x

Iklan

Bachtiar R. Pudya

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 30 Mei 2023

Sabtu, 17 Juni 2023 16:16 WIB

Menyoroti Potensi Bisnis Konstruksi dan Properti yang Menarik Dikembangkan

Bisnis konstruksi dan properti adalah bisnis pembangunan berbagai sarana dan prasarana yang nyaris tak pernah mati.Tentunya untuk memaksimalkan potensi dan peluang bisnisnya langkah dan strategi yang tepat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Perkembangan sektor bisnis konstruksi dan properti memiliki potensi usaha yang nyaris tak pernah mati.  Kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan fasilitas hunian dan infrastrukturnya terus bertambah di setiap tahunnya. Sehingga banyak juga pelaku usaha yang ikut terjun menggeluti bisnis ini. Nah, untuk mengikutinya, tidak bisa dilakukan secara sembarangan dan diperlukan ilmu khusus.

 

Potensi Dan Peluang Bisnisnya

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pada prinsipnya, bisnis konstruksi dan properti adalah bisnis pembangunan berbagai sarana dan prasarana. Tentunya untuk memaksimalkan potensi dan peluang bisnisnya langkah dan strategi yang tepat. Nah, beberapa jenis peluang  bisnis konstruksi dan properti yang dapat dijalankan para pebisnis pemula, antara lain :

 

1.Jual Beli Rumah

Jual beli rumah merupakan salah satu bagian bisnis properti yang banyak diminati, baik secara mandiri atau bergabung menjadi agen. Apalagi peluang bisnisnya cukup terbuka, mengingat banyak orang yang ingin punya rumah lebih dari satu. Sebab rumah dan tanah dipercaya bernilai ekonomi tinggi serta cocok  untuk investasi.

Dapat juga dilakukan dengan membeli rumah yang kemudian di renovasi untuk menambah nilai jualnya. Tapi sebelum membeli, periksa dulu kelengkapan dan kondisi rumahnya. Agar tidak terlalu besar modal yang perlu dikeluarkan.

 

2.Jual Beli Tanah

Tanah menjadi bagian dari bisnis konstruksi dan properti yang dapat diperjualbelikan baik untuk kebutuhan sarana maupun prasarananya. Bisnis jual beli tanah ini juga dapat dilakukan dengan menjadi agen atau pun secara mandiri, yang tentunya membutuhkan modal. Apalagi jual beli Tanah kavling perumahan, potensi bisnisnya cukup besar.

 

3.Sewa Rumah Atau Kamar Kost

Bisnis sewa rumah atau kamar kost menjadi pilihan bagi yang memiliki rumah dikota-kota besar dan dekat dengan perguruan tinggi. Selain dapat dilakukan dengan sewa harian, bulanan juga  tahunan tergantung dengan kebutuhannya. Bisnis ini cukup mudah, hanya dibutuhkan keberanian dan ketekunan untuk menjalankannya.

 

4.Menjadi Kontraktor

Kontraktor atau pemborong merupakan pelaksana kerja yang dilakukan sesuai dengan kesepakatan dari isi kontrak pekerjaannya. Bagi para pemula yang ingin menggeluti bisnis menjadi Kontraktor dapat memulainya dengan proyek sederhana. Selain tidak memerlukan teknologi tinggi maupun tenaga ahli tertentu, cukup tukang dan asistennya.

Proyek sederhana yang biasa dilakukan seperti membangun rumah untuk tempat tinggal atau pun rumah toko (ruko). Untuk pelaksanaannya kontraktor akan dibantu mandor yang akan mengawasi keseluruhan pekerjaan di lapangan. Untuk itu agar spesikasi proyek sesuai dengan kontrak kerjanya, diperlukan mandor yang sudah berpengalaman.

 

5.Jasa Konsultan Dan Manajemen

Peluang lain dalam bisnis konstruksi dan properti adalah dengan mendirikan biro jasa untuk konsultasi dan manajemen kontruksi. Biro untuk jasa konsulatasi dan manajemen ini sangat dibutuhkan untuk pembangunan dan pemeliharaan bangunan tinggi dan khusus, yang berskala besar. Sehingga diperlukan kemampuan untuk pengawasan mutu dan ketepatan waktunya.

 

6.Developer Atau Pengembang

Kebutuhan untuk mendapatkan rumah tinggal yang nyaman dan tenang serta tidak terlalu padat, merupakan peluang bisnis bagi pengembang yang modalnya masih terbatas. Proyek perumahan kecil seperti cluster cukup banyak peminatnya, bahkan cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Apalagi keluarga-keluarga muda, lebih cenderung memilih perumahan model cluster.

Untuk itu, pengembang  haruslah cermat dan tepat dalam memilih lokasi untuk proyek perumahannya. Semakin mendekati kota, peminatnya akan semakin banyak. Tentunya potensi keuntungannya pun akan semakin besar.

 

Nah, demikianlah potensi bisnis konstruksi dan properti yang menarik untuk dikembangkan, khususnya untuk wirausahawan pemula. Agar hasilnya lebih maksimal tentunya para pelaku usaha wajib mempelajari ilmu khusus yang berkaitan dengan bisnis ini. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Ikuti tulisan menarik Bachtiar R. Pudya lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

3 hari lalu