Ciptakan Ruang Bersantai dengan Gaya Desain Zen - Urban - www.indonesiana.id
x

Sumber: https://www.receno.com/

alma hasna

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 23 Mei 2022

Selasa, 16 Agustus 2022 08:19 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Ciptakan Ruang Bersantai dengan Gaya Desain Zen

    Gaya desain Zen dapat menciptakan ruangan dengan suasana menenangkan. Simak apa yang dibutuhkan untuk menciptakan ruang bersantai dengan gaya desain Zen.

    Dibaca : 897 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Padatnya aktivitas sehari-hari dapat membuat stres dan kehilangan semangat untuk menjalani aktivitas. Kegiatan yang menyenangkan atau menenangkan seketika menjadi suatu kebutuhan agar tetap dapat menjalani hari dengan produktif. Pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi, pergi menonton bioskop, atau hanya berjalan-jalan ditaman dapat menjadi “obat” atau “pelarian” sejenak ketika sedang merasa penat. 

    Selain melakukan kegiatan tersebut yang berada diluar rumah, bagaimana jika kamu membawa suasana menenangkan tersebut ke dalam rumah? Saatnya kamu menciptakan ruangan untuk bersantai sebagai “obat” atau “pelarian” sejenak dari padatnya aktivitas agar hari-hari mu tetap produktif.

     Gaya desain Zen dapat kamu gunakan agar tercipta ruangan dengan suasana menenangkan. Lalu apa itu gaya desain Zen? Gaya desain Zen terfokus pada menciptakan ruangan yang nyaman, tenang, dan menentramkan jiwa. Zen sendiri merupakan seni dalam menjalani hidup dengan cara mendekatkan diri dan bersinergi dengan alam. Simak apa saja yang dibutuhkan untuk menciptakan ruang bersantai dengan gaya desain Zen.

    1. Perabotan atau Furniture Ruang Bersantai Dengan Desain Zen

    Kursi Santai, Sumber: uwitan.id

    Kursi Santai

    Suatu ruangan tidak mungkin apabila tidak adanya perabotan atau furniture di dalamnya, terlebih lagi kamu menggunakan ruangan tersebut untuk bersantai. Duduk sambil bersantai menikmati istirahat sejenak dari padat aktivitas pasti dibutuhkannya kursi yang nyaman. Kamu dapat menggunakan kursi yang menurut mu nyaman untuk duduk berlama-lama. Pada samping kursi kamu dapat meletakan meja kecil atau bahkan rak buku untuk mendukung kegiatan bersantai kamu. Pilihlah perabotan atau furniture yang terbuat dari material kayu dengan desain yang simple tanpa adanya ukiran dan memiliki warna-warna netral seperti warna putih, abu-abu, krem, atau hijau. Pada gaya desain Zen, warna-warna tersebut dipercaya dapat memberikan kekuatan relaksasi dan ketenangan.

    2. Pencahayaan Pada Ruang Bersantai Dengan Desain Zen

    Lampu, Sumber: uwitan.idLampu

    Supaya ruangan bersantai memiliki suasana yang lebih tenang dan santai, kamu dapat menggunakan lampu dengan warna warm light. Gunakan juga kap lampu atau pelindung lampu agar sinar lampu tidak secara langsung menyinari ruangan. 

    3. Tambahkan Tanaman dan Lilin Aromaterapi

    Pot Tanaman, Sumber: uwitan.id

    Pot Tanaman

    Mengingat gaya desain Zen yang memiliki konsep dekat dengan alam, meletakan beberapa tanaman atau bahkan bunga segar ke dalam ruangan bersantai dapat menjadi salah satu cara untuk lebih dekat dengan alam. Kamu dapat meletakan tanaman atau bunga segar pada pot atau vas cantik agar menambahkan kesan keindahan pada ruangan. Meletakan tanaman atau bunga segar dapat menambahkan suasana tenang, santai, dan ruangan menjadi lebih segar. Kamu juga dapat menambahkan lilin aromaterapi sebagai elemen dekorasi untuk menciptakan ruangan bersantai yang lebih tenang dan nuansa relaksasi. 

    Ikuti tulisan menarik alma hasna lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.