x

Iklan

Selfana Desfilova

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 31 Desember 2022

Sabtu, 14 Januari 2023 08:33 WIB

Penerapan Artificial Intelligence dalam Sistem Transportasi Masa Depan

Topik dalam artikel ini adalah perkembangan terbaru dalam teknologi pembuatan material dan penerapan AI dalam sistem transportasi masa depan. Artikel ini menjelaskan tentang material nanomaterial sebagai contoh yang menonjol dari perkembangan teknologi pembuatan material yang memiliki sifat-sifat unik yang berguna untuk berbagai aplikasi seperti elektronik, kesehatan dan lingkungan. Selain itu, artikel juga menjelaskan tentang penerapan AI dalam pengembangan sistem transportasi yang lebih efisien, aman dan ramah lingkungan. Namun, perlu diingat bahwa penerapan teknologi ini harus dilakukan dengan bijak dan memperhatikan aspek-aspek keamanan dan privasi.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

         "Penerapan AI (Artificial Intelligence) dalam Sistem Transportasi Masa Depan"

 

      Sistem transportasi saat ini sedang mengalami perkembangan yang cepat dan signifikan dengan munculnya teknologi baru seperti otomatisasi dan intelijen buatan (AI). Penggunaan AI dalam sistem transportasi diharapkan dapat meningkatkan efisiensi, keamanan, dan pengalaman perjalanan bagi pengguna.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu contoh yang menonjol dari penerapan AI dalam sistem transportasi adalah dalam pengembangan kendaraan otomatis atau kendaraan tanpa pengemudi (AV). AV diharapkan dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kesalahan manusia, seperti kesalahan fokus, kelelahan, atau kecanduan alkohol.

Dengan menggunakan sensor, kamera, dan algoritma AI, AV diharapkan dapat mendeteksi dan menghindari objek di jalan dan merespons situasi lalu lintas yang kompleks dengan cepat dan akurat. Selain itu, AI juga dapat digunakan dalam pengembangan sistem transportasi yang lebih efisien. Contohnya, algoritma AI dapat digunakan untuk memprediksi kebutuhan transportasi dan mengoptimalkan rute yang digunakan. Hal ini akan mengurangi waktu perjalanan dan meningkatkan efisiensi energi.

AI juga dapat digunakan dalam pengembangan sistem transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Server Sekolah Bagi Pertumbuhan di Masa Depan

 

Bagaimana cara kerja AI dalam kendaraan otomatis dan apa manfaat yang diharapkan dari penerapannya dalam sistem transportasi?

     Kendaraan otomatis atau kendaraan tanpa pengemudi (AV) adalah kendaraan yang dapat beroperasi tanpa intervensi manusia. AI dalam AV digunakan untuk mengendalikan kendaraan secara otomatis dengan menggunakan sensor, kamera, dan algoritma yang canggih. AI dalam AV bekerja dengan cara mengumpulkan data dari sensor seperti kamera, lidar, radar, dan ultrasonik yang terpasang pada kendaraan.

Data ini kemudian diolah oleh algoritma AI yang digunakan untuk mendeteksi objek di sekitar kendaraan, seperti pejalan kaki, kendaraan lain, dan jalan raya. Algoritma AI juga digunakan untuk menganalisis situasi lalu lintas dan merespons dengan cara yang sesuai. Manfaat yang diharapkan dari penerapan AI dalam AV adalah mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas yang disebabkan oleh kesalahan manusia, seperti kesalahan fokus, kelelahan, atau kecanduan alkohol. AV juga diharapkan dapat meningkatkan efisiensi lalu lintas dengan mengoptimalkan rute dan mengurangi kemacetan.

 

Apa dampak lingkungan yang diharapkan dari penerapan AI dalam sistem transportasi dan bagaimana cara untuk mengurangi dampak tersebut?

     Penerapan AI dalam sistem transportasi diharapkan dapat mengurangi dampak lingkungan dengan cara mengoptimalkan penggunaan energi kendaraan dan mengurangi emisi gas buang. Salah satu contoh adalah dengan menggunakan algoritma AI untuk mengoptimalkan rute dan mengurangi waktu perjalanan. Hal ini akan mengurangi penggunaan bahan bakar dan emisi gas buang dari kendaraan.

Algoritma AI juga dapat digunakan untuk memprediksi kebutuhan transportasi dan mengoptimalkan jadwal transportasi, sehingga mengurangi jumlah kendaraan yang harus digunakan pada saat yang sama. AI juga dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi energi kendaraan dengan cara mengoptimalkan penggunaan sistem kendaraan seperti mesin, transmisi, dan sistem pendingin. Hal ini akan mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi gas buang. Selain itu,

AI juga dapat digunakan untuk meningkatkan interaksi dan adaptasi dalam sistem transportasi masa depan. Contohnya, algoritma AI dapat digunakan untuk menyesuaikan kondisi lalu lintas dan cuaca, serta mengoptimalkan jadwal transportasi. Hal ini akan meningkatkan efisiensi dari sistem transportasi dan membantu dalam mengurangi dampak lingkungan. Namun, perlu diingat bahwa penerapan AI dalam sistem transportasi juga harus dilakukan dengan bijak dan memperhatikan aspek-aspek keamanan dan privasi.

Selfana Desfilova Prodi Manajemen Universitas Pembangunan Jaya

Ikuti tulisan menarik Selfana Desfilova lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Jumat, 23 Februari 2024 20:47 WIB