x

Iklan

Rio Apriyandi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 Desember 2022

Minggu, 18 Desember 2022 16:47 WIB

Gelapnya Kehidupan tanpa Hadirnya Teknologi

artikel ini bertujuan untuk memberi gambaran tentang gelapnya kehidupan tanpa adanya teknologi

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Apakah Teknologi Menguasai Hidup Manusia? Atau Manusia Yang Tidak Bisa Hidup Tanpa Teknologi?

Pernahkah kalian merasakan bahwa hidup kita sangat bergantung dengan teknologi. Seperti kita tidak bisa hidup tanpa teknologi di sekitar kita. Menurut Manuel Castells, “Teknologi merupakan suatu kumpulan alat, aturan dan juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah terhadap sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya pengulangan”.
 
Jadi teknologi adalah semua alat dan mesin yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk membantu kehidupan kita. Seperti handphone, microwave, motor, kamera, jam, dan masih banyak lagi alat yang dapat mempermudah kehidupan kita.

Hidup Tanpa Teknologi

Lalu apa yang terjadi jika dalam kehidupan manusia tidak ada teknologi? Apakah kalian pernah mencoba untuk hidup tanpa menggunakan teknologi? Apa yang akan kita gunakan untuk pengirim pesan dan apa yang kita gunakan untuk membaca atau mencari suatu berita. Teknologi diciptakan dengan berbagai macam fasilitas untuk membantu kehidupan kita. Pada dasarnya kita tidak akan bisa hidup tanpa teknologi karena teknologi sudah menyatu dengan kehidupan manusia.
 
Pada zaman ini sangat sulit untuk hidup tanpa menggunakan teknologi. Kita sebagai manusia harus memiliki beberapa alat yang dapat membantu kehidupan kita. Tanpa teknologi kehidupan kita akan terasa gelap. Kita dapat melihat dari kehidupan manusia sehari hari. Mulai dari bangun tidur barang pertama yang dilihat adalah handphone, lalu membuat sarapan memasaknya dengan kompor atau membuat jus dengan blender, dilanjutkan dengan pergi bekerja menggunakan motor atau mobil dan di tempat kerja mereka bekerja dengan laptop atau komputer. Semua alat itulah yang membantu kemudahan hidup yang disebut dengan teknologi.
 
Teknologi sudah banyak membantu kehidupan manusia. Dan manusia tidak akan bisa hidup tanpa teknologi. Menurut Sardar “Teknologi merupakan sebuah sarana dalam memecahkan masalah yang mendasar dari setiap peradaban manusia. Tanpa adanya penggunaan teknologi, maka hal ini akan menyebabkan banyak masalah tidak bisa terpecahkan dengan baik dan sempurna”. Jadi bayangkan gelapnya kehidupan tanpa teknologi. Bagaimana kita memecahkan masalah dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena memang pada dasarnya kita sangat membutuhkan teknologi dalam kehidupan kita sehari hari.

Manusia yang tergantikan teknologi

Teknologi memang selalu ada dibalik kehidupan manusia dalam membantu kehidupan sehari-hari maupun membantu pekerjaan di setiap tugasnya masing-masing. Di era sekarang banyak teknologi yang diciptakan untuk membantu pekerjaan manusia. Dan tidak hanya untuk membantu, bahkan teknologi ada yang diciptakan untuk menggantikan pekerjaan manusia seolah-olah teknologi telah menguasai manusia pada bidang pekerjaan.
 
Banyak teknologi yang diciptakan untuk menggantikan pekerjaan manusia. Teknologi itu diciptakan untuk mengurangi pembiayaan para karyawan dan akhirnya banyak karyawan yang di PHK dari pekerjaanya yang digantikan oleh teknologi. Dalam laporan World Economic Forum, robot, otomasi dan AI akan bisa menggantikan pekerjaan manusia. Jumlahnya tak main-main yakni 85 juta pada 2025 mendatang. Di masa depan teknologi diperkirakan sudah akan menggantikan pekerjaan manusia. Sebagian orang yang terkena dampaknya akan merasakan sulitnya mencari pekerjaan yang baru karena teknologi akan sangat banyak menggantikan pekerjaan lainya yang ada di luar sana.
 
Para perusahaan yang menggantikan karyawannya dengan robot, selain untuk mengurangi pembiayaannya mereka juga menilai bahwa kinerja robot jauh lebih baik daripada manusia. Mereka hanya perlu mengatur sistem pada suatu alat dan alat itu akan melakukan pekerjaanya sendiri. Mengutip Ian Ferguson di Lynx Software Technologies, robot punya kekuatan unik dan tidak pernah dikalahkan manusia. Salah satunya robot bisa diprogram jadi kuat, tepat dan cepat, serta tidak punya emosi ataupun merasa kuat. Selain itu sistem kerja robot juga tidak terbatas. Jika robot rusak kita hanya tinggal memperbaiki kerusakan sistem pada robot tersebut.
 
Teknologi benar akan menggantikan pekerjaan manusia akan tetapi ada beberapa pekerjaan yang aman dari teknologi tersebut. Elon Musk sempat angkat bicara soal perkembangan teknologi AI. Namun dia mengatakan “ada beberapa pekerjaan yang masih aman meskipun AI terus berkembangan. Elon Musk menyebut pekerjaan yang aman adalah para pembuat software atau program AI dan yang melibatkan partisipasi atau rekayasa orang”.
 
Pada dasarnya manusia membutuhkan teknologi untuk membantu kehidupan mereka. Manusia tidak akan mampu hidup tanpa teknologi karena teknologi dan manusia tidak dapat dipisahkan. Teknologi dan manusia akan selalu hidup berdampingan.
 
Jadi bukan kita yang dikuasai oleh teknologi tetapi memang kita tidak bisa dipisahkan oleh teknologi tersebut.
 

Ikuti tulisan menarik Rio Apriyandi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu