Agar Tampak Lebih Luas, Gunakan 5 Cara Berikut Ini Ketika Menata Dapur - Urban - www.indonesiana.id
x

Sumber: pexels.com/\x40jvdm

Zaki Nur

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 19 Agustus 2020

Senin, 12 September 2022 21:05 WIB

  • Urban
  • Topik Utama
  • Agar Tampak Lebih Luas, Gunakan 5 Cara Berikut Ini Ketika Menata Dapur

    Ruangan dapur terasa sempit seringkali dianggap hanya disebabkan oleh faktor dimensi ruangan itu sendiri, namun tanpa disadari cara kita menata dapur yang salah juga berpengaruh besar dalam menciptakan impresi bahwa dapur kita sempit. Oleh karena itu kali ini saya akan membahas bagaimana cara menata dapur agar tampak lebih luas, penasaran apa saja caranya? simak selengkapnya di artikel ini.

    Dibaca : 693 kali

    Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

    Memiliki rumah sendiri adalah impian bagi hampir setiap orang. Dengan desain yang dirancang sendiri, tentu saja akan menambah kenyamanan karena telah disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan. Dari berbagai ruangan yang ada di dalam rumah, dapur adalah salah satu yang cukup sulit untuk dirancang, ditambah lagi dengan keterbatasan ruang yang ada.

     

    Kesulitan dalam merancang tata letak dapur disebabkan karena banyaknya peralatan dapur. Belum lagi kita harus memastikan bahwa ruang gerak tetap tersedia agar memasak tetap nyaman. Oleh karena itu, kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan jasa desain interior ataupun memasang kitchen set yang lengkap.

     

    Untuk yang tidak mempunyai anggaran menggunakan jasa tersebut, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa diterapkan ketika ingin menata ataupun membangun dapur. Cara ini juga biasanya digunakan oleh penyedia jasa desain interior. Untuk itu mari simak beberapa poin di bawah ini.

     

    1. Pilih Warna Tema Dapur yang Cerah

    Pemilihan warna pada ruangan sangat penting khususnya untuk dapur. Warna dapat meninggalkan kesan kepada siapa saja yang melihatnya sehingga pemilihan warna yang tepat tentu saja akan meningkatkan kenyamanan pengguna dapur.

     

    Warna juga dapat memberi ilusi terhadap ruangan yang sempit menjadi seakan lebih luas. Menggunakan warna yang “dingin” atau “lembut” juga akan membuat seolah-olah dinding terasa menghilang. Sebaliknya, menggunakan warna yang tegas dan mencolok akan membuat tembok sangat terasa sehingga menyebabkan seolah-olah pergerakan menjadi terbatas dan sempit.

     

    Pemilihan warna pada dapur dapat diterapkan untuk cat tembok ataupun warna perlengkapan yang ada di dapur. Akan lebih baik jika menggunakan warna yang bernuansa monokrom ataupun pastel agar dapur terasa rapi. Menggunakan warna putih juga dapat menjadi pilihan yang baik karena bisa memancarkan kesan bersih pada dapur.

     

    2. Usahakan Dapur Selalu Mendapatkan Cahaya

    Sama halnya dengan warna, kondisi ruangan yang gelap juga dapat membuat orang merasa terbatas dan membuat ilusi ruangan tampak sempit. Jadi, tidak hanya pemilihan warna yang tepat, tetapi juga harus memastikan dapur mendapatkan cahaya yang cukup.

     

    Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan adanya jendela atau ventilasi di dapur yang  dapat berfungsi sebagai jalur masuk sinar matahari. Pastikan juga posisi dan jendela tersebut dapat dengan efektif mendistribusikan cahaya yang masuk. Selain sebagai tempat masuk cahaya, jendela dan ventilasi juga sangat penting dalam menjaga sirkulasi udara. Maka dari itu, penting sekali untuk memperhitungkan jumlah dan posisi jendela.

     

    Setelah memastikan jalur cahaya dari luar sudah baik, yang berikutnya perlu dilakukan adalah pemasangan lampu yang terang. Memasang lebih dari satu lampu juga merupakan langkah yang baik selama memiliki kemampuan untuk melakukannya. Yang penting adalah, Anda harus mengupayakan bahwa dapur harus selalu terang agar dapat memberi kesan positif dan luas.

     

    3. Pilih Perlengkapan dengan Bahan Reflektif

    Hal berikutnya yang bisa dilakukan untuk memberikan ilusi ruang tampak lebih luas adalah dengan menggunakan perlengkapan ataupun lantai yang memiliki permukaan reflektif atau mengilap. Contohnya, seperti menggunakan perlengkapan berbahan stainless steel atau bisa juga dengan menggunakan rak yang memiliki kaca dan pada lantainya menggunakan keramik.

     

    Dengan menggunakan perlengkapan yang memiliki permukaan reflektif memiliki efek yang sama dengan pemilihan warna yang bersifat “dingin”, yaitu akan memberi efek ilusi seolah-olah dinding atau permukaan tersebut tidak ada sehingga akan memberi nuansa ruangan yang luas.

     

    4. Siapkan Tempat Khusus untuk Peralatan Dapur

    Yang dimaksud dengan peralatan dapur yang perlu memiliki tempat khusus adalah peralatan seperti kulkas ataupun oven listrik. Jika diletakkan dengan sembarangan, kedua alat tersebut akan memakan ruang yang besar. Untuk itu, perlu diperhitungkan bagaimana dan di mana lokasi meletakkannya.

     

    Dalam beberapa kasus, biasanya kulkas ditempatkan pada celah dinding ataupun di pojok ruangan sehingga tidak menonjol dan memberi kesan penuh pada ruangan. Sedangkan untuk oven, bisa digunakan yang tipe built-in sehingga akan menyatu dengan meja dapur ataupun kompor. Selain kedua alat tersebut, ada beberapa peralatan lain yang memerlukan tempat khusus seperti tabung gas dan kompor yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dapur.

     

    5. Jaga Kebersihan dan Kerapian Dapur

    Setelah mengatur dapur agar tampak lebih luas, akan terasa percuma jika kebersihan dan kerapiannya tidak terjaga. Saat ada berbagai perlengkapan dapur dan bahan makanan yang berantakan, tentu saja hal tersebut akan menimbulkan kesan dapur terlihat sangat ramai. Oleh karena itu, kerapian dan kebersihan dapur juga menjadi faktor utama untuk menjaga dapur selalu tampak luas dan nyaman.

     

    Memang tidak mudah untuk mengatur dapur agar tampak lebih luas dan nyaman, apalagi jika ruang yang tersedia sangat terbatas. Akan tetapi, agar segala sesuatu bisa menjadi baik sangat perlu niat, usaha dan kreativitas untuk diberikan. Jadi, semoga artikel ini dapat membantu Anda untuk menata dapur sesuai dengan yang diinginkan.

    Ikuti tulisan menarik Zaki Nur lainnya di sini.



    Suka dengan apa yang Anda baca?

    Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.