x

Iklan

Bintang Zainudin

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 28 Januari 2022

Jumat, 28 Januari 2022 18:14 WIB

Sikap Tanggung Jawab yang Harus Dikembangkan Mahasiswa

Kamu sekarang seorang mahasiswa? Jika iya, tahu nggak sih apa Tanggung Jawab sebagai mahasiswa? Mahasiswa dikatakan bertanggung jawab apabila dapat memanfaatkan pengetahuannya untuk memecahkan masalah dalam situasi kehidupan nyata, memahami arti belajar, mengadopsi sikap dan sudut pandang sendiri, dan memperkuat tanggung jawab untuk belajar mandiri (Blascova, 2014). Pertanyaannya adalah Apa saja sikap Tanggung Jawab yang harus dikembangkan Mahasiswa Universitas Trilogi ? dan itu akan kita bahas dalam artikel singkat ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apa Itu Tanggung Jawab ?  

            Tanggung jawab merupakan kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajiban. Tanggung jawab bersifat kodrati, yang artinya tanggung jawab itu sudah menjadi bagian kehidupan manusia bahwa setiap manusia dan yang pasti masing-masing orang akan memikul suatu tanggung jawabnya sendiri-sendiri. Apabila seseorang tidak mau bertanggung jawab, maka tentu ada pihak lain yang memaksa untuk tindakan tanggung jawab tersebut.

            Dari pengertian tersebut, tanggung jawab dibedakan menjadi 2 jenis, diantaranya adalah tanggung jawab moral dan tanggung jawab sebagai warga Negara.

  • Tanggung jawab moral, adalah tanggung jawab yang identik dengan tindakan moral. Tanggung jawab moral melingkupi tiga unsur: kebebasan bertindak dan tindakan integral tanggung jawab yang lahir dari hati nurani.
  • Tanggung jawab sebagai warga negara, dibagi menjadi tanggung jawab sebagai pemikul jabatan pemerintah maupun kewajiban sebagai rakyat
Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Manfaat Tanggung Jawab

Dengan sikap yang bertanggung jawab, seseorang akan dipercaya, dihormati dan dihargai serta disenangi oleh orang lain. Sikap bertanggung jawab seseorang membuat ia berhasil menyelesaikan tugas dengan baik. Sikap bertanggung jawab akan membuat seseorang bertindak lebih hati-hati dengan perencanaan yang matang. Sikap bertanggung jawab membuat seseorang lebih kuat dan tegar menghadapi permasalahan yang harus diselesaikan.

Sikap Tanggung jawab yang harus dikembangkan Mahasiswa Universitas Trilogi

  1. Mahasiswa sebagai Iron Stock

Sikap yang pertama sebagai seorang mahasiswa adalah sebagai iron stock. Mahasiswa diharapkan untuk memiliki kepribadian dan akhlak mulia, dimana mahasiswa nantinya akan menjadi pengganti generasi sebelumnya. Seorang mahasiswa harus siap untuk membangun jiwanya sendiri dan membentuk kepribadian mulia dalam prilakunya sebelum nanti terjun ke masyarakat.

  1. Mahasiswa sebagai Agent of Change

Agent of change yang dimaksud adalah mahasiswa diharapkan sebagai agen perubahan untuk masyarakat dimana seorang mahasiswa harus mencari ilmu sedalam dalamnya dan seluas luasnya agar mampu membawa perubahan ke dalam masyarakat. Mahasiswa harus menjadi ujung tombak untuk memajukan bangsa yang dimulai dengan melakukan perubahan terhadap masyarakat.

  1. Mahasiswa sebagai Guardian of Value

Guardian of value yang dimaksud adalah mahasiswa menjadi penjaga atas nilai nilai yang berlaku dalam masyarakat. Nilai yang harus dijaga adalah nilai mutlak yang tidak mengandung keraguan dan bukan hasil dari suatu pragmatisme. Nilai tersebut adalah nilai nilai positif yang berpengaruh pada kemajuan bangsa.

  1. Mahasiswa sebagai Moral Force

Moral force dapat diartikan dengan adanya kekuatan moral dalam kepribadian mahasiswa. Seorang mahasiswa harus menjadikan moral force sebagai acuan dalam berperilaku. Dasar dasar moral yang terkandung adalah bagaimana cara bersikap, cara berpikir, cara berbicara, cara mengambil keputusan, dan sebagainya yang berhubungan dengan nilai – nilai baik. Pada peran ini, intelektualitas mahasiswa dituntut untuk memiliki kekuatan moral yang baik untuk mengarahkan kita agar berhubungan baik dengan masyarakat.

  1. Mahasiswa sebagai social control.

sikap mahasiswa yang terakhir dan tak kalah pentingnya untuk melekat dalam identitas seorang mahasiswa adalah social control. Social control yang dimaksud adalah mahasiswa sebagai pengontrol kehidupan sosial di masyarakat. Dalam hal ini, mahasiswa harus mampu menjadi jembatan masyarakat dengan pemerintah. Seorang mahasiswa harus mampu menjadi aspirasi masyarakat saat kebijakan kebijakan yang dikeluarkan pemerintah berdampak pada menurunnya kesejahteraan masyarakat.


#CitraDiridanPribadiProfesional
#UniversitasTrilogi
#TanggungJawab

Ikuti tulisan menarik Bintang Zainudin lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler