x

Photo by Magda Ehlers from Pexels

Iklan

Liana M Oguz

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 11 Maret 2022

Jumat, 11 Maret 2022 17:23 WIB

Contoh Alat Permainan Edukatif PAUD

Rekomendasi permainan edukatif untuk anak usia dini

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dijaman era digital ini, banyak sekali ide-ide permainan yang bermanfaat untuk anak usia dini di internet. Tetapi bagaimana cara kita untuk memilih dengan cermat untuk anak kesayangan? Perlu kita ketahui bahwa pendidikan anak di usia dini sangat berperan penting dalam perkembangan psikis dan fisik anak di kemudian hari.

Anak pertama kali berinteraksi dengan orang terdekat di sekitarnya seperti orang tua, saudara atau bahkan pengasuh. Dalam tahap ini lah mereka mulai meniru dan menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang mereka lihat sehari-hari. Oleh karena itu alangkah baiknya jika kita bisa memulai pendidikan sedini mungkin ke anak kesayangan kita, pendidikan di sini bukan berarti seperti belajar di sekolah, berhitung, meghapal atau lain sebagainya melainkan permainan edukatif.

Nah dalam artikel ini, akan membahas berbagai macam rekomendasi permainan edukatif untuk anak usia dini yang mudah-mudah dapat bermanfaat untuk para orang tua dan pendidik, yuk mari kita baca bersama!

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

1. Permainan Trust Fall

Permainan ini untuk bayi berusia sekitar 6-12 bulan yang sudah bisa duduk. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengenalkan kepercayaan bayi terhadap orang terdekatnya. Caranya  sangat mudah dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Kita cukup mendudukan si mungil di sofa atau tepian yang tidak terlalu tinggi dari lantai dan berada di area aman jangkauan kita. Lalu kita duduk di lantai lalu membuka kedua tangan kita seolah-olah membujuk si mungil untuk terjun ke pelukan kita. Lihat reaksi pertama dari si mungil, jika dia senang dan ingin melakukannya lagi maka lakukanlah berulang kali dan kita bisa melakukannya dengan ditemani oleh pasangan kita. Dengan demikian kita juga bisa mengamati pilihan si mungil untuk jatuh ke pelukan siapa, Anda atau pasangan Anda? Jangan lupa siapkan kamera karena reaksi pertama dari permainan ini sangatlah menggemaskan. 

2. Permainan Mengenal Suhu dan Warna

Permainan ini untuk mendorong eksplorasi tentang konsep awal suhu dan warna di tahun-tahun awal pertumbuhan bayi bertujuan untuk  menciptakan pengalaman indrawi yang penuh dengan hal-hal untuk disentuh, dirasakan, dan dijelajahi semuanya berdasarkan tema panas dan dingin. 

Siapkan:

Air, pewarna makanan, baki es batu atau tas, botol, tas bening ziplock, lakban, pita, payet dan glitter.

Cara: 

1. Masukkan air ke dalam cangkir lalu tambahkan beberapa tetes pewarna makanan dan aduk. Tuangkan air berwarna ke dalam nampan atau kantong es batu. Ulangi dengan warna yang berbeda dari pewarna makanan dan biarkan setidaknya 24 jam untuk membekukan.
2. Tambahkan payet dan glitter ke tas ziplock. Tambahkan 5 atau 6 es batu ke dalam kantong juga. Keluarkan sebanyak mungkin udara dari kantong.
3. Tutup tas dan rekatkan bagian atas tas dengan lakban agar air dan glitter tidak merembes keluar.
4. Kemudian kesenangan dimulai. Dapatkah anak-anak memindahkan es batu di sekitar tas? Bisakah mereka melihat es batu mencair? Saat es batu mencair, warna akan bercampur, menghasilkan warna baru. Warna baru apa yang bisa mereka lihat?

*Selalu dampingi si mungil saat bermain, dan pastikan si mungil tidak memasukan es atau benda-benda lainnya ke dalam mulut.

3. Permainan Sensorik Suara 

Permainan menarik ini untuk mengeksplorasi suara di tahun-tahun awal si mungil dan merangsang perkembangan sensorik motorik pada bayi dan anak kecil. 

Siapkan :

Botol yang tidak transparan (agar anak fokus pada suara bukan lainnya), bahan-bahan kecil metal seperti mur-baut, kacang-kacangan, lem yang sangat kuat dan lakban

Cara:

1. Isi botol dengan bahan metal (jangan penuh-penuh)

2. Tutup botol dan segel dengan lem yang sangat kuat dan tambahkan lekban untuk perlindungan ekstra.

3. Kocok dan putar botol, lalu dengarkan ke si mungil bunyi cling clang dari dalam botol.

Ada juga permainan online pengenalan suara yang dapat merangsang indra pendengaran si mungil dan mengenal suara-suara di sekitar kita. . 

Untuk para pendidik atau guru anak usia dini dapat menemukan ide-ide bermain sambil belajar di Twinkl. Semoga bermanfaat!

4. Bermain di Rumput

Bermain di rumput dapat membantu merangsang sensori bayi, biarkan bayi menarik-narik rumput untuk merangsang motoriknya. Sederhana bukan? Selamat bermain dengan si mungil!

Ikuti tulisan menarik Liana M Oguz lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Terpopuler

Biomorfik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu