x

Iklan

Ali Mufid

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 14 April 2023

Jumat, 14 April 2023 13:03 WIB

Alumni Connect PPI Dunia: Silaturahmi dan Sinergi untuk Negeri

Acara ini merupakan forum silaturahmi sekaligus menjadi langkah awal mempertemukan para alumni PPI yang pernah belajar di luar negeri.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Alumni Connect Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia menggelar Gala Dinner. Forum ini sebagai upaya memperkuat jaringan alumni antar pelajar Indonesia yang pernah menempuh pendidikan di luar negeri.

Koordinator PPI Dunia Achyar Alrasyid mengatakan acara ini merupakan forum silaturahmi sekaligus menjadi langkah awal mempertemukan para alumni PPI yang pernah belajar di luar negeri.

Harapannya, semua pelajar bisa kita himpun membentuk satu wadah bersama untuk memberikan kontribusi bagi bangsa,” kata Achyar di Aula PT Paragon Technology and Innovation, Jakarta.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Upaya memperkuat jaringan alumni ini selaras dengan spirit peserta yang hadir. Setidaknya ada 200 lebih yang hadir mulai dari alumni pelajar Amerika Serikat, Inggris, Australia, Singapura, Jepang, Thailand, Vietnam, Tiongkok, Afrika Selatan, Arab Saudi, Belanda, Rusia, Lithuania, Filipina, India, Prancis, Italia, Turki, Jerman, dan Malaysia.

CEO PT Paragon Technology and Innovation Salman Subakat menyampaikan, PPI merupakan bagian penting sejarah Indonesia sejak zaman Hindia-Belanda. Salman yang merupakan alumni pelajar luar negeri ini mengingatkan bahwa PPI memiliki pengaruh besar sehingga perlu diperlihara silaturahminya.

“Ini (PPI) kan pengaruhnya besar, harus terus kita bawa baik pada saat menjadi anggota PPI, maupun sudah menjadi alumni,” ujarnya.

Kedepan, lanjut Salman, agar menjaga eksistensi alumni dan kiprah untuk Indonesia, Alumni Connect akan membangun kerjasama dengan Pemimpin.id, menyusun agenda progresif seperti workshop dan sharing session dari para alumni PPI yang sudah berkarir sesuai bidang masing-masing.

Gala Dinner ini sekaligus menjadi forum diskusi bersama dan menghadirkan beberapa tokoh yang pernah berkontribusi membesarkan organisasi pelajar Indonesia di berbagai negara. Antara lain, Deputi Sekretariat Wakil Presiden Republik Indonesia Velix V Wanggai, Deputi SDM dan TI Kementerian BUMN Tedi Bharata, Head of Research Center for Cooperative, Corporation, and People Economy di BRIN Irwanda Wisnu Wardhana, Omega Education Joko Purnomo, dan Senior Manager Unilever Achmad Adhitya.

Deputi SDM dan TI Kementerian BUMN Tedi Bharata mengapresiasi atas dilaksanakannya Gala Dinner ini. Melalui Alumni Connect yang menjadi bagian dari agenda pertemuan itu, bisa menjadi sebuah wadah kolaborasi dan sinergi yang berkelanjutan.

“Peran PPI ini central dari zaman dulu hingga saat ini. Alumni Connect ini salah satu wahana untuk kita bisa berkolaborasi secara berkelanjutan,” kata Tedi Bharata.

Alumni Connect ini juga mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak, antara lain Ikatan Alumni Luar Negeri (IKRAR), Jaringan Alumni Luar Negeri (JALAR), Alumni PPI Dunia (APPID). Termasuk komunitas penggerak sosial Pemimpin.id. Adapun silaturahmi ini menjadi bagian dari Road to Alumni Connect, yakni sarasehan Alumni PPI Dunia, dimana puncaknya akan digelar pada Mei 2023.

Ikuti tulisan menarik Ali Mufid lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler