang tersebut.
Empati merupakan hal penting yang harus dimiliki semua orang, karena akan membantu kita memahami perasaan orang lain sehingga kita bisa memberi respon yang sesuai. Penelitian menunjukkan bahwa memiliki hubungan sosial penting untuk kesejahteraan fisik dan psikologi. Berempati dengan orang lain membantu kamu belajar mengatur emosi diri sendiri

Bagaimana jika kita tidak memiliki rasa empati? Dalam kehidupan sehari-hari, empati sangat berguna untuk menciptakan keinginan untuk menolong orang lain, menumbuhkan kepedulian sosial dan masih banyak lagi.

Namun tak semua orang memiliki empati yang baik. Bahkan ada banyak orang yang sama sekali tidak menyadari bahwa dirinya kurang bisa berempati terhadap orang lain, Orang yang kurang memiliki empati sering mengatakan sesuatu yang menyakiti perasaan orang lain. Seperti saat teman sedang bercerita masalahnya, atau melihat suatu kejadian di lingkungan nya, mereka justru menanggapi dengan kalimat "kamu mah masih mending, kalau saya tuh....",  "Ah baru kaya begitu, saya pernah yang lebih parah" Biasanya mereka melakukan hal ini tanpa sengaja karena orang yang kurang memiliki empati memang tidak bisa memahami perasaan orang lain. Sehingga mereka biasanya sulit untuk menciptakan hubungan emosional dengan orang lain.
Biasa terjebak dalam “keakuan” yang menganggap bahwa diri nya lebih benar dibandingkan orang lain, Dan akhirnya menjadi manusia yang penuh dengan ego.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Definisi/makna dari empati? Empati adalah kemampuan untuk memahami apa yang di rasakan orang lain, melihat dari sudut pandang orang tersebut, dan juga membayangkan diri sendiri berada pada posisi orang tersebut. Empati memainkan peran penting dalam membangun dan menjaga hubungan antara sesama manusia. 
Menurut zoll and Enz (2012) empati dapat diartikan sebagai kemampuan dan kecenderungan seseorang ("observer") untuk memahami apa yang orang lain ("target") pikirkan dan rasakan pada situasi tertentu.

Menjelaskan bagaimana cara menunjukkan rasa empati kepada sesama
Bicara dengan orang baru dengan cara menyapa dan Menanyakan kabar dapat membuat Anda mengetahui perasaan atau keadaannya, dan itu jalan yang bagus untuk mulai menunjukkan empati. Memahami perasaan orang lain dengan cara menunjukan dan memahami perasaan orang lain bahwa “kamu boleh menangis, karna menangis adalah hal wajar bagi kehidupan tetapi jangan terlalu berlebihan”. Hadirlah untuk menjadi pendengar yang baik Ketika seseorang sedang menceritakan soal permasalahan yang terjadi. Selalu memberi support kepada orang lain yang sedang membutuhkan

Adapun beberapa manfaat apabila kita berempati 
Disukai oleh banyak orang, menjauhkan sikap egois, menjauhkan dari sikap kesombongan, menumbukan rasa saling tolong menolong.

Cara meningkatkan rasa empati
Lebih banyak mendengar masukan orang lain yang baik, selalu tersenyum dan ramah terhadap siapapun itu mau itu yang lebih muda ataupun lebih tua.

Sebagai mahasiswa atau mahasiswi Universitas Trilogi harus bisa menangani empati yang baik contoh empati yang ada pada para mahasiswa dan mahasiswi yaitu seperti tugas kelompok, pasti ada yang menerima dan tidak menerima gagasan atau pemahaman yang ada maka dari kita  melakukan diskusi, melakukan pengambilan keputusan bersama dan saling mengutarakan pendapat yang ingin disampaikan. Misalnya saja mungkin yang terjadi pada diri saya atau anda pada waktu mengikuti perkuliahan di kampus Universitas Trilogi.  Kita mungkin sering mengabaikan dosen yang menerangkan suatu mata kuliah tertentu dan asyik ngobrol dengan teman disebelah kita karena mungkin kita merasa tidak
mengerti apa yang dijelaskannya. Tapi pernahkah kita berfikir bagaimana ya kalau kita menjadi dosen dan semua maka siswanya ramai sendiri. Maka dari situ lah kita harus berempati menghargai dosen yang sedang memberikan materi"

 

#universitastrilogi

#teknososiopreneur

#insanunggulinovasi

#cdpp

Ikuti tulisan menarik Amelia Dhamaryanti lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Sabtu, 27 April 2024 14:25 WIB