x

Iklan

Lintang Gumilang

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 6 Maret 2023

Selasa, 7 Maret 2023 08:55 WIB

Mengatasi Kendala Internet Lambat Secara Cepat

Kamu pernah merasakan gangguan internet yang menyebalkan? Coba empat cara mudah mengatasi kendala internet dengan cepat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Beberapa minggu belakangan ini aku lagi ikut komunitas Read Aloud Malang Raya. Beberapa kali aku mau gabung tapi belum sempat-sempat. Alhamdulillah kemarin bisa ikut daftar meskipun mepet banget hari terakhir pendaftaran.

Udah pernah dengar tentang read aloud?

Ya, kegiatan membaca nyaring ini banyak banget manfaatnya untuk perkembangan anak. Mulai dari menstimulasi otak anak agar berkembang secara maksimal dan mengenalkan kemampuan dasar literasi, yaitu mendengarkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan


Pemaparan materi awal memang lewat zoom, karena acara offline hanya ada pada tema khusus. 
Pada materi pertama kami dikenalkan seputar metode read aloud, dan manfaat pentingnya membaca nyaring untuk anak.

Kak Arin memberi spill untuk materi kedua, nantinya akan ada praktik membaca nyaring dari semua peserta. Artinya aku butuh koneksi internet yang stabil agar bisa praktik read aloud. Kalau ngga, pasti bakal putus-putus suaranya.

Sialnya beberapa hari sebelum materi kedua tiba-tiba koneksi internetku lemot banget. Kebetulan aku pakai IndiHome sih. Jadi aku buru-buru menghubungi internet provider langgananku.

Langsung aja buka aplikasi myIndiHome  dan lapor gangguan yang sedang aku alami. Setelah mendapat nomor tiket, ku kira bakal lama yah penanganannya. Eh ternyata sorenya ada bapak teknisi langsung datang ke rumah!
Seneng banget, kendala internet lambat yang aku alami bisa diselesaikan dengan cepat. Jadi bisa praktik read aloud bareng temen-temen deh.

Apa Aja Sih Penyebab Gangguan Internet IndiHome?

Ternyata ada beberapa kendala yang bikin internet provider kamu mengalami gangguan, antara lain:


1. Pemeliharaan/ Peningkatan Jaringan Internet


Salah satu penyebab utama gangguan IndiHome di rumahmu kemungkinan karena adanya perbaikan jaringan di sekitar lokasimu. 
Biasanya akan ada manitenance jaringan yang akan memperbaiki kekurangan tersebut sehingga jaringanmu akan kembali cepat dan stabil.


2. Kerusakan Modem


Kalau bukan dari masalah jaringan internet provider, bisa jadi ada masalah kerusakan modem IndiHome yang kamu gunakan.
Pastikan kamu segera melaporkan masalah ini agar modem bisa segera diperiksa atau diganti.


3. Kerusakan Kabel Fiber Optik


Gangguan IndiHome juga bisa dikarenakan kabel fiber optik yang bermasalah. Kemungkinan kabel fiber optik milikmu bisa putus yang mengakibatkan modem IndiHome los merah. Ini yang bikin jaringan internet bermasalah.


4. Belum Melunasi Tagihan


Kadang bisa aja kamu lupa belum membayar tagihan internet provider hehe. Segera bayar tagihannya biar kamu bisa menggunakan akses internet tanpa batas lagi.


Cara Lapor Gangguan IndiHome


Indonesia Digital Home (disingkat IndiHome) merupakan salah satu produk layanan dari PT Telkom Indonesia berupa paket layanan komunikasi dan data. Paket layanannya meliputi telepon rumah, internet, dan televisi interaktif.


Kalau kamu menemukan gangguan atau kendala terkait koneksi internet yang lambat, atau modem yang rusak kadang bingung mau menghubungi ke mana, ya kan? 


Jangan khawatir, IndiHome juga memberikan beberapa kontak yang mudah dihubungi untuk bagian keluhan IndiHome.


1. Lapor Melalui 147


Kamu bisa langsung call 147 kalau ada gangguan di rumahmu hari ini. Cara ini cukup cepat dan efektif namum membutuhkan pulsa yang cukup buat menghubunginya.
Setelah dial 147, tunggu sampai ada sapaan selamat datang dan ikuti petunjuknya aja. Tunggu sampai operator menyapa kamu dan sampaikan keluhanmu.


2. Live Chat Indita Melalui Aplikasi myIndiHome


Aplikasi myIndiHome selain bisa digunakan untuk mendaftar IndiHome online juga bisa digunakan untuk lapor gangguan IndiHome.
Seperti yang udah kulakukan saat koneksi internetku lambat banget, aku buka aja aplikasi myIndiHome punyaku.Pada laman awal klik menu “Bantuan” kemudian pilih layanan live chat “Indita” dan sampaikan gangguan yang kamu alami.


3. Lapor Lewat Twitter


Kamu bisa lapor lewat twitter buat gangguan IndiHome seperti lampu internet modem mati, ataupun los merah.


Cara ini juga lebih hemat pulsa, karena cukup membutuhkan beberapa Mb saja buat melaporkan kendala yang kamu alami. Lapornya lewat akun @indihome atau @indihomecare yah.


4. Datang ke Plasa IndiHome Terdekat


Kalau cara-cara tersebut belum berhasil, kamu bisa langsung mengunjungi plasa IndiHome terdekat di domisilimu. 
Ternyata mudah kan mengatasi gangguan internet provider dengan empat cara yang sudah aku sebutkan. Kamu bisa tetap menikmati akses internet cepat dengan penanganan tepat.


Bye..bye internet lemot!

Ikuti tulisan menarik Lintang Gumilang lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Senin, 10 Juni 2024 12:33 WIB

Terpopuler

Pagan

Oleh: Taufan S. Chandranegara

Senin, 10 Juni 2024 12:33 WIB