x

Iklan

Seni Meditasi

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 29 Juli 2023

Senin, 31 Juli 2023 07:34 WIB

Seni Meditasi: Mengembalikan Ketenangan Fikiran dalam Kehidupan Modern

Dalam menjalani kehidupan, manusia seringkali menemui berbagai tantangan dan cobaan.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Dalam menjalani kehidupan, manusia seringkali menemui berbagai tantangan dan cobaan. Saat berada di titik terendah, Anda mungkin akan merasa cemas, mudah emosi, dan akhirnya stres.

Banyak orang berusaha mencari ketenangan pikiran dan hati untuk menghindari depresi dan kecemasan. Banyak dari Anda mencari ketenangan pikiran dan hati dengan memprediksi masa depan, bergantung pada banyak orang, atau menaruh kepercayaan pada kandidat politik yang membuat Anda merasa aman.

Seni Meditasi 

Seni Meditasi adalah tentang pentingnya menganalisis penilaian dari diri sendiri dan orang lain dan mengembangkan perspektif kosmik. Meditasi membantu mengendurkan otak, menghindari stres dan membuat lebih bahagia.

Manfaat Meditasi Untuk Mengembalikan Ketenangan Pikiran

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Setiap orang dapat bermeditasi untuk kesehatan mental dan ketenangan pikiran, setiap hari, di rumah atau di tempat kerja. Berikut ini adalah tentang Seni Meditasi: Mengembalikan Ketenangan Pikiran dalam kehidupan modern, berikut manfaatnya, mari anda lihat di bawah ini.

Kualitas Tidur Meningkat

Sekitar 30% orang dewasa memiliki masalah terkait kualitas tidur - gangguan dari layar ponsel yang masih dipegang dan dimainkan hingga larut malam, tingkat stres yang tinggi di masyarakat modern, hingga hiruk pikuk kehidupan metropolitan, semuanya berkontribusi terhadap penurunan kualitas tidur.

Meditasi memberikan rasa tenang pada pikiran kita yang membantu membuat seluruh bagian tubuh terasa rileks, dan akibatnya kualitas tidur kita akan meningkat dari waktu ke waktu, jika kita bermeditasi secara teratur.

Menghadirkan Perasaan Bahagia

Hasil pemindaian MRI pada otak menyatakan bahwa otak individu yang rutin bermeditasi selama dua bulan akan mengalami penurunan pada area yang mengindikasikan stres. Pada saat yang sama, bagian korteks frontal otak yang diduga berkaitan dengan sikap kita saat berinteraksi dengan orang lain dan mengambil keputusan, semakin berkembang dengan baik, sehingga meditasi juga dikaitkan dengan terapi pengendalian stres.

Awet Muda Dengan Meditasi

Sudah cukup banyak penelitian yang mengaitkan meditasi dengan memperlambat penuaan otak, karena penurunan tingkat stres dan peningkatan kualitas tidur melalui meditasi, dalam jangka panjang juga akan berkontribusi untuk menjaga otak tetap fokus, lentur dan rileks.

Tentunya faktor gaya hidup lain seperti pola makan yang sehat, olahraga dan selalu melatih otak untuk berpikir juga sangat penting, namun meditasi dapat membantu menjembatani proses tersebut untuk selalu membuat pikiran anda tenang dan tenteram.

Fokus Lebih Tajam

Sulit bagi kita untuk memusatkan perhatian kita dengan banyaknya gangguan dunia modern - mulai dari email, percakapan melalui WhatsApp atau aplikasi perpesanan atau media sosial lainnya, yang terus berdering setiap saat.

Meditasi dapat membantu kita untuk lebih fokus pada hal-hal yang penting. Dengan meditasi, anda diajarkan untuk memfokuskan pikiran pada satu titik saja, sehingga dengan membiasakan diri melakukan meditasi, maka akan lebih mudah untuk fokus pada satu persatu hal utama dalam kehidupan sehari-hari.

Menurunkan stres

Stres berdampak buruk bagi tubuh, baik secara fisik maupun psikis, membuat kita khawatir, tekanan darah naik dan sakit kepala. Jika kita stres dalam waktu lama, kesehatan kita bisa terganggu.

Hindari stres dan jauhkan sumber penyakit melalui relaksasi meditasi. Meditasi yang dilakukan secara rutin dapat membantu mengurangi ketegangan pada tubuh, baik pada otot maupun pembuluh darah, serta menurunkan detak jantung agar stabil dan membuat otak terasa damai, nyaman dan tenteram.

Cara Mengembalikan Ketenangan Fikiran 

Berikut ini mengembalikan ketenangan fikiran dalam kehidupan modern dengan meditasi:

Visualisasikan

Cara mengosongkan pikiran yang kedua adalah dengan memvisualisasikan, Anda bisa membayangkan hal-hal yang membuat perasaan dan pikiran Anda damai dan tenang. Fokuskan seluruh tenaga dan pikiran Anda untuk memvisualisasikan apa yang Anda bayangkan di otak Anda tadi. Lakukan hal ini hingga akhirnya pikiran Anda sudah mulai tenang dan damai.

Tulis Apa yang Anda Pikirkan

Salah satu cara mudah yang dapat Anda lakukan adalah mendokumentasikan pemikiran yang terlintas di benak Anda. Anda dapat menuliskannya di atas kertas dan pena, atau dengan media yang lebih modern. Menuliskan apa yang ada di pikiran Anda bisa membuat Anda lebih lega dan rileks.

Selesaikan Semua Aktivitas Sebelum Tidur

Jika sebelum tidur otak Anda masih aktif bekerja, bisa jadi salah satu penyebabnya adalah ada kegiatan yang sudah Anda rencanakan namun belum selesai Anda lakukan. Jadi anda bisa selesaikan semua pekerjaan sebelum tidur.

Kemudian berikan waktu tenang sebelum Anda pergi tidur. Agar rencana kegiatan Anda tidak berlebihan dalam satu hari, Anda bisa menggunakan aplikasi to-do list untuk menyusun jadwal harian.

Cara mengosongkan pikiran anda dengan memberikan sedikit waktu setelah menyelesaikan aktivitas terakhir. Dalam jangka waktu tersebut, usahakan untuk tidak melakukan aktivitas sama sekali dan tidak berhubungan dengan siapapun. Anda bisa mematikan ponsel agar bisa menenangkan pikiran sebelum tidur.

Demikian penjelasan dari saya tentang Seni Meditasi seperti yang dilansir copaster.com, semoga bermanfaat, terimakasih.

Ikuti tulisan menarik Seni Meditasi lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terkini

Terpopuler