x

Sumber gambar : merdeka.com

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Rabu, 28 Juni 2023 06:14 WIB

Efek Makan Berat di Atas Pukul 22.00 bagi Kesehatan

Efek Bahaya Makan Berat diatas Jam 10 Malam Bagi Kesehatan

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Solo – Makan merupakan salah satu kebutuhan fisiologi tubuh manusia yang dilakukan setiap hari. Tujuan dari makan adalah memberikan nutrisi bagi seluruh tubuh yang diedarkan ke seluruh tubuh dan digunakan sebagai pembangun sel, energi hingga kesehatan tubuh manusia. Kekurangan nutrisi bisa menyebabkan busung lapar atau malnutrisi. Kelebihan nutrisi yang berlebihan bisa menjadi obesitas yang akan membawa dampak penyakit kronis.

            Manusia makan sebanyak tiga kali yaitu dengan waktu pagi (sarapan), siang dan malam. Jadwal makan secara teratur sangat mempengaruhi kesehatan tubuh manusia itu sendiri. Apabila telat makan bisa menyebabkan penyakit maag atau istilah medis disebut dengan gastritis. Maka dari itu jadwal makan yang tepat akan berpengaruh terhadap kesehatan manusia itu sendiri.

            Makan sangat baik untuk kesehatan, tetapi harus diketahui juga ada dampak – dampak yang akan terjadi didalam tubuh bahkan bisa membahayakan kesehatan tubuh apabila dilakukan pada waktu atau jam – jam yang dilarang. Salah satunya adalah bahaya makan berat diatas jam 10 malam.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

            Efek yang merugikan apabila makan berat diatas jam 22.00, antara lain, berat badan bisa naik drastis serta obesitas. Hal ini dikarenakan salah satu bahaya dari makan diatas jam 10 malam akan meningkatkan resiko obesitas dimana tingkat kolestrerol didalam tubuh dan Trigliserida akan meningkat drastis yang akan meningkatkan resiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke.

            Makan berat diatas jam 22.00 juga bisa meningkatkan kadar gula darah didalam tubuh manusia. Pada seseorang yang sering makan diatas jam 10 malam maka akan cenderung mengalami peningkatan glukosa dan insulin didalam tubuh manusia yang akan membuat energi menjadi berkurang. Tingginya kadar gula darah serta insulin bisa menyebabkan penyakit yang disebut dengan Diabestes Mellitus.

            Efek merugikan lainnya adalah bisa menyebabkan seseorang untuk sulit berkonsentrasi. Saat makan itu seseorang akan lebih memilih makanan yang instan yang sangat minim akan kandungan zat gizi serta tidak sehat. Apabila hal ini dilakukan terus menerus maka akan bisa merusak kemampuan seseorang untuk berkonsentrasi.

            Efek merugikan makan berat diatas jam 22.00 yang terakhir adalah bisa menyebabkan asam lambung naik.  Jika dibiarkan terus menerus maka pada gangguan asam lambung bisa berkembang menajdi gerd. Kemudian disaat asam lambung balik kembali dikerongkongan maka akan terasa nyeri karena iritasi yang dipicu kenaikan asam lambung tersebut.

            Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan bahwa ada tips – tips untuk menghindari makan berat diatas jam 10 malam antara lain : Jika merasa lapar pada malam hari dianjurkan untuk menghindari makanan junkfood serta diganti dengan makanan yang segar dan sehat. Kemudian berikan jeda kurang lebih 2 jam dari waktu makan dan waktu tidur. Selanjutnya kondisi stres sendiri bisa menimbulkan nafsu makan yang besar. Maka dari itu pentingnya melakukan relaksasi untuk menenangkan diri suypaya tidak stres. Relaksasi juga bisa membantu meningkatkan kwalitas tidur seseorang.

            Tip yang terakhir adalah apabila makan malam dilaksanakan terlalu dini, maka rasa lapar bisa membuat seseorang akan terasa lapar di tengah malam. Untuk itu ada baiknya menyimpan makanan seperti : apel, kacang – kacangan ke dalam menu makan malam supaya dapat kenyang sepanjang malam serta bisa bertahan lama. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB

Terpopuler

Epigenesis

Oleh: Taufan S. Chandranegara

5 hari lalu

Kembang Jepun

Oleh: Handoko Widagdo

Kamis, 15 Februari 2024 10:19 WIB