x

image: iStock

Iklan

Suko Waspodo

... an ordinary man ...
Bergabung Sejak: 26 April 2019

Rabu, 2 November 2022 13:11 WIB

8 Cara Agar Tidak Sombong

Orang yang sombong akan berpikir bahwa mereka yang terbaik atau tahu yang terbaik. Mereka mungkin merasa seperti orang lain tidak bisa melakukan apa yang mereka lakukan dengan kesuksesan yang sama.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah Anda orang sombong yang ingin berubah? Itu akan masuk akal karena Anda membaca artikel ini sejak awal. Kami hanya ingin mengucapkan selamat kepada Anda dan mengatakan:

Indah sekali. Sungguh-sungguh. Dibutuhkan banyak hal untuk mengakui kekurangan dan ingin berusaha memperbaikinya sehingga Anda bisa menjadi diri Anda yang lebih sehat dan lebih bahagia.

Untuk benar-benar mengatasi dan memperbaiki masalah ini, kita harus memahami apa sebenarnya yang sedang kita bicarakan dan apa yang membuatnya menjadi masalah.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Apa itu kesombongan?

Mari kita mulai dengan definisi kamus.

Kesombongan – Keadaan sombong. Memiliki atau mengungkapkan perasaan berlebihan tentang pentingnya atau kemampuan seseorang.

Orang yang sombong akan berpikir bahwa mereka yang terbaik atau tahu yang terbaik. Mereka mungkin merasa seperti orang lain tidak bisa melakukan apa yang mereka lakukan dengan kesuksesan yang sama.

Persepsi mereka cenderung bahwa pandangan dunia mereka lebih unggul dan benar, dan seringkali sulit untuk menantangnya. Tantangan terhadap pandangan dunia itu mungkin membuat mereka sangat marah.

Kesombongan itu sendiri tidak memiliki penyebab tunggal. Itu bisa berasal dari seseorang yang sangat sukses, rendah diri dan harga diri, atau kebutuhan untuk persetujuan. Mungkin juga akibat dari dinamika hubungan yang buruk dengan orang tua sebagai seorang anak, di mana anak dimanipulasi untuk mendapatkan cinta dan perhatian orang tua mereka.

Orang yang arogan mungkin merasa bahwa mereka perlu menjadi sempurna dan lebih unggul dari orang lain untuk menunjukkan bahwa mereka layak.

Mereka mungkin memaksakan diri ke dalam pola berpikir di mana mereka harus tahu yang terbaik karena mereka telah berhasil dalam hal-hal lain ini. Pandangan dunia dan perspektif lain tidak selalu penting, karena mereka tidak cukup memikirkan pengalaman hidup orang lain.

Bagi sebagian orang, arogansi adalah mekanisme pertahanan dalam masyarakat yang lebih peduli tentang apa yang dapat Anda lakukan untuk itu daripada siapa Anda sebenarnya. Fasad superioritas dimaksudkan sebagai pelindung yang melindungi orang tersebut dari kritik dan serangan dari luar. Lagi pula, jika saya tahu lebih baik dari Anda, mengapa saya harus peduli dengan apa yang Anda pikirkan tentang saya atau sesuatu yang saya lakukan?

Apa yang tidak disadari oleh orang sombong adalah bahwa tidak ada manusia yang sempurna. Tidak ada yang memiliki semua jawaban. Tidak ada yang bisa atau perlu tahu segalanya.

Setiap orang memiliki cacat, kekurangan, dan berjuang dengan hal-hal dari waktu ke waktu. Itu tidak membuat siapa pun menjadi orang yang lebih rendah. Itu hanya hidup.

Apa perbedaan antara kesombongan dan kepercayaan diri?

Satu kata - kerendahan hati.

Kerendahan hati – pandangan yang sederhana atau rendah tentang pentingnya diri sendiri; kerendahan hati.

Ini adalah kemampuan untuk menerima bahwa Anda bisa salah, bahwa orang lain akan lebih baik dari Anda dalam beberapa hal, bahwa Anda cacat dan mampu membuat kesalahan.

Orang yang percaya diri mungkin berpikir bahwa mereka adalah orang terbaik untuk pekerjaan itu, tetapi mereka juga bersedia mendengarkan orang lain atau menggunakan pengetahuan mereka untuk membantu mendapatkan hasil.

Orang yang percaya diri dapat mengakui ketika mereka salah dan meminta maaf. Itu juga tidak selalu terasa baik. Terkadang memalukan atau menyakitkan untuk mengakui ketika Anda salah. Itu hanya bagian dari biaya kesalahan dan memperbaiki pagar apa pun yang perlu diperbaiki.

Untungnya, orang-orang yang berharga – tipe orang yang mungkin Anda inginkan dalam hidup Anda – akan melihat dan menghormatinya.

Orang beracun dan destruktif sering melihat permintaan maaf atau kesalahan sebagai kelemahan untuk dimanfaatkan. Ini adalah sesuatu yang Anda ingin sadari dan siap jika itu terjadi pada Anda dalam perjalanan pertumbuhan diri Anda.

Cara terbaik untuk menanganinya adalah dengan memiliki batasan tegas yang Anda tegakkan. Tidak apa-apa untuk menerima tanggung jawab dan akibat dari pilihan yang buruk. Tidak baik membiarkan orang lain memaksakan tanggung jawab mereka dan menyalahkan Anda.

Keyakinan itu sendiri tidak buruk. Adalah baik untuk percaya diri dengan keterampilan dan kemampuan Anda. Tetapi arogansi sering menyebabkan terlalu percaya diri. Ini menciptakan titik-titik buta di mana Anda mungkin tidak dapat melihat kekurangan atau pilihan buruk Anda sendiri.

Bagaimana cara berhenti menjadi sombong?

Proses perubahan bukanlah hal yang mudah. Jika Anda sudah arogan untuk waktu yang lama, maka ada banyak persepsi yang perlu Anda atasi dan ubah.

Berita baiknya adalah itu mungkin! Itu hanya membutuhkan usaha yang teratur, mengacau dari waktu ke waktu, dan kemudian mencoba lagi.

Akan ada saat-saat ketika Anda tergelincir dalam perjalanan perbaikan diri Anda, tetapi tidak apa-apa. Bukan hanya itu bukan akhir dunia, tetapi juga merupakan bagian yang diharapkan dari perjalanan!

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda mulai untuk mengubah persepsi Anda.

1. Akui ketika Anda salah.

Langkah besar menuju kerendahan hati adalah mampu menerima dan mengakui ketika Anda salah. Ketika Anda membuat kesalahan, jangan mencoba untuk menghindari tanggung jawab. Jangan mengabaikannya, mencoba mendorongnya ke orang lain, atau berpura-pura itu tidak terjadi. Memilikinya. Katakan kepada diri sendiri dan orang-orang yang terkena dampak, “Saya menyadari bahwa saya salah dan saya ingin memperbaikinya. Apa yang bisa saya lakukan untuk memperbaikinya?”

2. Belajarlah untuk menertawakan diri sendiri.

Setiap orang memiliki kekurangan dan keanehan. Terkadang mereka lucu. Terkadang kita melakukan hal-hal bodoh secara tidak sengaja atau karena kekhasan kepribadian yang kita miliki. Semua hal ini baik-baik saja.

Mampu menertawakan diri sendiri dan tidak menganggap serius kebiasaan ini akan membantu mengurangi perasaan terlalu percaya diri. Plus, ada banyak orang yang terikat dengan main-main sehingga membuat satu sama lain kesulitan. Pastikan itu tidak kejam atau dimaksudkan untuk menyakiti Anda.

Manfaat tambahan dari belajar menertawakan diri sendiri adalah Anda melepaskan kekuatan dari orang-orang yang akan menggunakan kesalahan atau kebiasaan Anda sebagai cara untuk menyakiti Anda. Mereka mungkin melontarkan komentar yang sinis dan menyakitkan, dan ia akan kehilangan semua pukulannya jika Anda bisa mengangkat bahu dan menertawakannya. Kebanyakan orang tidak pantas untuk marah.

3. Perlakukan diri Anda dengan kebaikan yang lebih besar.

Kesombongan bisa menjadi produk sampingan dari kebutuhan untuk merasa bahwa Anda adalah yang terbaik. Tetapi Anda bukan yang terbaik, tidak dalam segala hal. Anda mungkin hebat, tetapi Anda bukan yang terbaik. Selalu ada seseorang yang lebih baik di luar sana. Ingatkan diri Anda bahwa tidak apa-apa untuk tidak menjadi yang terbaik.

Anda diizinkan untuk memiliki hari libur, untuk hal-hal yang tidak berjalan dengan baik, mengalami luka, membutuhkan istirahat dan relaksasi. Jangan habiskan waktu Anda untuk menyalahkan diri sendiri ketika Anda bukan yang terbaik. Ingatkan diri Anda bahwa tidak apa-apa untuk tidak selalu sempurna.

4. Habiskan lebih sedikit waktu untuk mengkhawatirkan kebenaran.

Orang arogan cenderung berpikir bahwa mereka benar hampir sepanjang waktu, bahwa kebenaran mereka adalah satu-satunya kebenaran yang penting. Pada kenyataannya, biasanya ada banyak kebenaran dengan berbagai aspek informasi. Apa yang Anda yakini mungkin benar, tetapi hanya sebagian benar atau benar tanpa konteks yang tepat.

Anda tidak harus selalu benar. Dan Anda mungkin tidak akan melakukannya. Anda mungkin salah lebih dari yang Anda sadari, tetapi kesombongan cenderung membutakan kita dari kekurangan kita sendiri.

Biarkan orang lain benar. Tidak setiap pertempuran layak untuk diperjuangkan. Terkadang Anda hanya perlu tersenyum dan membiarkan semuanya berlalu.

