x

image: Orami

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Senin, 14 Februari 2022 06:26 WIB

8 Cara Agar Pernikahan Jarak Jauh Anda Berhasil

Merasa terhubung adalah salah satu hambatan yang paling menantang untuk diatasi dalam pernikahan jarak jauh. Menurut sebuah penelitian, masalah tersulit yang dihadapi pernikahan jarak jauh adalah kurangnya perasaan terhubung dengan kehidupan sehari-hari pasangannya. Pemutusan hubungan ini menyebabkan penurunan keintiman dan dapat mengikis hubungan dari waktu ke waktu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Tidak heran bagi pasangan suami istri bahwa menciptakan pernikahan yang bahagia adalah kerja keras dan penuh tantangan yang harus mereka atasi. Namun, pasangan yang harus menghadapi tantangan mempertahankan hubungan meskipun pernikahan jarak jauh, menerima hadiah untuk salah satu hambatan tersulit untuk diatasi dalam hubungan mereka.

Diperkirakan dalam sebuah studi tahun 2017 oleh Statistic Brain Research Institute bahwa 3,75 juta pernikahan dianggap sebagai pernikahan jarak jauh. Dan menurut Center for the Study of Long Distance Relationships, jumlah pernikahan jarak jauh meningkat karena meningkatnya perjalanan untuk bekerja dan kencan melalui internet.

Kabar baiknya adalah bahwa meskipun diperkirakan dalam studi yang lebih baru bahwa pernikahan jarak jauh memiliki tingkat keberhasilan 58%, statistik ini tidak lebih buruk daripada tingkat keberhasilan pernikahan tradisional saat ini.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lantas, apa sebenarnya bagian tersulit dari pernikahan jarak jauh?

Merasa terhubung adalah salah satu hambatan yang paling menantang untuk diatasi dalam pernikahan jarak jauh. Menurut sebuah penelitian, masalah tersulit yang dihadapi pernikahan jarak jauh adalah kurangnya perasaan terhubung dengan kehidupan sehari-hari pasangannya. Pemutusan hubungan ini menyebabkan penurunan keintiman dan dapat mengikis hubungan dari waktu ke waktu.

Karena hubungan tumbuh atau mati, perasaan terputus ini harus diatasi setiap hari, yang bisa sangat menantang bagi pasangan yang dipisahkan oleh jarak. Selama bertahun-tahun bekerja dengan pasangan melalui metode Sinergi Pasangan, penulis telah menemukan bahwa mereka yang berhasil menjalani pernikahan jarak jauh mempraktikkan 8 hal yang memastikan kesuksesan mereka.

Berikut 8 cara agar pernikahan jarak jauh Anda berhasil:

1. Jadilah Kreatif dengan Waktu Berkualitas

Waktu berkualitas diperlukan bagi pasangan untuk memelihara hubungan mereka. Dalam buku The Seven Principles for Making a Marriage Work oleh John Gottman, disarankan agar pasangan menghabiskan 5 jam waktu berkualitas bersama tanpa gangguan. Ini bisa sangat sulit bagi pasangan jarak jauh, terutama jika mereka baru mengenal perpisahan.

Pasangan jarak jauh harus kreatif saat menghabiskan waktu berkualitas bersama, dan teknologi dapat memainkan peran penting.

Misalnya, satu pasangan yang bekerja dengan komunitas kami mengadakan “pertemuan” virtual setiap Jumat malam meskipun mereka tidak dapat bersama secara fisik. Mereka menggunakan waktu ini untuk terhubung dan berbagi visi bersama, yang penting ketika menghabiskan waktu berkualitas bersama. Apa pun yang dipilih pasangan untuk dilakukan, kali ini harus bebas gangguan.

2. Merangsang Indera Sebanyak Mungkin

Ketika kita sedang jatuh cinta, semua indera kita tampaknya dirangsang. Hanya dengan menggunakan panca indera tradisional, indera penglihatan, suara, rasa, penciuman, dan sentuhan kita menjadi hidup dengan setiap momen yang kita habiskan bersama pasangan. 
Ketika kita terpisah dari pasangan kita seperti dalam kasus pernikahan jarak jauh, indra ini dapat kekurangan rangsangan yang diperlukan untuk ikatan dengan pasangan kita. Pasangan dalam pernikahan jarak jauh harus menjadi kreatif ketika berpisah dan menemukan cara untuk merangsang indra ini satu sama lain. Baik Anda mengirim gambar, file audio, makanan atau aroma yang dikirim, atau sesuatu yang dapat disentuh pasangan Anda sendiri, ide-ide kreatif yang mengaktifkan semua indra ini dapat memfasilitasi koneksi.

3. Keintiman Virtual

Teknologi telah meningkatkan kemampuan kita untuk terhubung dengan orang-orang di seluruh dunia dalam sekejap. Itu juga telah menciptakan cara baru untuk mengekspresikan hasrat seksual dan keintiman antara kekasih ketika mereka tidak bisa bersama di ruang yang sama.

Perusahaan seperti kiiroo.com telah mengembangkan aplikasi dan mainan seksual yang dirancang untuk menghubungkan pasangan yang terpisah oleh jarak jauh menggunakan teknologi untuk meningkatkan keintiman. Menjadi kreatif dengan telepon/seks virtual, gambar intim, sexting, dan masturbasi virtual dapat membantu hubungan pernikahan jarak jauh terputus yang sering dirasakan dalam kehidupan intim mereka.

4. Penulisan Surat

Film romantis telah dibuat tentang pasangan yang dipisahkan oleh jarak dan bagaimana cinta mereka tetap hidup dengan surat yang mereka tulis satu sama lain. Ada sesuatu tentang menerima surat melalui pos yang memiliki lebih banyak makna daripada teks atau email, dan ini adalah sesuatu yang dapat ditiru oleh pasangan dalam pernikahan jarak jauh dalam hubungan mereka.

Menulis surat kepada pasangan Anda dapat memicu perasaan cinta yang tidak dapat diduplikasi oleh bentuk komunikasi lainnya, dan surat itu dapat ditinjau kembali kapan saja untuk menjaga perasaan hubungan tetap segar bahkan ketika pasangannya tidak ada.

5. Tidur Bersama

Tindakan tertidur bersama di ranjang yang sama mungkin sesuatu yang dianggap biasa oleh pasangan tradisional, namun, kurangnya koneksi ini dapat dikenakan seiring waktu untuk pernikahan jarak jauh.

Seorang klien yang beberapa tahun lalu telah bertunangan dan berpisah dari tunangannya selama enam bulan karena kewajiban kerja. Dia dan tunangannya terbiasa tertidur bersama selama facetime. Dia melaporkan bahwa itu memberinya rasa tenang dan normal ketika dia bangun untuk melihat tunangannya masih tidur di layar.

Kemajuan teknologi telah menciptakan peluang bagi pasangan jarak jauh untuk berbagi momen intim ini, bahkan jika mendengkur mungkin terlibat. Memulai dan mengakhiri hari bersama-sama bahkan membuat kedua orang tersebut merasakan rasa memiliki, signifikansi, dan koneksi.

6. Transparansi

Seperti disebutkan di atas, salah satu tantangan tersulit yang dihadapi pernikahan jarak jauh adalah perasaan terputus dari pasangannya setiap hari. Ketika pasangan tidak menyadari apa yang dialami pasangannya hanya karena mereka tidak menghabiskan banyak waktu bersama seperti pasangan tradisional, ini dapat menimbulkan kekhawatiran dan asumsi.

Menurut Study of Long Distance Relationships, pasangan jarak jauh lebih khawatir tentang perselingkuhan daripada pernikahan tradisional. Jadi, ketika transparansi bukan standar dalam hubungan mereka, ini dapat menambah lebih banyak kekhawatiran dan lebih banyak pemutusan hubungan.

