x

Iklan

izmie san

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Sabtu, 27 April 2019 20:06 WIB

Rupa Dunia di Akhir Zaman Es

Peta unik telah diciptakan yang menggambarkan rupa dunia pada akhir zaman es.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Peta yang menakjubkan. Ini adalah pemandangan bagaimana dunia tampak selama zaman es berlangsung. Peta tersebut menampilkan dunia pada 14 ribu tahun yang lalu, ketika zaman es terakhir.

Desainer peta bekerjasama dengan ahli geologi yang secara akurat memetakan daratan luas dan lembaran es yang membuat dunia menjadi bentuk berbeda dibandingkan saat ini. Peta ini dibuat oleh Martin Vargic, seorang desainer grafis amatir dari Slovakia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurutnya, ini adalah peta pertama dari jenisnya pada skala dan tingkat kompleksitas tertentu. Dalam proses pembuatannya, ia menghubungi beberapa ahli geologi dan iklim di universitas. Mereka memberi data terkait danau prasejarah, tingkat permukaan air laut, ukuran lapisan es, hidrologi pada akhir zaman Pleistocene, iklim dan bahkan arus laut di tahun 14 ribu SM.

    

Martin menghabiskan waktu selama 6 minggu untuk membikin peta ini. "Saya benar-benar terkejut bagaimana iklim dan geografi dunia telah berubah dalam hanya 14 ribu tahun. Ini hanya sebagian kecil dari waktu jika dibandingkan dengan sejarah bumi," ujarnya.

Dunia pada 16 ribu tahun yang lalu dalam banyak hal sangat berbeda dengan saat ini. Pada saat itu, sejumlah besar air terkonsentrasi di lapisan es raksasa yang melibuti sebagian besar Amerika Utara dan Eurasia barat. Permukaan air laut bahkan 110 meter lebih rendah bila dibandingkan dengan hari ini. Wow!

Begitu juga terdapat jembatan-jembatan darat yang besar terutama Beringia, SUndaland dan Sahul. Sedangkan belahan bumi utara tertutup oleh dua lapisan es utama yaitu Sheet Wechselian Ice yang meliputi sebagian besar Eropa utara dan Siberia barat, mencapai selatan sejauh Berlin. Kedua adalah Laurentine & Cordilleran Ice Sheet complex yang mencakup hampir seluruh Kanada dan bagian dari Amerika Serikat bagian utara. Lapisan es besar juga ada di daerah pegunungan terutama Himalaya, Rocky Mountains, pegunungan Alpen dan Patagonian Andes.

Ikuti tulisan menarik izmie san lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

2 hari lalu

Kisah Naluri

Oleh: Wahyu Kurniawan

Selasa, 23 April 2024 22:29 WIB