x

Iklan

Christian Saputro

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 18 Juni 2022

Jumat, 24 Maret 2023 13:09 WIB

Berenang dan Uji Nyali di Ketinggian Awan

Beberapa tahun lalu aku pernah menjejakkan kaki di Umbul Sidomukti. Kawasan wisata di atas ketinggian bukit Ungaran ini memang memesona. Tetapi waktu itu masih dikelola seadanya.Saya berpikir suatu waktu kawasan ini bakal menjadi salah satu destinasi wisata pilihan di Jawa Tengah.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pernahkah Anda merasakan sensasi berenang di ketinggian awan? Kemudian menjajal uji nyali flying fox dan menyeberangi jurang dengan marine bridge ? Sensasi dan aktivitas yang menantang  dan memacu andrenalin ini hanya bisa Anda nikmati di kawasan wisata Umbul Sidomukti, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. Uji nyali sekaligus menikmati pesona di ketinggian awan.

Beberapa tahun lalu aku  pernah menjejakkan kaki di Umbul Sidomukti. Kawasan wisata di atas ketinggian bukit Ungaran ini memang memesona. Tetapi waktu itu masih dikelola seadanya.Saya berpikir  suatu waktu kawasan ini bakal menjadi salah satu destinasi wisata pilihan di Jawa Tengah.

Beberapa waktu seorang teman backpakers mengabariku kalau kawasan ini sudah digarap jadi kawasan wisata terpadu.Maka begitu ada  kesempatan aku  jadi penasaran untuk membuktikannya. Dari kota Semarang aku sengaja naik bus umum jurusan Bandungan. Sesampainya di  Pasar Jimbaran aku turun, kemudian melanjutkan dengan ojek wisata (Jekwis) ke Umbul Sodomukti.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Pasalnya, memang belum ada kendaraan umum yang beroperasi langsung ke kawasan ini. Untuk ke kawasan wisata Umbul Sidomukti memang harus ekstra hati-hati, apalagi membawa kendaraan roda empat, karena selain jalannya menanjak juga sempit. Untuk simpangan roda empat sebenarnya masih bisa tapi sangat mepet .Inilah salah satu alasan mengapa aku memilih kendaraan umum.

 

Ada sensasi tersendiri yang aku rasakan, ketika  ojek yang membawaku membelah kabut pagi  menuju puncak Ungaran. Udara pagi begitu sejuk. Kawasan pedesaaan yang benar-benar masih alami. Di kanan kiri jalan hamparan kebun dan sawah berundak  yang menghijau.

 

Memang ada sedikit perubahan, kini jalan menuju kawasan ini beberapa ruas jalan sudah dibetonisasi. Aku mendapat info kalau yang memperbaiki ruas jalan ini PT PAS (Panorama Agro Sidomukti)  pengembang kawasan wisata ini sebagai bagian CSR. Perubahan lainnya, sebelum memasuki pintu gerbang kawasan wisata Umbul Sidomukti , kini ada  fasilitas Pondok Wisata.

 

Setelah sekira lima belas menit perjalanan dengan jarak tempuh 3,5 km akhirnya aku sampai ketujuan. Setelah membayar tiket, aku masuk kawasan wisata ini.Begitu mataku  melayangkan pandang, pesona keindahan menyergap.konfigurasi alam yang begitu indah menghampar di hadapan dan sekelilingku. Begitu memesona.

 

Aku tak sadar sudah berdiri di ketinggian 1200 meter dpl. Hutan pinus, hamparan sawah berundak, air terjun,  aliran sungai dan kabut pegunungan. Jauh di seberang sana terlihat Bukit Kembar Cimanggal, Gunung Ungaran, dan Gunung Merbabu. Sebuah harmoni alam yang benar-benar ciamik.Kawasan Wisata Umbul Sidomukti ini memamg berada di lereng gunung Ungaran dengan ketinggian 1200 dpl. Tuhan begitu indah melukis kawasan ini di atas kanvas keagungaNya.

Kolam Renang di Atas Awan

Selain bentang alam yang indah yang menjadi daya tarik kawasan wisata Umbul Sidomukti adalah kolam renang alam. Taman renang umbul alam Umbul Sidomukti terletak di lereng gunung Ungaran dengan ketinggian 1100 dpl, diapit jurang dikedua sisinya.

Kolam renang  Umbul Sidomukti yang dibuka 2 Agustus 2007 itu dibangun dengan desain kolam tradisional, bergaya minimalis tetapi menawarkan kenyamanan bagi pengunjung. Dinding kolam bertingkat ini disusun dari tumpukan batu alam. Ini menjadikan penampilannya lebih unik, sederhana, dan terasa akrab bagi pengunjung. Di tamannya banyak tempat duduk berundak model panggung terbuka sehingga pandangan bebas ke segala penjuru.
Dan disisi kanannya sepanjang lereng berjajar saung tempat. Benar-benar seperti teater terbuka di tengah bentangan alam yang indah.

Hijau Sawah Berundak

Lokasi ini sengaja dipilih pengelola, karena keindahan pemandangannya, airnya yang bening dan kesegaran udaranya. Kolam renang ini sumber airnya berasal dari mata air alam yang mengalir sepanjang tahun. Sumber air Tuk (mata air) Ngetihan yang airnya konon menyegarkan jiwa dan dipercaya dapat membuat awet muda.  Tuk Ngetihan  ini mata nya memiliki umbul ---air yang memancar dari tanah---yang memancar setinggi 1,5 meter dari dasar kolam. Konon. kolam renang alam Umbul Sidomukti, ini  disebut-sebut tertinggi di Indonesia bahkan Asia.

Kolam renang alam  Umbul Sidomukti ini memang  tergolong unik. Kolam renang ini berlokasi  di lereng Gunung Ungaran, persis di tepi jurang dan lembah Ungup-ungup. . Dan air umbul yang mengalir sepanjang tahun itulah sumber air utama untuk taman renang alam Umbul Sidomukti. Limpahan air tersebut meluber ke kolam di bawahnya, selanjutnya menuju kebun dan sawah-sawah.

Sensasi yang kita rasakan kalau berendam atau berenang di kolam renang ini seakan berada di khayangan. Fantatis, karena di puncak ketinggian ini sejauh mata memandang kita melihat hamparan alam hijau dan awan yang begitu dekat, apalagi ketika kabut menyergap. Menikmati sensasi dan kesegaran mata air murni pegunungan yang terletak di atas 1100 dpl . Mantan Menteri Lingkungan Hidup Siswono Yudohusudo  Owner sekaligus Direksi PT PAS berharap kawasan wisata ini bakal menjadi magnet baru wisatawan nusantara dan mancanegara.

 Wisata Keluarga

Management PT PAS sebagai pengelola kawasan ini sangat jeli menangkap peluang keindahan alam desa Sidomukti, PT PAS  mengelola kawasan ini dengan konsep  REAL atau Recreation (hiburan), Education (pendidikan), Adventure (petualangan), dan Leisure (pengisian waktu senggang). Di lahan PT PAS seluas 36 hektare tersebut di bangun kawasan wisata keluarga dan kini juga digunakan untuk outbound dan bumi perkemahan modern.  Di samping itu ada pula sekitar 400 hektare lahan Perhutani yang layak untuk wisata trekking atau jelajah  hutan.

Kawasan wisata Umbul  Sidomukti ini tak sekadar menawarkan  pesona alam, tetapi juga menantang pengunjung untuk menguji nyali. Di antara lembah yang ada terpasang flying fox sepanjang 110 meter dan 60 meter dengan ketinggian 70 meter. Dengan ke dalaman lembah lebih dari 70 meter sangat mungkin flying fox tersebut yang tertinggi di Indonesia.

Atau, Anda ingin meniti marine bridge (jembatan tali) sepanjang 60 meter dan terombang-ambing di atas jurang dalam sergapan kabut? Ini memang sebuah sensasi. Selain memacu andrenalin juga juga menguji nyali kita. Ada Anda ingin kegiatan lain seperti rapeling menuruni jurang, berkuda dan adu kelincahan di sirkuit alam di arena ATV.

Marine Bridge

Tantangan alam  lain adalah river up trekking alias susur sungai.  Jalur aliran air sungai yang jernih pada cekungannya Umbul Sidomukti menawarkan sensasi tersendiri. Biasanya, pengunjung secara rombongan menyusuri sungai kecil di loka wisata alam ini.

Umbul Sidomukti selain menawarkan panorama juga jalur trekking ke puncak Gunung Ungaran, Gua Jepang, dan Kebun Teh Medini. alami.

Untuk anak-anak tersedia wahana melatih keberanian dan sportivitas. Untuk mereka, ada flying fox anak sepanjang 15 meter. Fasilitas lainnya yaitu camping ground atau lokasi kemah. Di atas lahan perkemahan ini pengunjung dapat menikmati malam di alam bebas. Berkemah sambil menimkati api unggun di atas tingginya tebing pegunungan. Kawasan wisata ini juga menyediakan outbound untuk sekolah dan perusahaan yang dikelola secara professional oleh Ragentar outbound training dan olah nyali.

 

Usai melakukan aktivitas berenang dan uji nyali, lezatnya sajian makanan pondok lesehan bisa dinikmati. Pondok lesehan Umbul Sidomukti  ini selain menyajikan makanan segar juga menyajikan ikan dan ayam bakar yang panas di tengah sejuknya udara pegunungan.

Keberhasilan PT PAS juga tidak luput dari keterlibatan masyarakat sekitar. Ada jasa pemandu kuda, ojek wisata (jekwis), dan pemandu wisata. Di desa itu juga dibentuk Kelompok Masyarakat Sadar Wisata (Pokdarwis).
Selain ada petunjuk arah, warga turut memandu pengunjung yang hendak naik ke Umbul Sidomukti,

 Pondok Wisata atau Berkemah

Di kawasan Wisata ini terdapat pondok wisata yang representative. Selain menyediakan kamar juga menyediakan fasilitas meeting komplet. Bahkan meski di atas gunung pihak pengelola juga menydiakan fasilitas free hot spot. Tarip permalam Rp 350 ribu – Rp 500 ribu permalam. Sedangkan untuk yang ingin berkemah disediakan fasilitas sewa tenda dome, slepping bag, matras dan baterai . Untuk lokasi  dikenakan biaya Rp 15 ribu pertenda.

Jalan Menuju Sidomukti

Untuk menuju kawasan wisata Umbul Sidomukti yang jaraknya sekitar 40 kilo meter dari Semarang  ini tak sulit. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari arah Semarang atau Solo sesampainya di pom bensin Lemah Abang, belok ke arah Bandungan. Kemudian sekitar 50 meter dari Pasar Jimbaran begitu ada pintu gerbang kawasan wisata ini belok kanan terus menuju Sidomukti sekira 3,5 kilometer jaraknya.Kalau membawa kendaraan pribadi Anda harus ekstra hati-hati.

Sedangkan kalau mau naik mobil umum dari Semarang bisa naik bus jurusan Bandungan dengan ongkos sekitar Rp 5 ribu. Berhenti di Pasar Jimbaran meneruskan perjalanan dengan Jekwis (Ojek Wisata) dengan ongkos Rp 15 ribu, selain mengantar pengojek juga bisa di pesan untuk menjemput sesuai waktu yang disepakati.

*) Christian Heru Cahyo Saputro, pejalan, suka motret, tukang tulis dan suka berbagiberkisah tinggal di Semarang

 

Ikuti tulisan menarik Christian Saputro lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Hanya Satu

Oleh: Maesa Mae

Kamis, 25 April 2024 13:27 WIB