x

(Sumber:Tumisu/Pixabay).

Iklan

Harrist Riansyah

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 7 April 2023

Senin, 26 Juni 2023 13:31 WIB

Plus Minus ChatGPT di Masa Depan

Bagi sebagian yang meilih netral bisa mengurangi munculnya konflik di masyarakat. Tetapi terkadang orang perlu berpihak untuk alasan yang positif. Termasuk dalam munculnya fenomena ChatGPT ini.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Pada awal tahun ini dunia dihebohkan dengan namanya ChatGPT. ChatGPT sendiri merupakan chatbot AI (Artificial Intellegence) yang menggunakan model bahasa generatif yang menggunakan teknologi transformer yang berguna untuk banyak hal, dari mencari informasi, membuat cerita pendek, menerjemah suatu teks hingga membuat bahasa komputer sederhana.

Munculnya ChatGPT buatan perusahaan OpenAI ini membuat masyarakat dunia bertanya-tanya akan plus-minus atau peluang dan ancaman dari adanya Chat GPT dan semakin berkembangnya AI yang digadang-gadang akan membawa perubahan besar dalam kehidupan manusia di masa depan.

Dalam tulisan kali ini penulis akan menyampaikan opininya terkait peluang dan ancaman apa saja yang mungkin terjadi dengan munculnya ChatGPT yang bisa diakses oleh masyarakat secara masif.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Memudahkan pencarian

Keuntungan pertama yang paling terlihat dari munculnya ChatGPT ialah memudahkan pencarian seseorang di internet. Bila kita biasa melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google dan Opera biasanya kita tidak langsung disajikan keinginan yang kita cari namun hanya ditampilkan website-website yang dianggap paling relevan. Berbeda dengan Chat GPT jika kita menuliskan secara detail yang ingin kita cari Chat GPT akan menjelaskan secara detail yang kita ingin sehingga kita tidak perlu mencari-cari lagi dengan membuka website lain dengan kemungkinan belum tentu kita langsung menemukan maksud yang kita cari.

Efisiensi pekerjaan

Adanya aplikasi ini tentu membuat mempermudah pekerjaan seseorang yang mungkin sebelumnya perlu memakan banyak waktu tetapi bisa dipersingkat dengan adanya aplikasi ini sehingga orang-orang yang bisa memaksimalkan teknologi ini tentu akan meningkatkan efisiensi kerja mereka yang berarti produktifitas mereka juga meningkat.

Mendorong inovasi baru

Penemuan mesin uap pada abad ke-18 membawa dunia pada Revolusi Industri yang mendorong inovasi secara besar-besaran diberbagai bidang. Hal serupa juga terjadi pada saat munculnya internet pada akhir abad ke-20 yang diikuti munculnya world wide web (www), dan aplikasi-aplikasi lain yang menjad raksasa besar dalam perekonomian dunia seperti Google dan Meta (induk perusahaan Facebook). Tentu inovasi baru juga akan dilanjutkan dengan munculnya ChatGPT.

Menghilangkan banyak pekerjaan

Kendati membawa banyak hal positif dengana kemunculan, namun bukan berarti ChatGPT tidak memiliki efek negative ataupun ancaman bagi manusia di masa mendatang. Hal yang bisa dianggap paling pasti dan diyakini oleh banyak orang bahkan organisasi internasional yaitu banyaknya hilang pekerjaan konvensional yang berarti akan banyak orang yang kehilangan pekerjaan mereka dan tentu ini akan menjadi ancaman yang sangat besar terutama bagi mereka yang terbilang sudah mendekati masa pensiun yang dihadapkan pada teknologi baru yang sulit bagi mereka untuk menyesuaikan diri.

Terpaksa Beradaptasi

Hilangnya banyakanya pekerjaan akibat munculnya ChatGPT dan semakin berkembangnya AI tentu ini akan memaksa semua orang untuk beradaptasi denga hal baru ini karena jika tidak mau beradaptasi atau bahkan menolaknya bukan tidak mungkin kita akan semakin disingkirkan dan seperti teori evolusi Darwin akan ada semacam seleksi alam yang bisa lolos menghadapinya adalah orang-orang yang mau beradaptasi dengan perubahan terjadi dan akan terus terjadi di masa depan.

Di “tuhan” kan

Dari sekian potensi buruk dari munculnya ChatGPT kemungkinan besar akan muncul orang-orang yang menganggap semua informasi yang diberikan oleh ChatGPT seluruhnya adalah kebenaran yang akan menimbulkan kesan men-tuhan-kan ChatGPT. Tentu ini akan buruk bila hal-hal tentang isu sensitif kita akan menerima secara mentah informasi yang diberikan tanpa ada proses berpikir kritis bisa berakibat fatal. Apalagi bagi yang sudah mencoba menanyakan ChatGPT mengenai hal-hal sensitif seperti SARA ataupun politik jawaban yang diberikan cenderung akan bersifat netral.

Mungkin bagi sebagian orang dengan bersifat netral merupakan hal baik karena bisa mengurangi probilitas munculnya konflik di masyarakat. Tetapi tentu netral bukan berarti yang terbaik terkadang perlu adanya keberpihakan dalam beberapa kasus yang tentu saja keberpihakan ini dimaksudkan untuk alasan yang positif bukan negatif seperti adanya kepentingan pribadi, ingin memecah belah dan lain sebagainya.

Adanya ChatGPT dengan plus minus kemunculannya tentu kita sebagai manusia yang diberkahi dengan akal perlu menyeleksi dan menyesuaikan diri dengan munculnya setiap teknologi baru bukan menerimanya atau menolaknya tanpa pikir panjang terlebih dahulu.  

Ikuti tulisan menarik Harrist Riansyah lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Numerik

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu