x

Gambar oleh \x3ca href\x3d\x22https://pixabay.com/id/users/pexels-2286921/?utm_source\x3dlink-attribution\x26amp;utm_medium\x3dreferral\x26amp;utm_campaign\x3dimage\x26amp;utm_content\x3d1867751\x22\x3ePexels\x3c/a\x3e dari \x3ca href\x3d\x22https://pixabay.com/id//?utm_source\x3dlink-attribution\x26amp;utm_medium\x3dreferral\x26amp;utm_campaign\x3dimage\x26amp;utm_content\x3d1867751\x22\x3ePixabay\x3c/a\x3e

Iklan

ericawidiani

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 10 Maret 2022

Minggu, 18 Juni 2023 16:22 WIB

Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

Seiring berkembangnya zaman, penggunaan teknologi merupakan hal yang sudah biasa bagi kalangan masyarakat luas. Bahkan di saat istirahat pun, kita juga sering menghabiskan waktu sambil bermain ponsel pintar daripada benar-benar istirahat dengan tidur. Maka dari itu, pentingnya untuk kita mulai memperhatikan kesehatan mata. Agar kelak tidak ada penyesalan yang diakibatkan kurangnya perhatian kita terhadap kesehatan mata sendiri. Dalam artikel ini akan dijelaskna beberapa tips yang mungkin bisa membantumu untuk menjaga kesehatan mata di era digital ini. Semoga membantu.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada kemajuan digital seperti saat ini, kita cenderung banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer, ponsel pintar, atau perangkat elektronik lainnya. Tapi tanpa kita sadari, penggunaan elektronik yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan mata kita, seperti kelelahan mata, mata kering, dan masalah penglihatan jangka panjang. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan mata di era digital ini.

Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai serangkaian tips yang praktis dan efektif untuk menjaga kesehatan mata di era digital. dengan mengikuti tips ini, kamu bisa mengurangi risiko masalah mata yang sering terjadi dan mungkin sedang kamu alami akibat penggunaan perangkat digital dan memastikan mata kamu tetap sehat dan nyaman.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

cara menjaga kesehatan mata

Tips Menjaga Kesehatan Mata di Era Digital

Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba:

  1. Istirahatkan mata secara teratur: Memberikan istirahat pada mata dalam penggunaan elektronik merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, kebanyakan orang saat ini cenderung menatap layar dalam waktu yang lama tanpa memberikan istirahat yang cukup pada matanya. Untuk mengatasi itu, gunakan teknik “20-20-20” sebagai pengingat. Setiap 20 menit, fokuskan pandanganmu pada objek yang berjarak sekitar 20 kaki (sekitar 6 meter) selama minimal 20 detik. Hal ini membantu mengurangi kelelahan mata sekaligus dapat mengurangi stres yang terjadi pada mata akibat terus-menerus menatap  layar.
  2. Atur pencahayaan: Pencahayaan yang buruk dapat menyebabkan kelelahan mata dan bisa memperburuk kondisi mata yang sudah ada. Pastikan kamu berada dalam ruangan yang memiliki pencahayaan yang cukup. Jika mungkin, gunakan pencahayaan alami yang lembut. Hindari pencahayaan yang terlalu terang atau terlalu redup. penting juga untuk menghindari pantulan langsung dari layar pada matamu. Gunakan penutup layar atau filter anti-silau jika diperlukan untuk mengurangi pantulan yang mengganggu.
  3. Jaga jarak yang tepat: Jarak antara mata dan layar juga berpengaruh pada kesehatan mata. Pastikan kamu menjaga jarak yang cukup agar tidak membuat matamu sakit. jarak yang disarankan adalah sekitar 50-60 cm untuk layar komputer dan 30-40 cm untuk layar ponsel pintar. Selain itu, pastikan posisi kepalamu sejajar dengan layar dan sudut pandang matamu menghadap lurus ke layar. Ini akan membantu mengurangi tegangan pada mata dan leher.
  4. Lakukan pemeriksaan mata secara berkala: Terakhir, jangan lupakan pentingnya melakukan pemeriksaan mata secara berkala dengan dokter mata. Pemeriksaan mata secara rutin membantu mendeteksi masalah mata sejak dini dan mencegah kondisi yang lebih serius. 

Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda memberikan perhatian yang tepat pada kesehatan mata Anda dan mencegah masalah yang dapat timbul akibat penggunaan perangkat digital yang berlebihan. Ingatlah, menjaga kesehatan mata adalah investasi jangka panjang untuk kualitas hidup yang baik.

Jadi, mari kita jaga kesehatan mata kita di era digital ini. Mulailah dengan menerapkan tips-tips yang telah kami bagikan dalam artikel ini, dan rasakan perbedaan yang positif dalam kesehatan mata Anda. Dengan mata yang sehat, Anda dapat terus menikmati kemajuan teknologi dengan nyaman dan tetap menjaga kualitas penglihatan yang optimal.

Ikuti tulisan menarik ericawidiani lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler