x

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Minggu, 18 Juni 2023 16:21 WIB

Manfaat Minum Teh Pucuk untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Teh Pucuk Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Solo – Minuman merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia pokok sehari – hari yang tidak lepas dari kehidupan manusia. Dikarenakan manusia tidak akan bisa bertahan lama hidup lebih lama daripada makan. Orang yang tidak makan akan masih bisa bertahan hidup lebih lama, tetapi orang yang tidak minum maka tidak akan bisa bertahan lama.

Input minuman yang kita minum sangat penting untuk kesehatan tubuh kita, apabila kita tidak bisa menjaga kesehatan tubuh manusia dengan minumyang cukup maka akan bisa mengganggu kesehatan ginjal. Maka dari itu konsumsi minuman yang baik setiap hari akan menentukan kesehatan kita ke depan.

 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu menu minuman yang sering manusia minum salah satunya adalah minuman teh. Minuman teh dinegara Indonesia sangat digemari bahkan hampir setiap hari masyarakat indonesia memulai minum dengan sajian teh atau kopi. Ternyata minum teh secara rutin dan asalkan tidak berlebih memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Salah satu anatomi teh yang sangat bagus yang memiliki nilai gizi yang baik bagi tubuh adalah teh pucuk. Teh pucuk diambil dari daun teh yang tepatnya berada paling ujung, dimana tidak terlalu tua ataupun tidak terlalu muda sehingga pas kematangannya.

Manfaat minum teh pucuk untuk kesehatan tubuh manusia antara lain karena kandungan antioksidan tinggi dan tidak berkurang, Teh Pucuk juga ternyata mampu membantu Anda dalam program pencegahan kanker. Zat antioksidan pada Teh Pucuk dapat membantu tubuh untuk melawan berbagai jenis kanker. Antioksidan yang tinggi juga mampu mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat zat radikal bebas.

Konsumsi teh pucuk sangat baik untuk kesehatan asalkan konsumsinya tidak terlalu berlebihan. Apabila terlalu berlebihan maka akan membuat sistem metabolisme bekerja berlebihan serta ginjal bekerja keras untuk melakukan filtrasi. Konsumsi teh pucuk disarankan meminum teh pucuk secara segar dan tidak dicampur dengan zat pengawet apapun.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji mengingatkan bahwa meskipun minum teh baik untuk kesehatan, tetatpi tidak disarankan mengkonsumsi teh secara berlebihan. Hal ini dikarenakan Kafein yang terkandung dalam teh dapat meningkatkan asam lambung yang menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan hingga muncul gejala mual, nyeri ulu hati, dan diare jika dikonsumsi dalam kondisi perut kosong, hingga berisiko mengalami GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) yakni asam lambung naik hingga kerongkongan. Maka dari itu untuk mengkonsumsi air teh disarankan sesuai dengan batas normal dan lebih baik lagi mengkonsumsi teh secara segar dan tidak dicampur dengan gula pasir. Untuk pencampuran pemanis teh, disarankan supaya sehat bisa dicampur dengan madu untuk pemanis alami. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu