x

Iklan

Lentera Pustaka

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 12 Agustus 2019

Sabtu, 24 Juni 2023 13:49 WIB

Pertanyaan Tegas untuk Dijawab, ke Mana akan Pergi Harta yang Tertinggal?

Pertanyaan tegas untuk kita jawab, ke mana akan pergi harta yang tertinggal? Berqurbanlah hingga ingat apa tujuan kita ada di dunia?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Realitas berikut ada di dekat kita. Ada orang yang begitu hebat dalam bertuhan, tapi sayang kemanusiaannya kosong. Ada orang yang begitu hebat dalam berilmu tapi adabnya begitu buruk. Ada orang yang begitu banyak hartanya tapi tidak peduli kepada orang-orang yang kelaparan. Jadi, untuk apa semua itu. Jika hidup pada akhirnya tidak memberikan manfaat kepada orang lain. Apakah kita lupa, tujuan manusia diciptakan di dunia ini?

Imbauan untuk berbagi dan sedekah, mungkin tidak akan pernah lekang oleh waktu. Ikhtiar untuk peduli kepada orang-orang membutuhkan uluran tangan kita. Kepada siapapun dan di mana pun. Tanpa mengenal status sosial bahkan latar belakangnya. Karena “Barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah Pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. Saba’: 39).

Sebentar lagi Idul Adha 1444 H tiba. Waktunya siapapun yang mampu untuk ber-qurban, menyembelih hewan. Sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT, di samping tanda syukur atas segala nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Bisa jadi, qurban dan sedekah yang kita lakukan akan buka pintu rezeki yang lain.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

 

Karena sejatinya, orang yang berqurban dan rajin sedekah tidak akan jatuh miskin dan bangkrut. Apa ada orang yang bersedekah lalu miskin karenanya. Jangan khawatir, ber-qurbanlah. Mungkin qurban itu yang menjadikan kita lebih berkah, lebih baik lagi ke depan. Apalagi qurban tetap lebih utama dari sedekah yang senilai qurban.

 

Sangat disayangkan, bila siapapun enggan berqurban tahun ini. Benar-benar rugi dan mungkin belum tentu kesempatan ber-qurban ada lagi. Jadi, kenapa masih ragu ber-qurban tahun ini? Nabi Muhammad SAW sudah meyakinkan kita bahwa “Sedekah tidaklah mengurangi harta.” (HR. Muslim no. 2558). Jadi, ke mana akan pergi harta yang tertinggal?

 

Ada orang yang begitu banyak hartanya tapi tidak peduli kepada orang-orang yang kelaparan. Hingga lupa dari mana berasal dan mau ke mana akan menuju? Siapapun di dunia ini, sesungguhnya diperintahkan untuk beribadah kepada-Nya. Untuk senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

 

Hidup adalah timbal balik. Apa yang disedekahkan akan kembali, apa yang ditanam juga akan tumbuh. Maka apa yang diqurbankan pun akan berbuah pahala. Semoga menjadi berkah. Salam literasi!

 

Ikuti tulisan menarik Lentera Pustaka lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

4 hari lalu