x

Iklan

Jagad Saputra

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 16 Agustus 2023

Kamis, 17 Agustus 2023 06:17 WIB

Puncak Mandeh, Spot Terbaik Menikmati Panorama Sunset di Pesisir Selatan

Salah satu wilayah di Republik Indonesia yang selalu menghadirkan pesona alam yang memukau adalah Provinsi Sumatera Barat.

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Salah satu wilayah di Republik Indonesia yang selalu menghadirkan pesona alam yang memukau adalah Provinsi Sumatera Barat. Kota utamanya adalah Padang, tempat yang menawarkan destinasi wisata yang menakjubkan, cocok untuk berlibur bersama keluarga atau pasangan.

Salah satu lokasi pariwisata yang tak boleh dilewatkan adalah Puncak Mandeh. Destinasi ini terletak di wilayah Pesisir Selatan. Puncak Mandeh menghadirkan sejuta pesona dan kegembiraan bagi para pengunjung. Kecantikannya yang hampir sempurna menjadikan tempat ini sering disebut sebagai "Raja Ampat-nya Sumatera".

Kawasan wisata Mandeh memiliki luas area mencapai 18.000 hektar. Di wilayah yang sangat luas ini, Anda akan diberikan kesempatan untuk menikmati pemandangan alam yang memukau, dengan keasrian yang masih alami dan belum tersentuh. Di sini, Anda tak hanya dapat menikmati pemandangan bukit dan pantai, tetapi juga keindahan bawah laut yang memukau.

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Mandeh

Sunset yang Sangat Elok

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Puncak Mandeh, sebagai destinasi wisata unggulan di Kota Padang, memiliki banyak daya tarik menarik. Sudah pasti Anda familiar dengan ketenaran Raja Ampat, bukan? Wilayah wisata ini terkenal bukan hanya karena keindahan daratannya, melainkan juga ragam kehidupan bawah laut yang menakjubkan.

Namun, terkadang biaya dan jarak bisa menjadi hambatan bagi banyak orang yang belum dapat mengunjungi Raja Ampat. Namun, jangan bersedih, karena Anda masih bisa menemukan keindahan serupa di Provinsi Sumatera Barat, khususnya di Kota Padang.

Keelokan Puncak Mandeh memang hampir setara dengan pesona Raja Ampat. Area wisata ini terletak di wilayah Pesisir Selatan dan dapat dijangkau dalam perjalanan sekitar 56 km dari Kota Padang.

Saat Anda berkunjung ke tempat ini, Anda akan menemukan banyak hal menarik yang mungkin belum pernah Anda alami sebelumnya. Salah satu momen yang mengesankan dan sulit dilupakan adalah pemandangan matahari terbenam di Mandeh.

Pemandangan matahari terbenam memang memiliki daya tarik yang memukau bagi siapa saja yang melihatnya. Sensasi tersebut semakin istimewa saat Anda menikmati senja di kawasan Mandeh. Dari ketinggian, Anda dapat dengan bebas mengamati cakrawala, memberikan pengalaman yang penuh keseruan dan tak boleh dilewatkan.

Lokasi Puncak Mandeh sudah lama dikenal sebagai tempat dengan pemandangan senja yang menakjubkan. Keindahannya bahkan sebanding dengan pulau-pulau terkenal lainnya yang telah dikenal sebelumnya.

Jika Anda adalah penggemar indahnya matahari terbenam, tak perlu ragu untuk segera mengunjungi destinasi wisata di Kota Padang ini.

Pemandangan Indah dari Puncak

Seperti yang dilansir slot, Puncak Mandeh adalah rekomendasi yang sangat tepat bagi mereka yang ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian. Saat Anda berada di puncak, pemandangan banyak perahu wisata dan perahu nelayan mengelilingi pulau-pulau bisa Anda nikmati.

Saat menuju ke kawasan wisata, Anda juga akan menemui banyak tempat yang menyewakan perahu bagi mereka yang ingin menjelajahi keindahan Pulau Mandeh lebih dekat.

Tak perlu khawatir tersesat, karena setelah Anda naik perahu, akan ada pemandu yang akan membimbing Anda menjelajahi lokasi-lokasi terbaik di destinasi wisata ini.

Memiliki Banyak Pulau Kecil yang Masih Perawan

Area wisata ini menyajikan banyak pulau kecil yang masih alami dan indah. Pulau-pulau eksotis ini dapat Anda eksplorasi menggunakan perahu yang telah Anda sewa. Keindahan yang sebenarnya sulit diungkapkan hanya dalam kata-kata.

Oleh karena itu, untuk mengalami pesona yang menakjubkan, disarankan untuk langsung mengunjungi Puncak Mandeh. Di kawasan Mandeh, Anda akan menemukan sejumlah pulau menarik seperti Pulau Sirandah, Pulau Cubadak, Pulau Cingkuak, Pulau Pagang, dan berbagai pulau eksotis lainnya.

Jika Anda memutuskan untuk menjelajahi kawasan wisata ini, disarankan untuk menghabiskan beberapa hari agar dapat mengexplore semua keindahan yang ditawarkan di lokasi ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Puncak Mandeh terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, Kecamatan Koto XI Tarusan, Provinsi Sumatera Barat. Jika Anda berangkat dari Kota Padang, perjalanan ditempuh sekitar 56 km atau sekitar 1,5 jam dengan akses jalan yang sudah baik dan beraspal.

Anda bisa memanfaatkan kendaraan pribadi untuk mencapai lokasi tersebut. Baik motor maupun mobil bisa digunakan, namun perlu diingat untuk tetap berhati-hati saat berkendara, mengingat rute jalan yang berliku dan banyak tanjakan.

Apabila Anda berangkat dari Bengkulu atau Jambi, Anda akan melewati Painan dalam perjalanan. Dari Kota Painan, jarak menuju destinasi wisata Mandeh sekitar 30 km.

Perjalanan tersebut biasanya memakan waktu sekitar 40 menit. Agar lebih lancar menemukan lokasi, direkomendasikan untuk menggunakan bantuan navigasi dari peta yang terdapat di perangkat smartphone Anda.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Salah satu hal yang menarik ketika merencanakan kunjungan ke Puncak Mandeh ialah bahwa kawasan wisata ini tidak mengenakan biaya masuk atau tiket. Namun, untuk berbagai kegiatan seru selama berada di lokasi, biaya akan dikenakan kepada para wisatawan.

Aktivitas seperti naik banana boat, menyelam dengan scuba diving, berkemah, dan lain sebagainya, akan melibatkan biaya. Besarannya cukup terjangkau, sehingga Anda tidak perlu khawatir mengenai pengeluaran besar saat berlibur di Puncak Mandeh.

Penting untuk diingat, ketika Anda merencanakan kunjungan ke tempat wisata, sebaiknya pilih waktu ketika cuaca cerah agar liburan tidak terganggu oleh hujan. Tempat wisata ini beroperasi setiap hari dan buka 24 jam, sehingga Anda dan kelompok Anda bisa mengunjunginya kapan saja sesuai keinginan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan

1. Berburu Foto di Puncak Mandeh

Puncak Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan benar-benar memberikan pemandangan yang mengesankan dan takkan terlupakan. Pulau-pulau kecil yang terhampar di atas Laut biru yang jernih menjadikan tempat ini mirip dengan Raja Ampat di Sumatera Barat.

Ada beragam aktivitas seru dan menarik yang dapat dinikmati saat berada di area wisata ini. Salah satunya adalah berburu foto dengan latar belakang indah. Banyak sekali lokasi menarik untuk berfoto, termasuk area pinggir jalan yang memiliki kecantikan tersendiri.

Anda dapat dengan mudah berpose di sekitar pinggir jalan, menghasilkan foto yang sangat cocok untuk diunggah di Instagram. Namun, penting untuk memastikan bahwa sudut pengambilan foto tepat guna mencapai hasil yang optimal. Aktivitas berburu foto di Puncak Mandeh juga bisa ditingkatkan dengan menggunakan drone.

Dengan menggunakan drone, Anda dapat mengambil gambar pemandangan seluruh area wisata secara keseluruhan. Oleh karena itu, bagi pemilik drone, sangat disarankan untuk membawa perangkat tersebut saat liburan ke tempat ini. Keindahan alam di Mandeh memang merupakan hal yang tak seharusnya dilewatkan.

2. Bersantai

Aktivitas menarik lainnya adalah bersantai di Puncak Mandeh. Keindahan alam dari bukit yang mempesona dan berbagai macam pesona yang disajikan menjadikan lokasi ini sempurna untuk bersantai. Keasliannya yang luar biasa membuatnya terasa seolah belum pernah tersentuh.

Bagi mereka yang mencari tempat tenang untuk berkumpul dengan keluarga atau pasangan, Puncak Mandeh adalah pilihan yang sangat tepat. Anda dapat merasakan momen berdua yang romantis dengan latar belakang pemandangan yang manis di lokasi ini. Pemandangan alam yang memukau akan memperkaya keromantisan Anda bersama pasangan.

Mengambil posisi duduk untuk bersantai sambil memandangi laut yang luas adalah konsep yang menarik dan tak boleh dilewatkan. Pasir putih, udara segar, dan berbagai daya tarik lainnya di tempat ini adalah hadiah alam yang benar-benar menakjubkan.

3. Melakukan Diving

Di sekitar Puncak Mandeh, terdapat area terumbu karang yang sangat luas, dengan luas mencapai 70 hektar. Keunikan bukan hanya pada ukurannya, tetapi juga pada keadaan terumbu karang yang terjaga dengan baik, memungkinkan Anda untuk melihat berbagai spesies laut yang hidup di sana.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pesona Puncak Mandeh tak hanya terletak di daratannya, tetapi juga di bawah permukaan air. Oleh karena itu, saat berada di sana, jangan lewatkan kesempatan untuk menyelam. Melalui diving, Anda akan dapat menggali keindahan luar biasa yang ada di dalam laut.

Tempat ini juga memiliki spot diving yang sangat terkenal dan sering dikunjungi oleh para wisatawan yang ingin merasakan pengalaman menyelam. Spot diving ini melibatkan kapal karam yang berada pada kedalaman sekitar 25 meter.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Puncak Mandeh adalah salah satu tujuan wisata unggulan di Sumatera Barat dan terkenal luas. Oleh karena itu, menemukan fasilitas di lokasi ini tidaklah sulit. Fasilitas yang cukup lengkap telah disediakan oleh pihak pengelola.

Tentang akomodasi, Anda akan menemukan pilihan tempat menginap di tempat ini. Mayoritas penginapan di sini berupa homestay yang dijalankan oleh penduduk setempat. Harga homestay bervariasi tergantung fasilitas yang ditawarkan. Namun, perlu diingat, jika Anda berencana menginap di homestay, lebih baik memesan secara langsung.

Selain homestay, Anda juga akan menemukan resort di lokasi ini. Fasilitas umum seperti toilet, ruang ganti, dan mushola pun tidak akan sulit ditemukan. Dengan demikian, saat berkunjung ke tempat wisata ini, Anda tidak akan merasa kesulitan mencari fasilitas yang diperlukan.

Puncak Mandeh benar-benar merupakan destinasi yang sangat direkomendasikan di Pesisir Selatan, terutama untuk mereka yang berencana berlibur bersama keluarga. Anda dapat merasa yakin untuk merencanakan perjalanan ke Kota Padang, Sumatera Barat, karena di sana Anda akan menemukan keseruan yang sulit didapatkan di tempat lain.

Ikuti tulisan menarik Jagad Saputra lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Terpopuler