10 Tips Sukses Untuk Freelancer Pemula - Urban - www.indonesiana.id
x

Nando Rifky

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2020

Jumat, 25 Maret 2022 09:37 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • 10 Tips Sukses Untuk Freelancer Pemula

    Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan sebagai freelancer pemula

    Dibaca : 1.661 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Freelancing bisa menjadi hal yang sulit untuk dipecahkan pada awalnya, tetapi begitu Anda menguasai beberapa keterampilan, itu menjadi lebih mudah.

    Ada begitu banyak freelancer di luar sana yang mencari lowongan kerja freelance di berbagai platform, seperti salah satunya Jooble. Untuk memulai dengan langkah yang benar, terapkan beberapa tips freelancer di bawah ini.

    1. Lakukan Riset dengan Baik dan Perhatikan Kompetisi

    Selalu ada persaingan, orang-orang yang sangat pandai lepas yang bisa menjatuhkan Anda . Melihat dari dekat apa yang dilakukan orang lain, akan membantu Anda berlayar.

    Terlalu sering klien yang mencari pekerja lepas tidak memiliki bank data pusat untuk menemukan Anda atau pekerja lepas lainnya. Anda harus berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat.

    Anda dapat dengan mudah membedakan diri Anda dari pesaing Anda dengan memiliki kepribadian yang menarik , dan kehadiran digital yang menonjol dari yang lain. Anda mencapai ini dengan memberikan pekerjaan yang lebih baik daripada apa pun yang dilakukan pesaing Anda.

    Bahkan ketika Anda memiliki pengalaman atau tidak sama sekali, tugas Anda adalah tampil lebih baik daripada orang lain di bidang Anda, baik dalam pekerjaan yang Anda lakukan, maupun cara Anda bertindak. Tapi bagaimana Anda tahu apa yang sebenarnya dilakukan pesaing Anda? Apa yang mereka lakukan? Jaga agar teman-teman Anda tetap dekat, dan bertemanlah dengan musuh-musuh kita.

    Bagikan, perdagangkan, dan tukarkan apa yang Anda dapat dari pengetahuan Anda sendiri, lalu terus lakukan dengan lebih baik.

    2. Memiliki Rencana Tindakan

    Freelancing tidak menyenangkan sebagai permainan tangan-ke-mulut. Jangan pernah meremehkan waktu yang digunakan untuk merencanakan. Sebuah rencana bisa menjadi sederhana seperti memutuskan apa langkah Anda selanjutnya .

    Rancang dan rancang ulang rencana bisnis pribadi dengan cermat , termasuk persyaratan keuangan, sasaran, dan bagaimana Anda benar-benar dapat mewujudkannya ke dalam tindakan.

    Tidak ada yang memilih jalan ini dengan tujuan hidup di ujung tombak finansial. Jangan menjadi orang bodoh, buka mata Anda, ketahui batasan Anda, dan rencanakan dengan tepat.

    Menjadi pekerja lepas yang cerdas tidak mudah, tetapi juga bukan sesuatu yang metafisika atau ilmu roket. itu dalam genggaman Anda.

    Gunakan rencana tindakan Anda untuk mengembangkan jaringan Anda. Ini menciptakan kesempatan untuk belajar, meningkatkan, dan menyempurnakan keterampilan. Rencana tindakan akan menyelamatkan Anda dari frustrasi.

    3. Hubungi Kontak Anda

    Klien membutuhkan waktu untuk berkembang. Jangan menempatkan diri Anda dalam posisi untuk melakukan pekerjaan "dalam seminggu", ketika diskusi yang Anda perlukan untuk memulai mungkin memakan banyak waktu.

    Semakin banyak pengalaman, kontak, dan referensi yang Anda miliki ketika Anda menempuh jalur lepas, semakin mudah membuat jeda terakhir dari pekerjaan Anda.

    Membangun jaringan dan mencari pekerjaan adalah dua sisi mata uang yang sama. Tidak ada kata terlambat untuk mulai menjangkau orang-orang dan memperluas jaringan Anda .

    Jika Anda sudah memiliki pekerjaan untuk ditunjukkan atas upaya Anda, penjangkauan Anda akan lebih jauh. Jaga diri Anda tetap segar di benak orang-orang dan jadilah orang yang mereka kunjungi saat mereka membutuhkan seorang profesional di bidang Anda.

    4. Bangun Merek Pribadi Anda

    Sebagai seorang freelancer, Anda adalah merek yang harus terkenal dan terlalu sering diperbarui. Ketika Anda menjual layanan Anda, Anda sebenarnya menjual diri Anda sendiri.

    Kepribadian Anda penting.

    Dengan LinkedIn, setiap detail pengalaman Anda, setiap pekerjaan relevan yang pernah Anda miliki, disimpan secara online. Ada platform lain seperti twitter, Facebook, yang dapat membantu Anda membangun portofolio Anda.

    Media sosial akan membantu Anda menjual merek Anda kepada klien potensial. Memulai secara online, memahami siapa yang penting bagi bisnis Anda, mendahului acara offline dengan terhubung dengan orang-orang melalui Twitter, dan memanfaatkan koneksi LinkedIn ke dalam rapat untuk minum kopi.

    Jika Anda menggabungkan merek digital yang kuat dengan bertemu orang secara langsung, Anda akan mudah terhubung.

    Tetap fokus, tetap tertarget, dan bicaralah dengan setiap koneksi baru seolah-olah mereka adalah teman terbaik Anda.

    Memiliki situs web lepas Anda adalah nilai tambah. Ini karena Anda dapat dengan mudah menampilkan proyek terbaru Anda, menyoroti sebutan terbaru Anda, serta menerima pembayaran langsung dari situs web Anda.

    5. Memiliki Kartu Nama Freelancing

    Keluarlah, bagikan kartu nama, dan cari teman. Dalam hal membangun merek Anda, Anda akan bertemu orang-orang luar biasa dan klien potensial. Kartu nama menjadi alat yang sangat penting untuk mengatakan, "Hei, saya pikir Anda luar biasa, bisakah kita terhubung?"

    6. Reputasi adalah Kuncinya!

    Setiap kontak penting, dan reputasi adalah kuncinya. Sebagai catatan, atasan Anda saat ini adalah link terkuat Anda ke pekerjaan pertama Anda sebagai pekerja lepas.

    Jika pekerjaan Anda sama sekali terkait dengan apa yang Anda rencanakan, mereka mungkin adalah klien pertama Anda. Jika Anda memiliki bos yang tahu segalanya, itu adalah tempat terbaik untuk memulai.

    Namun Anda harus memiliki reputasi yang kuat dengan atasan Anda agar ini berhasil.

    7. Dapatkan Mentor

    Yakinkan calon mentor Anda bahwa Anda sepadan dengan sedikit waktu dan usaha, dan tentu saja mereka dapat memberikan Anda klien pertama setelah hanya beberapa minggu dan Anda akan resmi sesuai jadwal dan menghasilkan uang.

    Baik itu bos Anda, profesor, paman, sopir budak, atau pria tunawisma dengan nasihat yang baik, bersikap akomodatif, bersyukur dan bersedia bekerja Anda untuk selalu bekerja ekstra untuk kesempatan melakukan apa yang Anda sukai .

    8. Bergabung dengan Asosiasi Profesional

    Untuk menemukan organisasi di daerah Anda, mulailah dengan sahabat Anda Google dan jangan lupa untuk meminta teman dan kolega Anda yang sebenarnya untuk rekomendasi mereka.

    Sebagian besar industri memiliki asosiasi profesional; ada baiknya untuk meneliti yang ada di bidang Anda, untuk melihat apakah iuran keanggotaan disertai dengan akses ke  papan pekerjaan khusus , saran karier, pendidikan, atau dukungan lainnya.

    9. Jaringan untuk Pekerjaan

    Majikan lebih bersedia memberi Anda kesempatan jika Anda datang direkomendasikan oleh seseorang yang sudah mereka kenal dan percayai.

    Bagaimana Anda memulai jaringan? Jika Anda bersosialisasi dengan kolega sekarang atau mantan atau siapa pun di industri Anda, Anda membuat dan menjalin koneksi yang akan membantu Anda menemukan pekerjaan, lepas, atau lainnya. Tujuan Anda sekarang adalah menjaga mata dan telinga Anda terbuka untuk peluang.

    Jangkau dan bangun yang kuat dengan pekerja lepas lokal lainnya yang membunuhnya di industri ini.

    10. Manfaatkan Kekuatan Media Sosial

    Anda dapat memanfaatkan kehadiran media sosial yang ada dengan mengumumkan secara diam-diam ke koneksi tertentu bahwa Anda sedang mencari pekerjaan, atau memposting pemberitahuan umum di profil Anda sendiri bahwa Anda sekarang menerima klien lepas.

    Jejaring sosial favorit Anda dapat berupa situs web pribadi Anda, iklan gratis, semuanya dalam satu.

    Ada beberapa cara freelancer dapat menggunakan  media sosial untuk mendapatkan klien baru,  tetapi Anda harus melakukannya dengan benar.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.