x

tanggung jawab mahasiswa universitas trilogi

Iklan

Cindy Agustin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 27 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 06:58 WIB

Membangun Rasa Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah perilaku untuk melakukan sesuatu dengan sungguh-sungguh dan siap menanggung segala risiko dari perbuatannya. Bahwasannya seseorang yang dapat dikatakan mempunyai rasa tanggung jawab ialah mampu menjalankan tugas atau suatu kepercayan yang orang lain berikan dengan baik. Maka dari itu pentingnya mempunyai rasa tanggung jawab bagi seorang mahasiswa dalam lingkup pendidikan karena itu menjadikan seseorang yang berkepribadian baik dan unggul dimasa yang akan datang.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Tanggung jawab dapat dikatakan sebagai suatu kewajiban yang harus dilakukan. Dari semua tugas ataupun suatu kepercayaan yang orang lain berikan untuk menanggung segala sesuatu yang sudah terjadi dan dialami atas suatu tanggung jawab tersebut. Tanggung jawab sebagai bentuk adanya kesanggupan seseorang untuk menanggung risiko, berani mengambil dan menjalani segala hal  yang telah diputuskan. Suatu tanggung jawab dapat dibuktikan dengan konsistensi perbuatan. Pada dasarnya setiap individu memiliki tanggung jawab atas dirinya sejak lahir. Tanggung jawab itu berasal dari hati dan kemauan diri sendiri atas kewajiban yang harus dipertanggungjawabkan, bahwasannya setiap manusia pasti dibebani dengan rasa tanggung jawab yang besar.

  Penanaman rasa tanggung jawab menjadikan pribadi yang lebih beradab dan sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Tanggung jawab itu bagaimana bersikap, bertingkah laku yang baik dan benar. Adanya rasa tanggung jawab setiap individu karena memiliki rasa sadar dan menyadari akibat baik atau buruk perbuatannya itu. Karena setiap keputusan yang diambil harus bisa bertanggung jawab, baik buruknya harus diterima dan dijalani. Semua itu agar kita belajar bagaimana menjadi manusia yang lebih professional dan bertanggung jawab.

  Dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa bentuk-bentuk tanggungjawab yaitu tanggung jawab terhadap tuhan, sebagai makhluk yang sempurna, manusia memiliki akal dan juga pikiran yang sehat. Oleh sebab itu, Tuhan menurunkan perintah dan larangan kepada manusia. Lalu tanggung jawab terhadap diri sendiri dimana setiap orang harus memenuhi kewajibannya sendiri untuk mengembangkan pribadi yang lebih baik, karena pada dasarnya manusia adalah makhluk moral. Tanggung jawab terhadap keluarga,  Untuk tanggung jawab ini harus dilaksanakan oleh semua anggota keluarga (ayah, ibu, ataupun anak). Tanggung jawab terhadap masyarakat, setiap individu merupakan anggota dari masyarakat. Dan tanggung jawab terhadap bangsa dan negara, yaitu suatu sikap bahwa setiap manusia dan setiap individu adalah warga suatu negara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

     Adapun contohnya yaitu seseorang yang memutuskan untuk melanjutkan ke pendidikan tinggi dan memilih kampus di Universitas Trilogi harus mampu menyelesaikan semua tanggung jawabnya dengan baik yaitu kewajibannya belajar. Dan jika diberikan suatu kepercayaan untuk menjadi pemimpin suatu kelas atau organisasi maka juga harus menjalankan tanggung jawab tersebut dengan baik. Jangan pernah menyepelekan dan lalai dalam suatu tugas yang diberikan karena itu bisa dikatakan seseorang yang tidak bertanggung jawab. Dengan membangun rasa tanggung jawab maka seseorang akan terbiasa dengan adanya tugas atau suatu kepercayaan yang diberikan harus dijalankan dan diselesaikan. Dan memiliki beban jika suatu tugas atau yang diamanahkan tidak dapat dipertanggung jawabkan.

  Dari yang sudah kita ketahui kurang adanya rasa tanggung jawab seperti mahasiswa yang diberikan tugas individu ataupun kelompok yaitu suka menunda dan akhirnya tidak di kerjakan tugas tersebut, Hal kecil tersebutlah yang menjadikan seseorang kurang bertanggung jawab atas suatu tugas yang diberikan. Bahwasannya seseorang yang dapat dikatakan mempunyai rasa tanggung jawab ialah mampu menjalankan tugas atau suatu kepercayan yang orang lain berikan dengan baik. Maka dari itu pentingnya mempunyai rasa tanggung jawab bagi seorang mahasiswa dalam lingkup pendidikan karena itu menjadikan seseorang yang berkepribadian baik dan unggul dimasa yang akan datang.

  Di Universitas Trilogi mengajarkan kepada para mahasiswanya untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab dalam menjalankan akademik dilingkungan kampus. Bentuk tanggung jawab yang di terapkan pada kampus Universitas Trilogi salah satunya dengan menyelenggarakan program tes bahasa inggris yang berkerja sama dengan lembaga TeachCost with Oxford. Hal tersebut merupakan bentuk tanggung jawab dalam mengikuti aturan yang telah ditetapkan pihak kampus mengenai kewajiban keikutsertaan mahasiswa semester 1 mengikuti program tes bahasa inggris. Untuk memberikan pengajaran kepada mahasiswa trilogi selama 1 semester agar dapat mengembangkan soft skill berbahasa inggrisnya dengan baik, maka dari itu para mahasiswanya harus bertanggung jawab pada akademik dan kepada diri sendiri agar menjadi mahasiswa Universitas Trilogi yang memberikan perubahan serta kemajuan berbahasa inggris yang lebih baik dengan adanya pengajar dari  luar.

  Tanggung jawab memiliki peran penting dalam aspek kehidupan manusia. Seseorang akan berbuat sesuai keinginannya sendiri jika tidak memiliki tanggung jawab. Sebaliknya, seseorang yang memiliki tanggung jawab maka akan terdorong untuk bisa menyelesaikan suatu pekerjaan dengan baik dan penuh pemikiran yang matang. Di luar sekolah orang tua bertugas untuk menanamkan tanggung jawab pada anak mereka. Sedangkan di sekolah tugas seorang guru atau pendidik yang harus menanamkan tanggung jawab pada anak didik mereka tanpa terkecuali.

Seseorang yang memiliki jiwa tanggung jawab harus memulai dan menjalankan segala sesuatu dengan niat yang kuat dan konsisten. Bagaimanapun baik buruknya harus dapat menerima dan tetap menjalaninya sampai suatu tanggung jawab itu terselesaikan. Karena jika tanggung jawab itu sudah dijalankan dan terselesaikan akan membuat hati menjadi tenang dan tidak merasa ada beban. Maka dari itu sangat penting untuk kita selalu menanamkan rasa tanggung jawab dalam diri.

 

#UniversitasTrilogi

#Teknososiopreneur

#InsanUnggulInovasi #PGSD #CDPP

#Tanggungjawab

#MahasiswaUniversitasTrilogi #Esai

Ikuti tulisan menarik Cindy Agustin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler