x

Diambil langsung di konser live project semarang, 15 oktober 2022

Iklan

nihaqus yuhamus

Penulis Indonesiana
Bergabung Sejak: 21 Agustus 2023

Senin, 21 Agustus 2023 11:44 WIB

Rangkuman Perjalanan Konser di Indonesia Pascapandemi di 2023

Status pandemi Indonesia diakhiri tengah tahun 2023 ini. Sejumlah industri yang terdampak besar kembali menggerakkan perekonomian. Salah satunya adalah industri konser musik di Indonesia. Apa saja yang terjadi selama tujuh berjalan?

Dukung penulis Indonesiana untuk terus berkarya

Status pandemi Indonesia baru saja diakhiri tengah tahun 2023 ini, sejumlah industri yang terdampak besar karena pandemi juga bisa kembali menggerakkan perekonomian. Salah satunya adalah industri konser musik di Indonesia yang  sudah kembali menunjukkan taringnya sejak awal tahun. Apa saja yang terjadi selama 7 bulan berjalan? Tulisan ini akan membahas apa saja yang terjadi dalam konser di Indonesia pascapandemi selama 7 bulan berjalan ini.

 

Good To Know

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pandemi Covid-19 lalu sangat berdampak pada berbagai sektor industri, terutama industr-industri hiburan yang pendapatannya sangat bergantung dari banyaknya jumlah penonton seperti pertunjukan musik. Dilansir dari liputan 6.com, tercatat di tahun 2021 industri musik merugi hingga 434 Triliun lantaran pembatalan konser dan live music. Sejak pencabutan aturan PPKM di seluruh Indonesia pada 30 Desember 2022, konser di Indonesia kembali bergeliat. Konser musik pun kembali mengalami puncak penonton ketika Presiden pada 21 Juni 2023 mengumumkan pencabutan status pandemi di Indonesia.

Data yang dari SiPalingKonser.com, platform yang menyediakan segala informasi terkait konser di Indonesia, tercatat beberapa konser musik yang sukses digelar selama 2023. Sepanjang Januari-Juli 2023, tercatat sudah 63 konser yang diadakan di seluruh Indonesia. Jumlah ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan jumlah rata-rata konser yang diadakan per bulannya selama setahun penuh di 2022. Menurut ketua Asosiasi Promotor Musik Indonesia, Dino Hamid, selama 2022 terdapat 100 konser, yang artinya ada 8,3 konser per bulannya. Artinya, hanya dalam setengah tahun saja, jumlah konser rata-rata per bulan di tahun 2023 mengalami kenaikkan 0,5 konser per bulan. Angka ini tentu bisa bertambah lagi mengingat 2023 masih menyisakan 5 bulan lagi dan juga liputan media selama 2023 belum sepenuhnya terangkum.

 

 

Faktor Pendukung

Banyak faktor yang menyebabkan jumlah konser di tahun 2023 meningkat ketimbang jumlah konser di tahun 2022. Salah satu faktor penghambat yang terjadi di tahun 2022 adalah perizinan kegiatan yang menghadirkan kerumunan lebih sulit dibandingkan dengan  tahun 2023. Tercatat beberapa konser dibatalkan di tahun 2022 karena membludaknya penonton yang menyalahi protokol pandemi seperti yang terjadi pada konser Berdendang Bergoyang. Namun di tahun 2023, kemudahan perizinan dan regulasi tampak membantu menaikkan partisipasi artis internasional untuk menggelar konser atau mengikuti festival di Indonesia selama 2023. Tercatat dari data yang kami kumpulkan tidak hanya artis nasional Dewa 19, Sheila on 7, Yovie & Nuno, Raisa, Afgan, namun juga terdapat sekitar 30 artis mancanegara yang juga mengadakan konser di Indonesia seperti Suga, Blackpink, NCT, One OK Rock, Kana-Boon, Flow, Deep Purple, Dream Teather, HONNE, Ne-Yo, dan lain sebagainya.

Selain faktor regulasi, faktor pendukung lainnya adalah faktor psikologi penonton yang sudah bosan dengan pembatasan kegiatan selama pandemi; faktor umur remaja yang pada tahun 2020 masih pada kelompok umur yang belum boleh menonton konser namun ketika 2022-2023 sudah bisa menonton; serta faktor fear of missing out (FOMO) atau takut jika kehilangan momen dari para penonton yang kemungkinan hanya bisa menonton konser tersebut hanya sekali dalam hidup mereka. Faktor pendukung lainnya adalah faktor lokasi penyelenggaraan konser. Promotor musik di Indonesia masih mengandalkan kota Jakarta sebagai lokasi penyelenggaraan  konser, dimana terdapat setidaknya 15 venue konser di Jakarta saja. Ini belum termasuk venue-venue di Bali, Surabaya, Medan, Bogor, Bekasi, dan Tangerang yang sering juga dijadikan tempat konser seperti ICE BSD, Sentul, dan Stadion Patriot Chandrabagha Bekasi.

 

Jokowi 3 Kali Nonton Konser

Presiden RI Joko Widodo memang dikenal sebagai orang yang sangat antusias dengan konser. Di masa pandemi, beliau tidak menghadiri satu pun konser musik. Namun sejak pandemi berakhir,  tercatat sudah tiga kali Presiden RI Joko Widodo menonton konser. Pertama saat konser DEWA 19 di Sumatera Utara pada 11 Februari 2023 lalu. Bahkan beberapa hari kemudian beliau menginstruksikan Gubernur se-Indonesia untuk mempermudah perizinan pertunjukan musik untuk menyerap belanja masyarakat. Pesan tersebut disampaikan saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2023 di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Kamis (23/2). Setelah itu, beliau kembali menikmati konser Deep Purple di Solo pada tanggal 10 Maret 2023 dan yang terakhir adalah konser GIGI pada Sabtu 17 Juni 2023.

 

Momen Menarik Lain

Ada beberapa momen menarik yang menjadi highlight dari pagelaran konser di 2023 ini. Konser Dewa 19 di awal tahun 2023 menjadi konser dengan jumlah penonton terbanyak dengan 75.000 penonton yang diadakan di Jakarta Internasional Stadium (JIS). Grup band yang dimotori oleh Ahmad Dhani tesebut menggelar konser yang menandai 30 tahun kiprah Dewa 19. Momen berikutnya adalah Blackpink yang menjadi grup internasional pertama di tahun 2023 yang mengadakan konser di stadion Gelora Bung Karno (GBK). Momen berikutnya yakni BNI Java Jazz Festival yang mencatat penonton sebanyak 110.000 selama 3 hari perhelatan musik mereka menjadikan mereka sebagai salah satu festival jazz terbesar di dunia pascapandemi.

 

Penutup

Konser di Indonesia pasca pandemi ini cukup menunjukkan ketertarikan masyarakat untuk kembali menikmati hiburan yang sempat dibatasi selama tiga tahun pandemi. Keputusan Pemerintah untuk menghapus status pandemi dan mempermudah perizinan konser pun membuat promotor kembali menghadirkan artis-artis penampil dari dalam maupun luar negeri. 

 

Ikuti tulisan menarik nihaqus yuhamus lainnya di sini.


Suka dengan apa yang Anda baca?

Berikan komentar, serta bagikan artikel ini ke social media.












Iklan

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu

Terkini

Terpopuler

Ekamatra

Oleh: Taufan S. Chandranegara

1 hari lalu