Transparansi bisa dalam bentuk memberi tahu pasangan Anda ke mana Anda pergi, dengan siapa Anda menghabiskan waktu, untuk apa Anda menghabiskan uang, atau apa yang Anda komunikasikan di media sosial. Penting untuk dicatat bahwa ini bukan tentang meminta izin atau dikendalikan oleh pasangan Anda, tetapi mempertimbangkan perasaan pasangan Anda dan tidak membiarkan rasa tidak aman berkembang.

7. Batas Sehat dengan Teman

Faktanya adalah bahwa pasangan jarak jauh tidak akan menghabiskan waktu bersama sebanyak pasangan tradisional hanya karena perpisahan fisik mereka. Ini tidak berarti bahwa saat berpisah Anda harus mengisolasi diri secara sosial. Faktanya, menurut sebuah penelitian, orang-orang yang menjalani pernikahan jarak jauh cenderung mengisolasi diri dari orang lain dan fokus pada pekerjaan untuk mengurangi rasa kesepian yang mungkin mereka rasakan.

Penting bagi orang untuk memiliki kehidupan sosial yang sehat dan sistem pendukung meskipun mereka tidak dapat bersama pasangannya. Karena itu, penting untuk memiliki batasan yang sehat dengan orang-orang yang menghabiskan waktu bersama Anda saat jauh dari pasangan.

Misalnya, pasangan Anda harus tahu orang-orang yang menghabiskan waktu bersama Anda serta apa yang Anda lakukan dengan mereka. Juga, orang-orang yang menghabiskan waktu dengan Anda harus memiliki rasa hormat yang sama terhadap pernikahan Anda dan tidak memaksakan batasan apa pun yang mungkin tidak menghormati pasangan Anda.

8. Kejutan

Mengejutkan pasangan Anda sangat penting dalam hubungan apa pun, dan itu sama pentingnya dalam pernikahan jarak jauh. Ini bisa menjadi rumit bagi pasangan yang dipisahkan oleh jarak dan membutuhkan kreativitas dan perencanaan untuk diterapkan.

Kejutan—karena tidak diminta dan tidak terduga—menyampaikan pesan kepada pasangan Anda bahwa Anda memikirkannya dan bahwa Anda meluangkan waktu dan usaha untuk menunjukkannya. Kejutan ini tidak harus mahal atau boros. Faktanya, gerakan kecil itulah yang tampaknya paling berarti.

Misalnya, klien ingin mengejutkan istrinya yang bepergian untuk bekerja dan mengatur agar permen favoritnya dikirim ke kamar hotelnya. Klien lain mengatur agar pasangannya dibawa ke fasilitas skydiving dalam ruangan untuk merayakan ulang tahunnya. Gerakannya bisa tidak ada habisnya dan pada akhirnya membayar dengan imbalan besar.

Pikiran Akhir

Setiap jenis pernikahan menghadapi tantangan khusus yang unik untuk situasi mereka, dan pernikahan jarak jauh tidak terkecuali. Pasangan harus menyadari bahwa pernikahan membutuhkan pekerjaan dan pernikahan jarak jauh menghadapi hambatan yang tidak harus dihadapi oleh pernikahan tradisional.

Penting bagi pasangan yang dipisahkan oleh jarak untuk mengakui keterbatasan mereka dan beradaptasi dengan cara baru untuk terhubung satu sama lain untuk terus mengembangkan hubungan mereka. Dengan cara ini, pernikahan jarak jauh dapat memastikan hubungan yang lebih dekat dengan pasangan mereka dan menjangkau satu sama lain di seluruh perbedaan.

***
Solo, Minggu, 13 Februari 2022. 8:58 pm
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB

Terpopuler

Puisi Kematian

Oleh: sucahyo adi swasono

Sabtu, 13 April 2024 06:31 WIB