Prinsip Komunikasi Islami dalam Pandangan Agama Islam

Senin, 9 Januari 2023 18:08 WIB
Bagikan Artikel Ini
img-content0
img-content
Iklan
Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

artikel ini merupakan bahan bacaan tentang bagaimana komunikasi islam bisa dipahami secara jelas. tulisan membahas tentang prinsip dari komunikasi islami menurut hadist dan alquran.

Komunikasi merupakan bagian yang penting dari kehidupan manusia. Islam, sebagai agama yang mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, juga memberikan pandangan dan ajaran tentang komunikasi.

Dalam Islam, komunikasi dianggap sebagai cara untuk menyampaikan kebenaran dan menegakkan keadilan. Komunikasi yang baik juga merupakan salah satu cara untuk memperkuat hubungan sosial dan menjaga keharmonisan dalam keluarga maupun masyarakat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu ajaran Islam yang terkait dengan komunikasi adalah pentingnya menjaga sikap sopan dan menghormati orang lain. Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah Saw bersabda: "Sesungguhnya sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaknya, dan aku datang untuk menyempurnakan akhlakmu".

Islam juga menekankan pentingnya komunikasi yang jujur dan tidak mengandung kebohongan. Dalam Al-Quran, Allah Swt berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan dari segala bentuk kebohongan" (QS. Al-Hujurat: 12).

Selain itu, Islam juga mengajarkan untuk tidak bersikap angkuh dan sombong dalam berkomunikasi dengan orang lain. Dalam Al-Quran, Allah Swt berfirman: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menganggap rendah orang-orang yang lain daripada diri kamu sendiri" (QS. An-Nisa: 36).

Dengan demikian, komunikasi yang baik dalam Islam adalah komunikasi yang sopan, jujur, dan tidak mengandung sikap angkuh atau sombong. Dengan mempraktikkan komunikasi seperti ini, diharapkan dapat terwujud hubungan yang harmonis dan saling menghargai antar sesama.

Komunikasi merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang sangat penting. Dengan komunikasi, kita dapat bertukar informasi, ide, pendapat, dan berbagai hal lainnya dengan orang lain. Dalam agama Islam, komunikasi juga memiliki peran yang sangat penting. Berikut ini adalah beberapa poin mengenai komunikasi dalam Islam:

  1. Komunikasi merupakan salah satu cara untuk menyebarkan ajaran Islam. Nabi Muhammad saw adalah seorang yang sangat berbakti kepada agamanya dan selalu berusaha untuk menyebarkan ajaran Islam kepada orang-orang di sekitarnya. Salah satu cara yang ia lakukan adalah dengan berkomunikasi secara langsung kepada orang-orang yang ada di sekitarnya.
  2. Komunikasi dalam Islam harus dilakukan dengan sopan santun. Dalam agama Islam, kita tidak boleh berkomunikasi dengan cara yang kasar atau tidak sopan kepada orang lain. Kita harus selalu menghargai orang lain dan tidak menyinggung perasaan mereka dengan ucapan atau tindakan yang tidak sopan.
  3. Komunikasi dalam Islam juga harus dilakukan dengan jujur. Kita tidak boleh berbohong atau mengelabui orang lain dalam komunikasi. Islam mengharuskan kita untuk selalu jujur dan tidak mengelabui orang lain.
  4. Komunikasi dalam Islam juga harus dilakukan dengan tepat sasaran. Kita tidak boleh menyebarkan informasi atau ide yang tidak benar kepada orang lain. Kita harus selalu memastikan bahwa informasi yang kita sampaikan adalah benar dan tidak merugikan orang lain.
  5. Komunikasi dalam Islam juga harus dilakukan dengan sesuai dengan konteks yang tepat. Kita tidak boleh berkomunikasi dengan cara yang tidak sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Kita harus memahami bahwa setiap komunikasi harus sesuai dengan konteks yang tepat agar tidak terjadi salah pengertian atau konflik.

Dengan demikian, komunikasi dalam Islam merupakan salah satu cara untuk menyebarkan ajaran Islam dan mempererat hubungan antar sesama. Komunikasi yang sopan santun, jujur, tepat sasaran, dan sesuai dengan konteks yang tepat.

Bagikan Artikel Ini
img-content
Halimi

Mahasiswa Fisip Uhamka

0 Pengikut

Baca Juga











Artikel Terpopuler











Terpopuler di Peristiwa

img-content
img-content
img-content
Lihat semua