5. Biarkan orang lain yang memimpin.

Cara terbaik untuk melatih kerendahan hati adalah dengan melayani di bawah orang lain atau sebagai anggota tim yang kurang dominan. Ikuti petunjuk mereka dan biarkan mereka menyelesaikan tugas apa pun yang ada sehingga Anda dapat melihat sendiri bahwa orang lain bisa mendapatkan hasil.

Jangan membuat saran kecuali Anda perlu. Dan jika Anda memang memberikan saran, biarkan saran itu dijatuhkan jika pemimpinnya tidak berpikir itu akan berhasil. Tidak apa-apa jika tidak.

Jangan heran jika ini terasa sangat tidak nyaman. Sulit untuk melepaskan kendali ketika Anda merasa perlu melakukan sesuatu sendiri agar hasilnya benar. Tapi kekuatan melalui itu akan membantu Anda.

6. Minta bantuan orang lain.

Meminta bantuan orang lain adalah cara lain untuk meredakan kesombongan dan meningkatkan kerendahan hati. Dengan meminta bantuan, Anda menunjukkan bahwa orang lain ini mungkin tahu cara yang lebih baik untuk menyelesaikan hal yang sedang Anda kerjakan.

Ini kembali ke membiarkan orang lain memimpin pada hal-hal yang mungkin bukan keahlian Anda. Dan pastikan untuk berterima kasih kepada orang tersebut dan memberi mereka penghargaan jika sudah jatuh tempo.

7. Tawarkan pujian yang bermakna dan realistis.

Cari alasan untuk membangun orang lain di sekitar Anda. Jika mereka melakukan pekerjaan dengan baik, beri tahu mereka. Jika Anda terkesan dengan apa yang mereka lakukan, beri tahu mereka. Apakah rambut mereka terlihat bagus? Apakah mereka meja rias yang tajam? Apakah Anda menyukai hal yang mereka lakukan? Memberitahu mereka! Ini akan membuat Anda terbiasa kurang fokus pada apa yang membuat Anda hebat dan lebih pada apa yang membuat orang lain juga hebat.

8. Hormatilah orang lain, terlepas dari posisi mereka.

Ini adalah hal yang sulit. Sangat mudah untuk terjebak dalam siklus pemikiran bahwa seseorang berada di tempat mereka berada dalam hidup semata-mata karena pilihan mereka sendiri. Mungkin tergoda untuk berpikir bahwa orang yang Anda hadapi seharusnya melakukannya sebaik Anda, tetapi Anda tidak tahu keadaan atau cerita mereka.

Beberapa orang melakukan segalanya dengan benar dan masih tidak berhasil maju. Tidak semua orang bisa menang. Dan terkadang itu tergantung pada keberuntungan dan keadaan di luar kendali seseorang. Cobalah untuk menghindari menilai orang lain yang tidak sesukses atau belum berhasil pada apa yang mereka coba.

*

Proses perubahan dari orang yang sombong menjadi orang yang lebih penyayang dan rendah hati adalah perjalanan panjang yang akan memiliki beberapa liku-liku di dalamnya. Ada banyak pekerjaan yang dapat Anda lakukan sendiri, tetapi Anda mungkin menemukan bahwa Anda tersandung di sepanjang jalan.

Ini adalah alasan yang sangat baik untuk mencari dukungan dari terapis bersertifikat untuk sampai ke akar mengapa Anda sombong dan memperbaikinya. Setelah Anda memperbaikinya, menyesuaikan perspektif dan pandangan dunia Anda menjadi jauh lebih mudah.

Meskipun Anda mungkin mencoba menyelesaikannya sendiri, ini mungkin masalah yang lebih besar daripada yang bisa diatasi oleh swadaya. Dan jika itu memengaruhi kesejahteraan mental, hubungan, atau kehidupan Anda secara umum, itu adalah hal penting yang perlu diselesaikan.

Terlalu banyak orang yang mencoba mengatasi dan melakukan yang terbaik untuk mengatasi masalah yang tidak pernah benar-benar mereka atasi. Jika memungkinkan dalam keadaan Anda, terapi adalah 100% cara terbaik ke depan.

Terapi online sebenarnya merupakan pilihan yang baik bagi banyak orang. Ini lebih nyaman daripada terapi langsung dan lebih terjangkau dalam banyak kasus. Dan Anda mendapatkan akses ke tingkat yang sama dari profesional yang berkualitas dan berpengalaman. 
Anda sudah mengambil langkah pertama hanya dengan mencari dan membaca artikel ini. Hal terburuk yang dapat Anda lakukan saat ini adalah tidak melakukan apa-apa. Yang terbaik adalah berbicara dengan terapis. Hal terbaik berikutnya adalah menerapkan semua yang telah Anda pelajari di artikel ini sendiri. Pilihan ada pada Anda.

***
Solo, Rabu, 2 November 2022. 11:59 am
'salam hangat penuh cinta'
Suko Waspodo
suka idea
antologi puisi suko

 

Ikuti tulisan menarik Suko Waspodo lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler