x

Iklan

smkdoksoet cnc

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 17 Januari 2023

Sabtu, 3 Juni 2023 16:04 WIB

Prinsip Kerja, Pengoperasian, dan Jenis Mesin CNC

artikel ini dibuat untuk memberi informasi tentang mesin CNC

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Istilah CNC adalah singkatan dari “Computer Numerical Control” dalam Bahasa Indonesia komputer kontrol numerik, dan definisi CNC adalah bahwa Mesin ini merupakan mesin yang digunakan dalam proses manufaktur yang biasanya menggunakan kontrol terkomputerisasi dan peralatan mesin. Kelebihan yang paling dominan yaitu kecepatan dalam proses produksi sehingga cocok digunakan untuk produksi masal.

Mesin CNC pertama diciptakan pertama kali pada tahun 1940-an dan 1950-an, dengan memodifikasi mesin perkakas biasa. Pada awalnya mesin ini diperuntukkan untuk membuat benda kerja yang rumit namun karena biaya pembuatan dan volume unit pengendali yang besar hanya sedikit perusahaan yang mau berinvestasi dalam pengembangan teknologi ini. Tahun 1975 adalah tahun dimana mesin kontrol otomatis ini mulai berkembang pesat karena sudah adanya mikroprosessor sehingga volume unit pengendali dapat diperkecil dan disederhanakan. Saat ini mesin CNC sudah banyak dipergunakan di segala bidang, seperti di bidang pendidikan dan riset, serta tentunya industri-industri berskala nasional/internasional.

6 Bagian Utama Mesin CNC

  1. Program
  2. Unit kendali atau processor
  3. Alat cekam benda kerja
  4. Motor listrik servo untuk menggerakan kontrol tools
  5. Motor listrik untuk menggerakan/memutar pahat (spindle)
  6. Cutting Tools (Pahat)
  7. Dudukan dan pemegang tools (Holder)

Prinsip Kerja CNC

Pertama, membuat program CNC sesuai produk yang akan dibuat dengan cara pengetikan langsung pada HMI mesin maupun dibuat pada komputer dengan perangkat lunak pemrograman CNC.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Program CNC tersebut, lebih dikenal sebagai G-Code, seterusnya dikirim dan dieksekusi oleh prosesor pada mesin CNC menghasilkan pengaturan motor servo pada mesin untuk menggerakan perkakas yang bergerak melakukan proses permesinan hingga menghasilkan produk sesuai program.

Alur Proses Pemesinan CNC

Berkembang dari proses pemesinan kontrol numerik (NC) yang menggunakan kartu pita berlubang, pemesinan CNC merupakan proses manufaktur yang menggunakan kontrol terkomputerisasi untuk mengoperasikan dan memanipulasi mesin dan alat pemotong untuk membentuk benda kerja misalnya, logam, plastik, kayu, busa, dll. Meskipun ada begitu banyak jenis dan proses dalam pemesinan CNC, prinsip-prinsip dasar dari proses tersebut sebagian besar tetap sama. Proses pemesinan CNC dasar mencakup tahapan berikut:

  1. Mendesain model CAD
  2. Mengkonversi file CAD ke program CNC
  3. Mempersiapkan mesin
  4. Menjalankan operasi pemesinan di mesin

Cara Pengoperasian

Umumnya cara mengoperasikanya yaitu dengan memasukkan perintah numeric melalui tombol-tombol yang ada pada panel instrument di tiap-tiap mesin. Ada 2 sistem koordinat pada proses pembuatan program di mesin cnc yaitu sistem koordinat absolute dan sistem koordinat incremental.

Jenis-Jenis Mesin CNC

Pada dasarnya mesin produksi yang telah menggunakan kontrol CNC sudah banyak dipergunakan dalam industri manufaktur, namun kita akan membahas secara garis besar mengenai proses pemrograman Bubut CNC dan mesin Milling CNC atau frais.

Mesin Bubut CNC

Bubut CNC (Lathe CNC) yaitu suatu proses bubut dengan menggunakan mesin bubut CNC dilakukan dengan menggunakan kode-kode standar. Kode yang digunakan untuk mengoperasikan mesin bubt CNC yaitu kode G dan kode M. Mesin bubut CNC memiliki sumbu yang sama dengan mesin bubut konvensional yaitu sumbu X dan sumbu Z. Beberapa kelebihan dari penggunaan mesin bubut CNC adalah sebagai berikut:

  • Hasil produksi akan seragam baik dalam bentuk dan ukuran.
  • Toleransi dapat disesuaikan dengan harapan operator.
  • Proses kerja yang cepat sehingga dapat menghemat waktu kerja.
  • Biaya proses dakan semakin murah.
  • Pahat bubut CNC menggunakan Insert, jauh lebih hemat daripada pahat bubut konvensional.

Mesin Milling/Frais CNC

Sama seperti proses bubut kode-kode yang digunakan untuk mengoperasikan mesin milling/frais CNC ini yaitu kode G dan kode M. Pada mesin milling ada 3 buah sumbu yang dapat bergerak secara bersamaan yaituu sumbu X, Y dan Z. Pergerakan mesin ini dirancang terkoordinasi untuk mendapatkan lintasan tertentu, sehingga dapat dinamakan sumbu yang berkesinambungan atau sumbu kontur (contouring axis).Sumbu Z orientasinya bersamaaan dengan gerak putar spindle, sumbu X dengan arah gerak horizontal dan sumbu Y yang mengikuti kaidah tangan kanan sehingga membentuk sistem sumbu XYZ untuk menyatakan gerakan translasi pahat.

Kelebihan yang ditawarkan oleh mesin CNC yaitu:

  • Ketelitian yang tinggi
  • Ketepatan yang tinggi
  • Produktifitas yang tinggi
  • Dapat mengerjakan bentuk yang kompleks

 

Ikuti tulisan menarik smkdoksoet cnc lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler