x

image: Alodokter

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 12 Februari 2022 08:16 WIB

Manfaat Sentuhan Fisik

Sentuhan fisik bisa menjadi bagian penting dari sebuah hubungan. Itu dapat menyampaikan kasih sayang, telah terbukti mengurangi dampak stres, dan dapat meningkatkan kenyamanan. Penelitian telah meneliti tidak hanya cara sentuhan dapat memengaruhi kita, tetapi juga jalur yang memengaruhi kita.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Berpegangan tangan mengurangi stres dan meningkatkan kenyamanan.

Poin-Poin Penting

  • Sentuhan dapat menyampaikan kasih sayang, telah terbukti mengurangi dampak stres, dan dapat meningkatkan kenyamanan.
  • Sentuhan kasih sayang meningkatkan kenyamanan melalui jalur relasional-kognitif dan neurobiologis.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Sentuhan fisik bisa menjadi bagian penting dari sebuah hubungan. Aktivitas itu dapat menyampaikan kasih sayang, telah terbukti mengurangi dampak stres, dan dapat meningkatkan kenyamanan. Penelitian telah meneliti tidak hanya cara sentuhan dapat memengaruhi kita, tetapi juga jalur yang memengaruhi kita.

Penelitian

Coan, Schaefer, dan Davidson (2006) melakukan penelitian terkenal di mana mereka meneliti bagaimana sentuhan, dalam bentuk pegangan tangan, dapat mempengaruhi respons terhadap ancaman. Para peneliti mempelajari 16 wanita menikah dalam pernikahan yang sangat memuaskan. Para wanita diminta untuk melihat gambar yang menunjukkan keamanan atau ancaman dalam salah satu dari tiga kondisi: memegang tangan suami mereka, memegang tangan eksperimen pria yang tidak disebutkan namanya, atau tidak memegang tangan siapa pun sama sekali. Para wanita secara acak disajikan dengan isyarat ancaman atau keamanan saat dalam fMRI mengukur respons saraf mereka. Isyarat ancaman menunjukkan kemungkinan 20 persen menerima sengatan listrik ke pergelangan kaki, dan isyarat keselamatan tidak menunjukkan apa-apa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memegang tangan suaminya memiliki peringkat ketidaknyamanan terendah. Selain itu, kondisi pegangan tangan pasangan dan orang asing sama-sama kurang menggairahkan dibandingkan kondisi di mana wanita tidak memegang tangan siapa pun. Ini menunjukkan bahwa memegang tangan seseorang memengaruhi respons terhadap ancaman.

Wanita yang menilai pernikahan mereka lebih memuaskan mendapatkan lebih banyak manfaat dari memegang tangan pasangan mereka. Oleh karena itu, bahkan dalam sampel wanita dalam pernikahan yang sangat memuaskan ini, manfaat bergandengan tangan dengan pasangan dimaksimalkan bagi mereka yang memiliki kualitas pernikahan yang lebih tinggi. Oleh karena itu, sentuhan tidak hanya bermanfaat bagi seseorang, tetapi siapa orang yang disentuh dan kualitas hubungan yang Anda miliki dengan mereka juga penting.

Jakubiak dan Feeney (2017) telah membahas jalur di mana sentuhan dapat memengaruhi kita. Mereka mencatat bahwa "sentuhan penuh kasih sayang dapat memfasilitasi pengembangan kualitas tinggi, hubungan sosial yang intim, dan itu mungkin salah satu perilaku yang dapat digunakan dalam konteks hubungan dekat untuk menunjukkan dukungan dan penerimaan untuk mempromosikan kenyamanan individu". Model mereka menghubungkan sentuhan dengan kenyamanan relasional, psikologis, dan fisik. Salah satu cara sentuhan kasih sayang meningkatkan masing-masing dari tiga domain kenyamanan adalah dengan mengurangi stres sehari-hari dan reaktivitas terhadap stres.

Terlepas dari stres, sentuhan kasih sayang meningkatkan kenyamanan melalui jalur relasional-kognitif dan neurobiologis. Jalur relasional-kognitif diaktifkan ketika sentuhan ditafsirkan sebagai kasih sayang, sehingga menyebabkan perubahan persepsi relasional dan diri. Dalam jalur ini, sentuhan mengomunikasikan bahwa hubungan itu dekat dan penuh kasih, serta mengarah pada perasaan inklusi sosial. Selanjutnya, sentuhan kasih sayang meningkatkan perasaan aman dan percaya.

Jalur neurobiologis diaktifkan oleh pengalaman sentuhan itu sendiri. Sentuhan menyebabkan perubahan dalam sistem biologis yang dapat meredam reaksi stres dan meningkatkan kesejahteraan. Jalur ini tidak tergantung pada jalur relasional-kognitif dan apa yang ditunjukkan dalam studi Coan dan kawan-kawan yang disebutkan di atas. 

Sentuhan sangat kuat. Tidak hanya mengurangi perasaan negatif, tetapi juga mengarah pada pengalaman positif dan penuh kasih.

***
Solo, Jumat, 11 Februari 2022. 8:14 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB

Terkini

Terpopuler

Elaborasi

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Dalam Gerbong

Oleh: Fabian Satya Rabani

Jumat, 22 Maret 2024 17:59 WIB