x

Y

Iklan

10_Eva Restiana Ningsih _XI AKL 1

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 9 Februari 2023

Kamis, 9 Februari 2023 17:52 WIB

Mengenal Isu Kesehatan Mental pada Remaja Masa Kini

TUGAS BAHASA INDONESIA

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Kesehatan mental merupakan sebuah kondisi dimana individu terbebas dari segala bentuk gejala-gejala gangguan mental. Kesehatan mental mencakup beberapa hal seperti kenyamanan emosional, pikologi, dan hubungan sosial. Kata kesehatan mental sering terdengar tidak asing bagi anak remaja masa kini, namun hal ini sepertinya sudah menjadi trend di kalangan remaja zaman sekarang.

Kesehatan mental dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan yang meninggalkan dampak yang besar pada kepribadian dan perilaku seseorang. Peristiwa-peristiwa tersebut dapat berupa kekerasan, pelecahan anak, atau stress berkepanjangan. Jika kesehatan mental terganggu, maka timbul gangguan mental atau penyakit mental. Gangguan mental dapat mengubah cara seseorang dalam menangani stress, berhubungan dengan orang lain, membuat pilihan, dan memicu hasrat untuk menyakiti diri sendiri.

Gangguan kesehatan mental adalah istilah yang mengacu pada kondisi yang mempengaruhi pemikiran dan perasaan atau juga bisa disebut dengan mental illness. Banyak di Indonesia yang mengalami gangguan mental apalagi pada remaja masa kini. Banyak juga orang yang menggangap bahwa penderita gangguan kesehatan mental adalah orang yang aneh. Stress dan tekanan batin termasuk salah satu penyebab gangguan kesehatan mental. Kesehatan mental sangat menggangu aktivitas kita sehari-hari.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mencegah gangguan mental adalah dengan melakukan olahraga yang rutin, melakukan hal-hal positif, dan mengurangi berpikir berlebihan/stress berkepanjangan. Betapa pentingnya menjaga kesehatan mental bagi para remaja seperti kita di masa kini. Gejala gangguan kesehatan mental bisa terjadi kapanpun, dimanapun, dan siapapun termasuk remaja seperti kita ini. Maka dari itu kita sebagai remaja sangat membutuhkan ruang yang aman dalam masyarakat. 

 

Ikuti tulisan menarik 10_Eva Restiana Ningsih _XI AKL 1 lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler