Pola Asuh dengan Kecemasan Dapat Membuat Moms Menjadi Super Mom

Sabtu, 16 April 2022 17:01 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pandemi Covid-19 menyebabkan semua orang merasa berada dalam ketidakpastian. Muncul depresi dan selalu was-was. Juga dalam hal mengasuh anak. Protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah mau tidak mau mempengaruhi kebebasan bermain para bocah. Mereka tak bisa berkreasi, bersosialisasi juga dalam belajar. Para Moms lebih khawatir dan ekstra hati-hati. Tetapi percaya atau tidak, orang tua yang mengasuh anak dengan lebih hati-hati akan membuatmu menjadi “orang tua super”?

Menjadi orang tua di masa pandemi ini penuh dengan tantangan. Selain karena protokol kesehatan dari pemerintah yang membatasi orang dalam bepergian, orang tua harus beradaptasi dengan kebiasaan baru seperti sekolah online, kebersihan yang harus ekstra dijaga, penggunaan masker terus-menerus, perubahan suasana hati anak karena bosan di rumah, dan masih banyak lainnya.

Banyak orang tua diluar sana yang menganggap mereka tidak cukup baik dalam mengasuh anak.  Kecemasan pun mulai muncul, kecemasan akan rasa takut jika terkena Covid-19, kecemasan akan kapan berakhirnya pandemi ini, kecemasan akan kesehatan keluarga terdekat dll. Rasa cemas ini jika dikelola dengan manajemen yang baik dapat membuatmu menjadikan seseorang sebagai Super Parent.  Super dalam mengasuh anak, super dalam mengurus rumah dan tentunya super dalam menata emosi.

Jika Moms berada atau pernah dalam situasi seperti ini berarti Moms adalah Super Mom!

Tips cara menghilangkan rasa cemas dan takut berlebihan

Seperti dibahas sebelumnya kecemasan yang dikelola dengan baik dapat menjadi suatu yang positif dan bahkan menjadikan Moms “Super Mom!”, akan tetapi jika kecemasan berlebihan yang tidak segera dikelola dapat menciptakan energi negatif yang berdampak buruk pada diri sendiri maupun orang di sekitar kita. Nah jangan khawatir Moms, berikut vitamin untuk menghilangkan rasa cemas Moms:

  • Membaca buku favorit Moms.
  • Bersiul atau menyenandungkan lagu favorit.
  • Minum air putih secukupnya.
  • Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan.
  • Menggambar atau mewarnai.
  • Berolahraga.
  • Temukan tempat yang tenang, tutup mata Moms dan hitung sampai sepuluh. Terus ulangi ini sampai Moms merasa lebih tenang.
  • Tulis sebuah cerita.
  • Bayangkan tempat yang membuat Moms senang.
  • Temukan benda favorit yang bisa membantu menenangkan Moms, seperti fidget toys, gambar atau foto.
  • Rilekskan tubuh Moms dan nikmatilah setiap detik ketika Moms bersantai.
  • Habiskan waktu bersama teman Moms.
  • Dengarkan buku audio atau lagu favorit Moms.

Kecemasan tidak hanya menyerang orang dewasa, si kecil juga bisa merasakan kecemasan baik itu kecemasan yang berasal dari Moms maupun kecemasan karena faktor yang lain. Oleh karena itu Moms juga disarankan untuk lebih memperhatikan dan lebih peka terhadap perubahan suasana hati si kecil, karena semakin awal Moms mengetahui ada yang berbeda dengan si kecil, semakin mudah kecemasan dapat diatasi.

Dilansir dari Twinkl, berikut contoh permainan sederhana yang dapat membantu menjernihkan pikiran dan si buah hati bisa benar-benar fokus pada saat ini:

Permainan yang seru dan menyenangkan

  • Mengoper Balon

Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengoper balon dari dagu ke dagu atau dari lutut ke lutut sepanjang garis. Anak-anak harus berusaha untuk tidak menyentuhnya dengan tangan mereka (kecuali mereka menjatuhkannya). Tim pertama yang mengopernya dari depan garis ke belakang lagi menang.

  • Juggle Beanbag

Dengan satu beanbag (sekantong kacang), mulailah mengembangkan keterampilan melempar dan menangkap dengan satu tangan. Setelah si kecil nyaman dengan ini, tambahkan beanbag kedua dan berlatih mengoper dua beanbag ke tangan yang berlawanan. Saat anak sudah mulai menguasai, tambahkan beanbag ketiga. Tantangannya adalah waktu. Setiap tas harus dilemparkan satu demi satu dan sebelum yang berikutnya ditangkap.

Permainan yang menenangkan dan menyenangkan

  • Meniup Gelembung

Ini adalah cara yang bagus untuk memperlambat segalanya - bahkan untuk anak yang lebih tua. Gelembung dapat memikat si kecil dengan sangat cepat. Ajak si kecil untuk mengamati warna dan bentuk gelembung. Pastikan si kecil menarik napas dalam-dalam dan perlahan-lahan menghembuskan napas saat meniup gelembung.

  • Tebak Benda

Tempatkan benda pilihan dari berbagai tekstur ke dalam kotak contoh: lendir, laba-laba plastik, irisan melon, dll. Buat lubang di bagian atas sehingga memungkinkan tangan si kecil untuk meraih ke dasar kotak. Ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan dan mengasyikkan, mintalah setiap anak untuk memasukkan tangan ke dalam kotak dan merasakan sesuatu tanpa melihat atau mengeluarkannya. Minta mereka menjelaskan dan tebak apa yang mereka sentuh.

Nah itu dia beberapa tips tentang cara mengatasi kecemasan dan merubahnya menjadi hal yang positif untuk Moms dan keluarga di rumah, semoga bermanfaat!

Bagikan Artikel Ini
img-content
Liana M Oguz

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
img-content
Lihat semua