x

Digital Bisa untuk Semua (sumber: stories-freepik.com)

Iklan

Slamet Samsoerizal

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Maret 2022

Rabu, 17 Mei 2023 08:59 WIB

Inilah 5 Situs Informasi Gizi Ihwal Fakta Pangan Berbasis Sains

Menemukan website atau situs teoercaya tentang makanan mengonfirmasi kenyamanan. Sementara situs yang tak memiliki otoritas, bisa-bisa berdampak pada kesehatan. Berikut 5 situs informasi gizi ihwal fakta pangan berbasis sains.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Ada banyak situs atau website  yang mendaku sebagai pakar nutrisi. Padahal sejatinya, mereka hanya gadungan.  Jika Anda tahu ke mana mencarinya, ada banyak sumber daya berbasis bukti yang akan memberi Anda informasi nutrisi yang andal, akurat, dan praktis.

Mengutip dari laman laman MUO, berikut adalah lima tempat di web untuk mendapatkan fakta nutrisi yang didukung sains.

 

  1. Food Insight

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Food Insight adalah panduan orang awam untuk menemukan informasi berbasis sains tentang makanan, didukung oleh Dewan Informasi Pangan Internasional (IFIC), sebuah organisasi riset konsumen nirlaba yang berfokus pada keamanan dan informasi pangan. Sebagian besar datanya berupa artikel dan posting blog yang mendalami suatu topik sekaligus membuatnya mudah dipahami oleh orang biasa.

 

Anda dapat menelusuri artikel berdasarkan diet, bahan, label, nutrisi, produksi, keamanan, sains, keberlanjutan, dan pemanis. Situs ini juga memiliki pencarian yang kuat untuk menemukan apa yang Anda cari dengan cepat.

 

Meskipun ada artikel baru setiap minggu, Anda mungkin ingin berlangganan buletin triwulanan setelah pertama kali menjelajahi situs dan mempelajari informasi nutrisi. Ini akan memberi Anda semua pembaruan ilmiah tentang nutrisi yang perlu Anda ketahui tanpa harus memeriksa situs secara teratur.

 

Salah satu hal paling keren yang akan Anda temukan di Food Insight adalah Go-To Resource for Everything Caffeine, tempat mereka mengumpulkan berbagai informasi tentangnya di satu tempat. Anda dapat memeriksa IQ kafein Anda, memahami berbagai sumber yang Anda konsumsi tanpa mengetahuinya, dan mempelajari cara mengonsumsinya dalam jumlah yang sehat dalam asupan harian Anda.

 

 

  1. NutritionFacts.org

 

Dokter Dr. Michael Greger memulai NutritionFacts.org setelah frustrasi dengan banyaknya saran nutrisi yang salah atau tidak ilmiah di internet. Tujuan situs ini hanya menyajikan penelitian dan fakta berbasis bukti tentang apa yang kita konsumsi melalui video, podcast, dan postingan blog.

 

Dr. Greger adalah penganjur makanan utuh, pola makan nabati dan secara terbuka mengritik produk makanan yang berasal dari hewan. Situs ini menampung lebih dari 2000 video tentang berbagai topik kesehatan dan nutrisi seperti diet, penyakit, bahan makanan, bahan makanan.

 

Disamping itu, ada video hari ini untuk mendapatkan beberapa informasi baru setiap hari. Jika Anda lebih suka membaca, mulailah dengan Panduan Makan Berbasis Bukti ebook gratis, atau lompat ke blog untuk cara terorganisir untuk menemukan informasi yang Anda inginkan.

 

NutritionFacts.org memiliki beberapa sumber gratis lainnya untuk pasien dan dokter, termasuk infografis, templat, dan daftar periksa untuk mempelajari lebih lanjut tentang konsumsi kita. Dr. Greger juga membuat template diet yang disebut Daily Dozen, sebuah daftar periksa untuk mengingatkan diri Anda sendiri untuk memasukkan makanan tersehat dan porsi idealnya ke dalam diet harian Anda.

 

Anda juga harus melihat Fakta Nutrisi podcast dengan Dr. Greger, salah satu aplikasi makanan terbaik untuk menyederhanakan nutrisi. Itu adalah episode singkat berdurasi 15 menit di mana Dr. Greger memilih topik dan memecahkan mitos umum sambil menjelaskan fakta ilmiah.

 

  1. MyFoodData

MyFoodData, pada intinya, adalah perencana makanan dan aplikasi pencatatan makanan harian bagi mereka yang ingin melacak apa yang mereka makan dan nutrisi apa yang didapat tubuh mereka. Tetapi bagian terbaik dari situs ini adalah rangkaian alat web online yang mencakup segala sesuatu yang berhubungan dengan nutrisi.

 

Anda dapat mencari atau menelusuri item makanan untuk mempelajari data nutrisinya, dan basis datanya juga menyertakan banyak makanan kemasan bermerek. Alat peringkat nutrisi memeringkat makanan berdasarkan nutrisi paling banyak atau paling sedikit, dan Anda juga dapat memfilternya berdasarkan kelompok makanan. Alat perbandingan memungkinkan Anda memeriksa perbedaan antara dua makanan berdasarkan protein, karbohidrat, kalori, gula, dan serat.

 

Mungkin jagoan di MyFoodData adalah spreadsheet data nutrisi yang sangat besar. Benar, seluruh basis data yang digunakan alat MyFoodData tersedia sebagai file Google Sheet atau Excel gratis untuk Anda unduh dan gunakan sesuai keinginan. Faktanya, ada spreadsheet gratis lain untuk mereka yang mencari data pemecahan lemak terperinci yang tidak tersedia di file utama.

 

  1. Basis Data Terbaik

 

Anda selalu dapat menjalankan pencarian Google untuk item makanan apa pun untuk mendapatkan hasil cepat tentang nilai nutrisinya. Tapi ini tidak selalu bisa dipercaya, terutama saat Anda menjadi lebih spesifik atau eksotis. Jika Anda menginginkan basis data besar yang dapat dicari dari informasi nutrisi yang andal dan terverifikasi, cobalah Nutritionix.

 

 

Basis data dibagi menjadi tiga kategori utama. Pertama, makanan grosir, dengan lebih dari 850.000 item di 43.000+ merek, memungkinkan Anda menemukan informasi dengan cepat tentang item kemasan apa pun yang mungkin Anda temukan di supermarket.

 

Kedua, makanan restoran menyertakan informasi nutrisi untuk item menu di jaringan makanan cepat saji, pencuci mulut, toko roti, dan restoran populer. Ketiga, makanan umum adalah makanan biasa yang Anda gunakan di rumah, seperti sayuran, daging, susu, dan makanan lainnya.

 

Untuk setiap item, Nutritionix menampilkan label Fakta Nutrisi seperti yang Anda lihat di bagian belakang produk. Pilih ukuran porsi dan Anda akan menemukan semua nutrisi dan nilainya. Bagan pai juga memecah kalori berdasarkan protein, lemak, dan karbohidrat. Nutritionix juga menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membakar kalori tersebut melalui latihan berjalan, berlari, dan bersepeda.

 

  1. Podcast Nutrisi Dengan Pakar Pangan

Melissa Joy Dobbins adalah Ahli Gizi Ahli Gizi Terdaftar dengan gelar Master dan menyelenggarakan podcast Sound Bites untuk berbagi informasi nutrisi sambil berbicara dengan pakar makanan. Setiap tamu kredibel dan dipercaya, dengan penelitian berbasis sains sebagai landasan dari semua diskusi.

 

Sound Bites telah mengumpulkan banyak penggemar karena Dobbins adalah "RD Bebas Rasa Bersalah". Dobbins memiliki filosofi bahwa, terlalu sering, pola makan modern dan saran nutrisi berfokus pada membuat orang merasa bersalah atas apa yang mereka makan. Sebaliknya, pendekatannya di setiap episode adalah untuk mendorong cara praktis untuk makan dan minum lebih banyak makanan bergizi sambil merasa nyaman dengan diri sendiri.

 

Ada lebih dari 200 episode masing-masing sekitar 50 menit, yang mencakup item atau kelompok makanan tertentu, diet, perilaku makanan di antara kelompok umur, dan sebagainya. Setiap episode adalah diskusi antara Dobbins dan pakar topik itu. ***

 

 

 

 

 

 

 

Ikuti tulisan menarik Slamet Samsoerizal lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler