x

lebah di rumah

Iklan

Ruang Dakwah Medis Indonesia

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 15 Maret 2023

Senin, 24 Juli 2023 19:32 WIB

Pertolongan Pertama Pada Pasien Terkena Sengatan Lebah

Di dalam lebah terdapat dua mata pisau. satu bermanfaat bagi kebaikan dan sisanya mengandung bahaya buat kesehatan manusia

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Lebah merupakan salah satu serangga yang memiliki jutaan manfaat bagi kehidupan. Di dalam lebah terdapat dua mata pisau. satu bermanfaat bagi kebaikan dan sisanya mengandung bahaya buat kesehatan manusia. Manfaat kebaikan bagi manusia antara lain bahwa lebah bisa menghasilkan madu yang manfaatnya sangat banyak sekali untuk kesehatan manusia.

Lebah berbahaya dikarenakan sengatannya yang mengandung toxin dan bisa membuat efek nyeri yang hebat bagi yang tersengat. Lebah akan lebih sangat agresif apabila pihak lawan melakukan gerakan yang menganggu ekosistem mereka. Sengatan lebah tidak berbahaya apabila menyengat bagian yang tidak vital bagi manusia. Tetapi akan sangat vitala pabila tersengat pada area vital seperti saluran pernafasan dan yang lainnya.

Lebah akan lebih sangat berbahaya apabila berkelompok dan bergerombol, dan ketika mereka menyerang secara bergerombol maka akan bisa menyebabkan kematian bagi manusia. Lebah apabila secara individu menyengat bagi manusia tidak akan menyebabkan efek kematian dan apabila didiamkan akan bisa sembuh sendiri walaupun memerlukan waktu yang cukup lama.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Efek yang ditimbulkan ketika lebah menyengat tubuh kita adalah akan terjadi Bentol dan bengkak dapat meluas dalam 2-3 hari, dan berlangsung 5-10 hari, tergantung dari reaksi tubuh. Orang yang alergi terhadap racun lebah berisiko terancam jiwanya. Pada umumnya Lebah akan menyengat ketika merasa terancam. Sengatan tersebut mengandung racun yang menimbulkan pembengkakan dan nyeri. Racun pada sengatan dapat menyebabkan reaksi alergi hebat pada orang tertentu, bahkan bisa menyebabkan kematian.

Yang perlu kita ketahui adalah pertolongan pertama yang harus dilakukan ketika terkena sengatan lebah. Tujuan dari pertolongan pertama pada sengatan lebah adalah supaya racun dari sengatan lebah tidak menyebar luas kedalam tubuh manusia dan mencegah terjadinya infeksi akibat sengatan lebah.

Reaksi alergi berbahaya yang ditimbulkan ketika tersengat lebah antara lain akan timbul alergi seperti mual dan muntah, sakit kepala, pusing, sesak nafas, bahkan akan timbul sensasi seperti akan pingsan atau tidak sadarkan diri.

Dosen Spesialis Medikal Bedah Prima Trisna Aji menyampaikan langkah pertolongan pertama ketika terkena sengatan lebah antara lain : Segera keluarkan sengat dengan benda pipih yang berujung datar seperti kartu ATM yang bertujuan untuk menekan serta mendorong ujung sengat supaya bisa keluar. Kemudian selanjutnya lepaskan perhiasan atau aksesoris dari area tubuh yang tersengat, cuci bekas sengatan dan berikan kompres dingin dan hindari menggaruk area sengatan karena beresiko infeksi. *Red

Ikuti tulisan menarik Ruang Dakwah Medis Indonesia lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu