x

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Rabu, 18 Mei 2022 12:56 WIB

Hari Museum Internasional 2022: Ingin Mengubah Dunia

Museum sebagai pengarsip kepurbakalaan mewariskan informasi yang kaya tentang bangsa. Museum adalah rumah peradaban, tempat para penghuninya menyaut nilai fisik dan non-fisik daripara leluhur.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Museum memiliki kekuatan untuk mengubah dunia di sekitar kita. Sebagai tempat penemuan yang tak tertandingi, mereka mengajari kita tentang masa lalu kita dan membuka pikiran kita terhadap ide-ide baru — dua langkah penting dalam membangun masa depan yang lebih baik.

 

Kekuatan Museum

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Hari Museum Internasional (International Museum Day) dirayakan dunia setiap tanggal 18 Mei.  Acara yang diselenggarakan oleh Dewan Museum Internasional sejak tahun 1977 dihelat untuk meningkatkan kesadaran bahwa “museum adalah sarana penting pertukaran budaya, pengayaan budaya dan pengembangan saling pengertian, kerjasama dan perdamaian di antara masyarakat.

Dalam press release https://imd.icom.museum/press/press-releases/# helat Hari Museum Internasional (International Museum Day)  2002 mengambil tema “kekuatan Museum”. Niatan sesuai perhelatan ini adalah  ingin menggali potensi museum untuk membawa perubahan positif di komunitas mereka melalui tiga lensa.

Pertama, Kekuatan mencapai keberlanjutan.

Museum adalah mitra strategis dalam implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa. Sebagai aktor kunci dalam komunitas lokal mereka, mereka berkontribusi pada berbagai tujuan, yang mencakup pengembangan arus pendek dan ekonomi sosial dan penyebaran informasi ilmiah tentang tantangan lingkungan.

Kedua, Kekuatan berinovasi dalam digitalisasi dan aksesibilitas.

Museum telah menjadi tempat bermain yang inovatif. Dalamkaitan ini, peran  teknologi baru dapat dikembangkan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Inovasi digital dapat membuat museum lebih mudah diakses dan menarik, membantu audiens memahami konsep yang kompleks dan bernuansa.

Ketiga, Kekuatan membangun komunitas melalui pendidikan.

Melalui koleksi dan programnya, museum menjalin tatanan sosial yang penting dalam pembangunan komunitas. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan memberikan kesempatan belajar seumur hidup bagi semua, mereka berkontribusi untuk membentuk masyarakat sipil yang terinformasi dan terlibat.

 

Fungsi Museum di Indonesia

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 1995  yang dimuat dalam Pedoman Museum Indoneisa  (2008)  museum memiliki tugas menyimpan, merawat, mengamankan dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya. Dengan demikian museum memiliki dua fungsi besar yaitu: sebagai tempat pelestarian, dan sumber informasi, museum melaksanakan kegiatan pemanfaatan melalui penelitian dan penyajian.

Sebagai tempat pelestarian, museum harus melaksanakan   penyimpanan, yang meliputi pengumpulan benda untuk menjadi koleksi, pencatatan koleksi, sistem penomoran dan penataan koleksi, perawatan, yang meliputi kegiatan mencegah dan menanggulangi kerusakan koleksi, pengamanan, yang meliputi kegiatan perlindungan untuk menjaga koleksi dari gangguan atau kerusakan oleh faktor alam dan ulah manusia.

 

Sebagai sumber informasi, museum melaksanakan kegiatan pemanfaatan melalui penelitian dan penyajian, melaksanakan penelitian demi mengembangkan kebudayaan nasional, ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Museum yang terdapat di Indonesia dapat dibedakan melaui beberapa jenis klasifikasi, yakni sebagai berikut berdasarkan koleksi, kedudukan, dan lokal. Jenis museum berdasarkan koleksi yang dimiliki, yaitu terdapat dua jenis yakni museum Umum.Pada museum ini koleksinya terdiri dari kumpulan bukti material manusia dan atau lingkungannya yang berkaitan dengan berbagai cabang seni, disiplin ilmu dan teknologi.  Museum Khusus. Pada museum ini koleksinya terdiri dari kumpulan bukti material manusia atau lingkungannya yang berkaitan dengan satu cabang seni, satu cabang ilmu atau satu cabang teknologi.

 

Jenis museum berdasarkan kedudukannya, terdapat tiga jenis yaitu Museum Nasional, Museum Provinsi,dan Museum Lokal. Museum Nasional mengoleksi kumpulan benda yang berasal, mewakili dan berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari seluruh wilayah Indonesia yang bernilai nasional. Museum Propinsi koleksinya terdiri dari kumpulan benda yang berasal, mewakili dan berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari wilayah propinsi tempat museum berada. Museum Lokal, yakni museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan benda yang berasal, mewakili dan berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya dari wilayah kabupaten atau kotamadya dimana museum tersebut berada.

 

Menarik menyimak  Fitra Arda, pejabat Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (PCBM), Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yangmenyatakan, bahwa Museum tidak saja sebagai ruang tempat melestarikan kebudayaan dan edukasi tetapi sekaligus juga sebagai ruang rekreasi yang menyenangkan atau edutaiment.

 

Lebih jauh Firda  menjelaskan akan pentingnya museum bagi bangsa, terutama dalam upaya pelestarian dan pemajuan kebudayaan, terlebih dengan lahirnya Undang-undang Nomor 5 tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Peran museum bisa sebagai pelindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan Kebudayaan. Apalagi Indonesia adalah negeri majemuk, yang dibentuk oleh perjalanan sejarah yang panjang. Keragaman adalah kenyataan bagi masyarakat yang hidup di belasan ribu pulau, terdiri atas lebih dari seribu kelompok etnik, yang berbicara dalam ratusan bahasa. Semua  itu, buktinya bisa kita temukan di dalam museum.

 

Museum diharapkan hadir sebagai pilar atau ujung tombak dalam merawat kebinekaan Indonesia. Museum adalah rumah peradaban, tempat tumbuh dan berkembangnya kemampuan berpikir serta kreatifitas masyarakat.

 

Museum juga berfungsi sebagai pendorong tumbuhnya rasa bangga dan cinta tanah air atau nasionalisme, serta menjadi objek wisata yang mengedepankan unsur pendidikan dan pelestarian warisan budaya. Tak kalah penting, adalah menjadi pusat informasi dan dokumentasi warisan budaya bangsa. Itu sebabnya, penting akan hadirnya para tokoh museum, pengelola, dan pegiat museum berkumpul dan berpikir bersama untuk kemajuan museum Indonesia.

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler