Nelayan Subang Dibekali Ilmu Kewaspadaan oleh BMKG

Sabtu, 4 Juni 2022 19:55 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Guna meminimalisir terjadinya korban, dari bencana air laut. Ratusan nelayan di Kabupaten Subang, Jawa Barat, dibekali ilmu, oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Subang memberikan pemahaman kepada ratusan nelayan yang tergabung dalam Koprasi Unit Desa (KUD) Mina Fajar Sidik, Kecamatan Blanakan. 

Program edukasi itu dilaksanakan selama dua hari, Kamis-Jum’at kemarin (02-03 Juni 2022), di kantor Mina Fajar, Kecamatan Blanakan, Kabupaten Subang. Maksud tujuannya, agar para nelayan dapat memahami kondisi cuaca, ketika menangkap ikan dilaut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam sambutannya, Deputi BMKG Guswanto, M.Si  mengatakan, Penyuluhan ini sengaja dilakukan agar seluruh anggota nelayan dapat lebih meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati dalam mencari nafkah di laut, apalagi menjelang musim penghujan serta cuaca extrem tahun ini,” kata Guswanto.

Guswanto juga Berharap kepada para nelayan, untuk tetap menta’ati peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dalam hal ini Mentri Kelautan, khususnya untuk turut serta menjaga dan melestarikan ekosistem kekayaan laut indonesia, agar terjaga dengan baik, sampai ke anak-cucu kita, jelas Guswanto. 

Edukasi yang diberikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Subang itu bertujuan, agar para nelayan dapat lebih berhati-hati, dalam memaknai gelombang laut, arah mata angin.

Asissten  I Rahmat Efendi, Dalam Sambutanya. Mewakili Bupati Subang, mengucapkan terimakasih kepada Deputi BMKG Guswanto beserta jajaranya. Atas program penyuluhan yang diberikan kepada para nelayan KUD Mina Fajar.

“Dengan bekal tersebut diharapkan, aktivitas mereka (Para nelayan) dalam mencari ikan di laut, dapat lebih mengerti, dan bisa membedakan keadaan cuacah. Sehingga tidak terjebak dengan keadaan arus air laut yang dapat membahayakan nelayan,” kata Rahmat.

“Kegiatan penyuluhan yang dilakukan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Subang itu, dihadiri oleh sejumlah unsur di Kecamatan Blanakan, dan para Pengurus, serta anggota KUD Mina Fajar,” kata Ketua KUD Mina Fajar, Sidik Dasam, (Ujang Apih).

Bagikan Artikel Ini
img-content
djohan chan

Penulis Indonesiana

0 Pengikut

img-content

Permenaker Nomor 18 Digugat 9 Pengusaha ke MK

Sabtu, 10 Desember 2022 08:21 WIB
img-content

Serikat Petani Menolak Rencana Impor Beras 2023

Selasa, 29 November 2022 17:30 WIB

Baca Juga











Artikel Terpopuler