6 Fakta Menarik MotoGP Mandalika 2022 - Olah Raga - www.indonesiana.id
x

Kalena Efris

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 24 Maret 2022

Sabtu, 26 Maret 2022 12:34 WIB

  • Sport
  • Topik Utama
  • 6 Fakta Menarik MotoGP Mandalika 2022

    Mulai dari aksi Rara sang pawang hujan hingga Marc Marqyez yang terjatuh, ini 6 fakta menarik MotoGP Mandalika 2022 yang harua kamu baca!

    Dibaca : 1.444 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Setelah terakhir kali digelar pada Tahun 1997, MotoGP akhirnya kembali digelar di Indonesia pada tahun 2022 ini, dimana ini berarti Indonesia kembali sebagai tuan rumah balapan MotoGP setelah vakum selama 25 tahun.

     

    Ini merupakan penantian yang lama bagi pecinta MotoGP.  Sebelumnya pada tahun 1996 dan 1997 Indonesia pernah menjadi tuan rumah gelaran MotoGP bertajuk Marlboro Grand Prix di Sirkuit Sentul. Tahun tersebut saya dan teman-teman masa kecil ikut nimbrung bapak-bapak yang nobar MotoGP di salah satu rumah warga.

    Sirkuit Mandalika

    Pada tahun tersebut memang tidak semua warga memiliki televisi, tapi hal itu justru jadi keseruan tersendiri saat menonton bersama dan teriak-teriak bersama. Keseruan tersebut menjadi awal mula saya jadi suka menonton MotoGP hingga sekarang.

     

    Tahun ini MotoGP (secara resmi bernama Pertamina Mandalika International Street Circuit) digelar di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Bisa dibilang, sirkuit ini cukup jauh kalau dari Ibu Kota Indonesia. Namun, dipilihnya Mandalika tentu bukan tanpa alasan.

     

    Setelah selesainya perhelatan MotoGP pada 18 Maret - 20 Maret lalu, diharapkan bisa meningkatkan minat turis mancanegara maupun warga lokal untuk datang ke Mandalika. Ketika ada ajang balapan, tentunya sirkuit Mandalika akan ramai dan akan berimbas kepada meramaikan wisata lainnya disekitaran sirkuit Mandalika.

     

    Ada beberapa kejadian MotoGP tahun ini yang menurut saya menarik untuk dibaca. Apa saja? berikut 6 fakta menarik MotoGP Mandalika 2022 :

     

    1. Miguel Oliveira Menjadi Pemenang Perdana di MotoGP Mandalika

    Saya sama sekali tidak memprediksi jika Miguel Oliveira akan menjadi pemenang di MotoGP kali ini. Mengacu pada hasil yang didapatkan El Diablo saat jadi yang terbaik di FO2 dan kualifikasi, Saya memprediksikan Quartataro memiliki kesempatan untuk menjadi juara di seri ini. Ditambah hasrat Quartararo untuk menang yang juga besar karena meraih hasil tak memuaskan di seri perdana.

    Miguel Oliveira, Pemenang MotoGP Mandalika 2022

    Namun ternyata Miguel Oliveira berhasil tampil ciamik dalam balapan yang berlangsung. Dengan memulai balapan dari posisi ketujuh, pembalap KTM Red Bull tersebut berhasil keluar sebagai pemenang dan mengukir sejarah baru dengan menjadi pembalap MotoGP pertama yang menang di Sirkuit Mandalika.

     

    2. Dedikasi Juara untuk Risman

    Pada balapan MotoGP Mandalika 2022, pembalap dari tim Red Bull KTM, Miguel Oliveira, berhasil meraih podium pertama Pertamina Grand Prix of Indonesia yang merupakan seri kedua Kejuaraan Dunia MotoGP 2022.

     

    Yang menarik buat saya adalah saat kemenangan Olivera tersebut yaitu selain untuk keluarganya, kemenangan tersebut juga ia dedikasikan untuk Risman, staf hotel tempat Miguel Oliveira menginap selama di Lombok.

    Miguel Oliveira dan Guide Risman

    Oliveira mengaku sangat berterima kasih kepada Risman karena sudah membantu dan terus memberi dukungan selama di Lombok.

     

    "Saya juga ingin mendedikasikan kemenangan ini untuk Risman, staf hotel tempat saya menginap. Dia sangat percaya bahwa saya bisa meraih kemenangan di sini,"

     

    "Hei Risman, kemenangan ini untukmu," sambungnya.

     

    3. Aksi Rara Pawang Hujan

    Sosok Rara Istiwulandari, Sang Pawang Hujan menjadi sorotan karena ritual unik yang ia lakukan saat hujan berlangsung sebelum balapan MotoGP Mandalika 2022 digelar.

     

    Hujan deras tiba-tiba datang dan trek pun digenangi air. Pengarah balap sampai beberapa kali mengitari lintasan untuk memantau keadaan lintasan menggunakan mobil, hingga akhirnya panitia lokal menurunkan bantuan pawang hujan.  Uniknya, sesaat setelah pawang hujan tersebut melakukan ritual sambil membawa Singing Bowl, hujan berangsur reda.

    Rara Sang Pawang Hujan

    Sontak, saja aksi Rara di Sirkuit Mandalika itu menarik perhatian para pebalap dan kru serta para penonton. Sebenarnya kepercayaan pawang hujan ini sudah ada di masyarakat sejak dulu, bahkan tidak sedikit yang masih percaya dengan pawang hujan dan dicari hingga kini, seperti menggunakan jasa pawang hujan saat melaksanakan pernikahan atau kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan orang banyak.

     

    4. Petir Sambar Sirkuit Mandalika

    Petir sempat menyambar salah satu tikungan di Sirkuit Mandalika saat balapan ditunda karena hujan deras. Bahkan dalam satu video terekam sebuah petir yang menyambar area Sirkuit Mandalika.

    Petir di MotoGP Mandalika

    Kilatan petir yang menyambar area sirkuit diperkirakan cukup kuat, karena terlihat percikan api yang muncul di tempat sambaran.

     

    5. Marc Marquez Gagal Ikut Balapan di Sirkuit Mandalika

    Sebelum akhirnya beralih mengidolakan Quartataro, saya termasuk salah satu orang yang memprediksi bahwa Marc Marquez akan memenangkan MotoGP Mandalika 2022.

    Marc Marquez

    Namun ternyata Repsol Honda Marc Marquez dipastikan tidak mengikuti balapan karena mengalami cedera di kepala usai kecelakaan.

     

    Melihat dari cuitan akun resmi MotoGP, pembalap asal Spanyol tersebut diduga gegar otak usai kecelakaan saat pemanasan dan harus absen dalam balapan penting di Sirkuit Mandalika.

     

    6. Mandalika Setelah MotoGP

    Tidak perlu bersedih hati MotoGP Mandalika sudah selesai. Gelaran MotoGP ini memang yang pertama di Kuta Mandalika, namun setelah selesainya gelaran MotoGP tahun ini, kita masih memiliki 9 kali lagi perhelatan sesuai kontrak 10 tahun yang dimiliki Indonesia.

     

    Setelah digunakan sebagai tuan rumah MotoGP, sirkuit Mandalika akan kembali menjadi tuan rumah ajang balap internasional pada tahun 2022 ini.

     

    Dikutip dari kalendar even GT World Challenge Asia, sirkuit Mandalika akan jadi ajang balap mobil sport ini. Rencananya, balap GT World Challenge Asia di Sirkuit Mandalika akan digelar pada 21-23 Oktober 2022. Balapan GT World Challenge Asia di Sirkuit Mandalika menjadi seri terakhir ajang balapan ini atau seri keenam balapan GT World Challenge Asia.

     

    Tentu ini membutuhkan konsistensi pelayanan yang sudah baik dan memperbaiki pelayanan yang dirasa kurang pada MotoGP Mandalika 2020.

     

    Berkacamata dari MotoGP Mandalika 2020, kerjasama dengan pihak luar yang berkaitan dengan sponsor, pemasaran, pemberitaan, dll perlu dilakukan. Pada Moto GP Mandalika 2022 tercatat ada 15 perusahaan yang berkomitmen menjadi sponsor gelaran MotoGP di Mandalika ini. Di antaranya adalah PT Pertamina (Persero) untuk track naming right serta PT Telkom Indonesia, PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk., PT Bank Mandiri (Persero), Tbk., PT PGN Tbk. sebagai venue partner, PT GoTo Gojek Tokopedia, dan PT PP (Persero) sebagai main sponsor, serta Aprillia Indonesia, Astra Honda Motor, J&T Express, PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk., TDR High Performance Technology, RCB (Racing Boy) dan KYT Helmet sebagai supporting sponsor.

     

    Selain kenyamanan di area sirkuit, kenyamanan wisatawan yang mengunjungi destinasi wisata di Mandalika juga perlu menjadi perhatian. Pemerintah dan pihak-pihak terkait harus memikirkan ketersediaan fasilitas di Mandalika seperti penginapan yang nyaman dan layak, juga layanan transportasi yang mudah dijangkau.

     

    Selain itu, koneksi internet juga harus stabil supaya wisatawan tetap bisa melakukan berbagai aktifitas internet di Mandalika. Mengingat wisatawan yang datang tidak hanya yang sekedar menonton langsung di sirkuit. Di era modern seperti sekarang wisatawan akan cenderung membagikan keseruannya dengan membagikannya ke sosial media bahkan saat menonton balapan di sirkuit sedang berlangsung.

     

    Saya dengar saat Moto GP Mandalika 2022 ada banyak program yang diselenggarakan IndiHome untuk para pelanggannya, seperti Tiket Gratis Nonton MotoGP, dan Special Reward Pelanggan HVC (High Value Customer). Selama MotoGP Mandalika 2022, wisatawan juga dimanjakan dengan WiFi gratis tingkat tinggi.

     

    Selain meningkatkan pelayanan dan fasilitas, Mandalika juga bisa mengandalkan wisata alam sebagai penjualan utama. Di sekitar kawasan Mandalika, wisatawan bisa menemukan sejumlah tempat wisata alam mulai dari perbukitan hingga pantai.



    Berdasarkan Market in Minutes Savills Research, Mandalika terletak di sepanjang garis pantai selatan Pulau Lombok, dimana pantai-pantai tersebut terkenal di kalangan peselancar karena air jernih, ombak besar, dan lingkungan yang belum terjamah.

     



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.