x

forcating

Iklan

Akhmad Fauzaan

Mahasiswa UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Bergabung Sejak: 21 Desember 2021

Selasa, 14 Juni 2022 17:29 WIB

Isu-isu Strategis MSDI

Artikel ini dibuat sebagai Tugas UTS Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Insani dengan Dosen Pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag M.M, CHCM

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

ISU-ISU STRATEGIS MSDI

Berbagai Isu terjadi dalam sebuah strategi MSDI. Kemudian dalam isu yang beredar memiliki keterbatasan SDM sebagai akibat ketidakseimbangan pertumbuhan angka SDM terhadap pasar tenaga kerja berkualitas. Hal itu menyebabkan munculnya beberapa persaingan dalam mendapatkan tenaga kerja profesional. Sehingga bermunculan beberapa isu-isu strategis dalam manajemen SDM.

A. Pengertian Isu-isu Manajemen Sumber Daya manusia

Isu-isu manajemen sumber daya manusia merupakan celah antara situasi saat ini dan situasi yang diharapkan. Celah tersebut merupakan peluang bagi karyawan untuk lebih berkontribusi secara efektif terhadap pencapaian strategi bisnis. Menurut Walker (1992), pendefinisian isu merupakan langkah awal dalam proses pemformulasian strategi sumber daya manusia dan juga penyelarasan kegiatan–kegiatan sumber daya manusia dengan prioritas bisnis.

Cara yang paling umum untuk mendefinisikan isu adalah menilai perubahan yang diharapkan terjadi, yaitu baik dari perubahan internal maupun eksternal yang ingin dicapai oleh manajemen atau yang tengah terjadi sebagai hasil dari kekuatan-kekuatan yang tidak dapat dikendalikan.

B. .Isu-Isu Strategis Manajamen SDM (Tinjauan dari berbagai perspektif dan kekinian)

Keterbatasan SDM sebagai akibat ketidakseimbangan pertumbuhan angka SDM terhadap pasar tenaga kerja berkualitas menyebabkan muncul beberapa persaingan dalam mendapatkan tenaga kerja profesional. Perusahaan selayaknya tidak takut mengeluarkan sejumlah biaya untuk mendapatkan tenaga kerja profesional guna memenuhi tuntunan organisasi. Maka dari itu, muncul berbagai isu strategis tentang SDM dan hubungannya dengan keterbatasan SDM itu sendiri.

Adapun beberapa isu strategis yang sering menjadi perbincangan dalam pengelolaan SDM profesional diantaranya:

1. Terbatasnya Sumber Daya Manusia dengan Skill Tertentu Tidak bisa dipungkiri bahwa semakin hari populasi sumberdaya manusia semakin besar. Apakah semuanya itu merupakah sumber daya manusia yang berkualitas? Jawabannya belum tentu, karena hanya segelintir orang saja diantara mereka yang benar-benar sesuai dengan skill dan criteria yang diperlukan oleh perusahaan.

2. Retensi Sumber Daya Manusia Setelah perusahaan berhasil mendapatkan SDM sesuai kriterianya, hal ini bukan berarti masalah selesai. Malahan disinilah tantangannya, bagaimana caranya perusahaan tersebut mampu memanfaatkan sumberdaya yang ada sebaik-baiknya dengan tidak membuang menyianyiakannya.

3. Pengembangan Sumber Daya Manusia Seiring dengan kemajuan zaman, untuk menjawab kebutuhan konsumen, perusahaan harus berkembang agar tetap dapat bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya.

4. Perkembangan Teknologi Perkembangan teknologi difungsikan untuk membuat kehidupan semakin praktis. Teknologi yang berkembang saat ini telah hampir menjangkau seluruh aspek kehidupan, misalnya dalam bidang manajemen HR.

5. Pengembangan Desain Organisasi Baru Sistem organisasi yang telah diterapkan selama bertahun-tahun belum tentu bisa efektif untuk diterapkan selama ditahun berikutnya. Hal ini harus disesuaikan dengan keberagaman sumber daya manusia perusahaan yang ada. Begitu juga dengan SDM.

Ayat Al-Qur’an mengenai manajemen isu strategi ini ada di surah Ar-Ra’d ayat 13 yaitu :

“Dan guruh bertasbih memuji-Nya, (demikian pula) para malaikat karena takut kepada-Nya, dan Allah melepaskan halilintar, lalu menimpakannya kepada siapa yang Dia kehendaki, sementara mereka berbantah-bantahan tentang Allah, dan Dia Mahakeras siksaan-Nya”.

*)Artikel ini dibuat sebagai Tugas UTS Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Insani dengan Dosen Pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag M.M

Ikuti tulisan menarik Akhmad Fauzaan lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler