x

image: Maxmanroe.com

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Minggu, 13 Februari 2022 19:09 WIB

4 Komponen Citra Tubuh

Citra tubuh Anda mencakup persepsi, keyakinan, perasaan, pikiran, dan tindakan Anda yang berkaitan dengan penampilan fisik Anda. Intinya, ini adalah hubungan pribadi Anda dengan tubuh Anda. Definisi ini berguna karena menyiratkan bahwa Anda memiliki banyak kendali atas citra tubuh Anda jika Anda menggunakan strategi koping yang tepat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Citra tubuh Anda menciptakan hubungan yang Anda miliki dengan tubuh Anda.

Poin-Poin Penting

  • Citra tubuh Anda mencakup persepsi, keyakinan, perasaan, pikiran, dan tindakan Anda yang berhubungan dengan penampilan fisik Anda.
  • Perilaku yang dihasilkan dari citra tubuh negatif termasuk penghindaran dan meremehkan.
  • Empat aspek citra tubuh meliputi: persepsi, afektif, kognitif, dan perilaku.
  • Jika Anda berubah pikiran tentang tubuh Anda, Anda menghilangkan batasan pada apa yang dapat dialami oleh tubuh dan diri Anda saat ini.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Citra tubuh Anda mencakup persepsi, keyakinan, perasaan, pikiran, dan tindakan Anda yang berkaitan dengan penampilan fisik Anda. Intinya, ini adalah hubungan pribadi Anda dengan tubuh Anda. Definisi ini berguna karena menyiratkan bahwa Anda memiliki banyak kendali atas citra tubuh Anda jika Anda menggunakan strategi koping yang tepat.

Mudah-mudahan, kita menghabiskan sebagian besar waktu kita dalam keadaan tubuh-positif atau tubuh-netral. Namun, kita tahu bahwa ada tekanan masyarakat yang sangat besar untuk melihat dengan cara tertentu, sehingga bahkan yang terbaik dari kita akan memiliki rasa tidak aman yang muncul dari waktu ke waktu.

Contoh Citra Tubuh Negatif

Ketika orang memiliki body image yang negatif, ada banyak cara yang bisa diwujudkan. Kita bisa menjadi penghindar, menghindari membeli baju baru atau melihat ke cermin. Berapa banyak dari Anda yang menolak memakai crop top? Atau menyembunyikan kaki Anda di bawah celana panjang karena paha Anda lebih tebal? Semua ini dilakukan adalah mengkomunikasikan pesan bahwa tubuh Anda buruk. Pertama kali teman saya mengenakan baju renang dua potong, beratnya hampir 150 kg. Dia terinspirasi oleh Gabifresh, yang turun ke panggung sebagai blogger mode dan akhirnya memulai lini pakaian renangnya sendiri. Membebaskan untuk membiarkan semuanya hang out. Kita adalah makhluk empat dimensi dan tidak apa-apa jika lekuk tubuh kita mencerminkan hal itu.

Gaya citra tubuh negatif lainnya adalah konfliktual. Apakah Anda terus-menerus berjuang dengan tubuh Anda dan mengatakan bahwa itu perlu menjadi sesuatu yang bukan? Apakah Anda pikir jika Anda sedikit lebih tinggi atau lebih kuat, wanita yang Anda sukai akan memperhatikan Anda? Apakah Anda memiliki rambut keriting dan ingin lurus? Apakah Anda lebih menyukai slide yang ramping dan ingin menjadi lebih tebal?

Rangkullah diri Anda sendiri alih-alih mencoba mengganti segala sesuatu yang membuat Anda menjadi manusia yang unik. Fakta yang menyenangkan: Saya lahir dengan tujuh tanda lahir, salah satunya menutupi hampir sepertiga dari tubuh saya. Saya ingat saat masih SMP dan berharap saya memiliki kulit bersih seperti yang lain yang saya lihat. Tanda lahir itu masih ada, tetapi persepsi saya berubah seiring waktu, yang merupakan aspek kunci dari citra tubuh.

Jenis lain dari citra tubuh negatif adalah kasar. Apakah Anda memiliki hubungan yang kasar dengan tubuh Anda? Apakah Anda menyebut diri Anda sendiri, atau membuat diri Anda kelaparan, atau berolahraga sampai kelelahan? Ini semua adalah contoh cara kita bisa kasar pada diri sendiri. Saya tidak akan pernah memaafkan siapa pun yang kasar, termasuk melecehkan diri sendiri.

Mari kita bicara tentang empat aspek citra tubuh:

Perseptual

Citra tubuh perseptual adalah bagaimana Anda melihat diri Anda sendiri. Cara Anda memvisualisasikan tubuh Anda tidak selalu merupakan representasi yang benar dari penampilan Anda yang sebenarnya—ini adalah persepsi, bukan kebenaran objektif. Misalnya, seseorang mungkin menganggap dirinya kelebihan berat badan dan besar padahal kenyataannya mereka sangat kurus. Anda bisa memiliki tahi lalat kecil di hidung Anda dan menganggap diri Anda sebagai penyihir jelek sementara itu sama sekali tidak terlihat oleh orang lain.

Persepsi adalah binatang yang rumit. Jika Anda ingin persepsi Anda sesuai dengan kenyataan, perhatian adalah teman Anda. Pernyataan menghakimi yang kita buat tentang diri kita sendiri membuat lensa persepsi kita terdistorsi. Jika saya duduk dan perut saya berguling-guling dan saya menganggapnya sebagai "Aku gemuk", maka saya akan melihat diri saya gemuk. Namun, jika saya mengakui kehadiran mereka dan fakta bahwa itu benar-benar normal — setiap orang memiliki gulungan! — Saya dapat mengubah pengalaman saya seiring waktu.

Afektif

Perasaan Anda tentang tubuh Anda, terutama jumlah kepuasan atau ketidakpuasan yang Anda alami sehubungan dengan penampilan Anda (misalnya, berat badan, bentuk tubuh, tinggi badan, warna kulit, penuaan, dan lain-lain.) adalah citra tubuh afektif Anda. Ini semua hal yang Anda suka atau tidak suka tentang penampilan Anda.

Jelas, perasaan ini dipengaruhi oleh konsumsi masyarakat kita: siapa yang kita lihat di TV, di film, di majalah, dan, baru-baru ini, media sosial. Penting untuk membuat keputusan sadar tentang media yang Anda konsumsi dan pengaruhnya terhadap Anda, baik positif maupun negatif. Perkenalkan keragaman citra tubuh ke dalam hidup Anda.

Terkadang, kita berasal dari budaya yang mempengaruhi ide-ide ini. Misalnya, saya Hitam, dan idealisasi pantat besar adalah bagian dari budaya saya. Tebak siapa yang tidak punya bokong besar? Saya. Tetapi ini tidak membuat saya kurang Hitam atau citra tubuh saya menjadi kurang positif. Seseorang menyambut Squat Bulgaria yang direkomendasikan pelatihnya, berharap dia akan mendapatkan glutes yang sedikit lebih gemuk, tetapi dia tahu dia tidak akan pernah berada di level yang sama dengan Megan Thee Stallion. Dan ini tidak mengubah nilainya sebagai pribadi.

Membenci diri sendiri bukanlah persyaratan untuk berubah. Anda bisa merasa tidak puas dengan sesuatu dan tetap menerimanya. Jika Anda akan membandingkan tubuh Anda dengan tubuh orang lain, setidaknya temukan perbandingan yang membuat Anda merasa disertakan dan bukan yang membuat Anda merasa dikucilkan. Ini akan membantu meningkatkan citra tubuh Anda dari waktu ke waktu.

Kognitif

Ini adalah pikiran dan keyakinan yang Anda pegang tentang tubuh Anda.

Anda mungkin seorang pria yang berpikir, "Jika aku membangun otot di dada dan lenganku, aku akan merasa lebih baik tentang diriku sendiri." Atau mungkin Anda seorang wanita berusia 30-an yang kesal dengan kerutan wajah dan tubuh dan berpikir, "Jika aku bisa mempertahankan penampilanku sekarang, aku akan bahagia." Jika/maka kemungkinan seperti ini sering bertambah menjadi mungkin/tidak pernah menghasilkan. Jika Anda secara inheren tidak menyukai diri sendiri, Anda akan memindahkan tiang gawang. Anda akan mendapatkan 10 kg otot dan kemudian berkata, "Aku hanya perlu menambah 5 lagi."

Saya telah melihat banyak orang mengubah tubuh mereka dan tidak pernah puas secara mental dengan kemajuannya. Selalu ada sedikit lebih banyak berat badan untuk diturunkan, beberapa kerutan lagi untuk dihaluskan, dan perut melilit yang sebelumnya tidak terlihat. Tetapkan tujuan positif yang berfokus pada kesehatan, bukan berdasarkan standar yang tidak realistis.

Bersikaplah realistis dengan diri sendiri tentang tujuan dan potensi Anda. Alih-alih mencoba menghindari penuaan sama sekali, mungkin Anda harus mendefinisikan sendiri seperti apa penuaan yang anggun itu. Alih-alih mencoba menjadi Jason Mamoa berikutnya, fokuslah untuk menambah massa dan meningkatkan otot Anda secara sehat.

Perilaku

Aspek terakhir dari citra tubuh adalah perilaku. Inilah tindakan yang Anda ambil dalam kaitannya dengan citra tubuh Anda. Ketika seseorang tidak menyukai penampilannya, dia mungkin menunjukkan perilaku yang merusak. Ini bisa berupa apa saja, mulai dari kebiasaan olahraga yang berlebihan hingga pola makan yang tidak teratur dalam upaya mengubah penampilannya. Orang lain mungkin mengasingkan diri atau tidak terlibat dalam acara sosial.

Salah satu tip favorit saya adalah fokus pada fungsi tubuh Anda. Jika Anda ingin lebih sering bersepeda tetapi tidak bugar saat ini, pilih rute yang lebih mudah dan lanjutkan ke rute yang lebih sulit. Itu berfokus pada fungsi.

Tubuh kita memungkinkan kita untuk terhubung dengan dunia ini. Jika tubuh kita rusak karena cuaca dan matahari, mari kita mencicipi makanan dari setiap budaya dan negara, berlomba maraton, menari dan bermain, dan bercinta. Semua hal ini dapat dilakukan oleh semua tipe tubuh pada usia berapa pun—dengan sedikit modifikasi, tentu saja.

Jika Anda berubah pikiran tentang tubuh Anda, Anda menghilangkan batasan pada apa yang dapat dialami oleh tubuh dan diri Anda saat ini. Dengan cara itu, Anda dapat membuat keberadaan penerimaan diri dan mulai hidup seperti yang Anda inginkan.

***
Solo, Minggu, 13 Februari 2022. 5:10 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler